Ingin Gudang Tidak Berbau Apek? Ada 6 Langkah Yang Bisa Dicoba

Gudang mungkin bisa dibilang salah satu ruang yang tidak terurus, kehadiranya penting. Letaknya si biasanya dibelakang rumah di tempat-tempat tersembunyi.

Apa yang terlintas dalam pikiran Anda kalau membayangkan ruang gudang di rumah? Pasti tak jauh-jauh dari sempit, bau apek, berantakan, dan penuh barang.

Pastinya jarang juga kita menyempatkan waktu membersihkannya, sehingga tak heran gudang jadi identik dengan kesan gelap, pengap, dan lembap.

Nah, bagi Anda yang gudangnya masih jauh dari kata rapi dan bersih, masih belum terlambat. Dengan 6 langkah ini, gudang pun akan lebih rapi tertata. Yuk, bersih-bersih gudang!

1.  Pembersihan total

undefined

Lakukan pembersihan total dengan mengeluarkan semua barang di gudang dan bersihkan setiap bagian ruang, dimulai dari lantai, dinding, hingga plafon—dari segala kotoran.

Jika keadaan dinding tak baik, sempatkan untuk mengerok dan mengecat ulang dinding dengan cat anti-lembap dan anti-jamur.

Untuk perawatan berkala, bersihkan gudang dalam interval yang tetap, misalnya setiap hari menyapu dan mengepel dan 6 bulan sekali pembersihan total.

2.  Cermati usia barang

undefined

Beberapa barang memiliki nilai pakai atau usia kadaluwarsa, misalnya peralatan elektronik.

Biasakan membuang, meloak, atau mendaur ulang barang tak terpakai seperti kardus bekas peranti rumah tangga. Jika ada barang yang bisa dijual kembali, Anda bisa mengumpulkannya dan melakukan garage sale bersama tetangga sekompleks.

3.  Kelompokkan sesuai fungsi

undefined

Untuk memudahkan penyimpanan dan pencarian, kelompokkan barang sesuai fungsi, atau keperluan. Misalnya, kumpulkan pernik hari raya dalam kardus yang sama untuk memudahkan pencarian jika dibutuhkan.

Atau kumpulkan peralatan masak dalam area yang sama.

4.  Tumpuk berdasarkan volume

undefined

Untuk menjaga keutuhan barang, urutkan barang secara vertikal dengan cermat. Letakkan barang yang berat dan sering digunakan di area bawah dekat lantai.

Semakin ke atas, barang harus semakin ringan agar tak membebani rak dan mudah diambil. Ada barang yang tentunya membutuhkan perhatian khusus, seperti barang pecah-belah.

5.  Buatkan Label dan Gambar

undefined

Mencari sepasang sepatu yang ingin digunakan dalam tumpukan kardus sepatu, serasa mencari jarum dalam tumpukan jerami. Agar pencarian tidak berakhir dengan gudang yang acak-acakan, berikan nama dan gambar pada semua kardus penyimpanan. Ini akan menghemat waktu Anda saat harus mencari barang.

6. Antisipasikan Kerusakan

undefined

Meski berada dalam kardus, barang tak lantas terhindar dari kerusakan karena air, tikus, bahkan debu. Anda dapat melapisi tumpukan barang dengan kain atau plastik lebar agar lebih terlindungi dari kerusakan. Berikan ventilasi yang baik di area gudang agar udaranya tak lembap dan merangsang pertumbuhan jamur.