Hindari Kesalahan Dalam Pembangunan Rumah

Hindari Kesalahan Dalam Pembangunan RumahHINDARI KESALAHAN DALAM PEMBANGUNAN RUMAH

Pembangunan Rumah – Dalam membangun rumah merupakan hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan benar-benar dengan matang. Yaitu dalam membangun rumah harus diperhatikan beberapa kesalahan yang harus dihindari, agar pembangunan rumah berjalan dengan lancar dan hasil sesuai dengan keinginan kita. Lantas apa saja kesalahan yang harus dihindari dalam bangun rumah?

Baca juga : Cat Rumah Terlihat Luas

Cara Membangun Rumah dengan Benar, Hindari Kesalahan Berikut

Ada sahabat yang memutuskan untuk tinggal beli rumah dari pengembang (developer) perumahan. Ada juga yang merencanakan untuk membangun rumah sendiri.

Pilih beli atau bangun sendiri? Sumber: disini.

Bangun rumah sendiri memang bisa memakai lahan lebih luas ketimbang beli jadi. Desain rumah juga bisa diatur sesuai kebutuhan dan berdasar selera penghuninya. Namun tak menutup kemungkinan akan terjadi banyak kesalahan.

Nah, bagi Anda yang sedang merencanakan membangun rumah, mari simak 10 kesalahan yang sering dilakukan menurut #PakJago berikut ini dan coba hindari, ya.

Baca juga : Mengenal Konsep Rumah Skandinavia

1. Membangun rumah lebih dari ukuran yang dibutuhkan

Pastikan ukuran bangunan sesuai kebutuhan. Sumber: disini.

Jika rumah terlalu luas akan menyisakan banyak ruangan yang sia-sia. sementara biaya pembangunan tentu tidaklah murah. Sebaiknya Anda pertimbangkan kebutuhan ruangan, jumlah penghuni (anggota keluarga), dan gaya hidup Anda.

Pilih desain rumah yang sesuai kebutuhan dan anggaran. Bila memang diperlukan, Anda bisa menggunakan jasa arsitek untuk mendesain rumah impian Anda.

2. Berpikir pendek

Pikirkan baik-baik sebelum membangun rumah. Sumber: disini.

Membangun rumah tidak cukup dipikir sekali, Sahabat. Terlebih jika Anda memiliki biaya yang minim. Coba pikirkan apakah Anda akan tingggal di rumah tersebut dalam jangka waktu 10, 20, 30 tahun? Persiapkan kebutuhan mendasar serta penyesuaian gaya hidup untuk rumah tinggal anda, agar tidak kecewa dikemudian hari.

Baca juga : Perawatan Kamar Mandi Rumah

3. Membangun di lokasi yang salah

Temukan lokasi dan ukuran kavling yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Cari informasi sebanyak mungkin untuk mempertimbangkan. Lokasinya mau di perkotaan atau di pedesaan? Jarak rumah dengan sekolah dan tempat kerja Anda seberapa jauh?

Pastikan lokasinya memang khusus untuk pembangunan rumah. Sumber: disini.

Bagaimana dengan lingkungan sosial dan faktor keamanan? Dan masih banyak pertimbangan lain yang mungkin berpengaruh terhadap kehidupan Anda nantinya. Jadi, coba cari lokasi yang benar-benar cocok dengan semua pertimbangan Anda.

Baca juga : Cara Merancang Balkon Rumah

4. Mengabaikan masuknya sinar matahari ke rumah

Dimana pun rumah tinggal akan dibangun, perhatikan ventilasi dan bukaan (pintu, jendela, angin-angin ) yang memanfaatkan sinar matahari dari pagi sampai sore.

Sinar matahari penting untuk ruangan di rumah. Sumber: disini.

Gunakan material bangunan yang menahan radiasi panas matahari. Serta tanamlah tumbuhan yang berfungsi sebagai pelindung alami sekaligus menyegarkan. Ini akan membuat rumah lebih nyaman dan sehat alami.

5. Tidak melakukan riset

Dengan teknologi yang ada saat ini, memungkinkan kita untuk mengetahui bangunan yang ramah lingkungan. Gunakan produk material ramah lingkungan dan sesuai dengan anggaran Anda.

Riset sangat penting untuk dilakukan sebelum membangun rumah. Sumber: disini.

Diantaranya produk daur ulang, bebas racun, dan berkelanjutan. Seperti pemanfaatan kayu bekas, besi bekas, kaca daur ulang, dan keramik cacat, untuk material bangunan maupun olahan display interior. Semua itu bisa didesain secara kreatif, estetis, serta ramah lingkungan.

Baca juga : Rumah Lebih Asri, Pakai Rumput ini!

6. Tidak mempedulikan limbah bangunan

Limbah bangun harus diperhatikan. Sumber: disini.

Limbah bangunan ini seperti bongkaran dan sisa kelebihan material. Sebaiknya gunakan material sesuai takaran. Jika ada kelebihan, simpan sisa material yang masih bisa dipakai di kemudian hari.

7. Terlalu Banyak Dinding Ruangan

Dinding terlalu banyak. Sumber: disini.

Terlalu banyak sekat atau dinding ruangan, akan membutuhkan lebih banyak tenaga kerja. Akibatnya pembangunan menjadi lebih mahal karena ada tambahan pekerjaan pondasi, dinding, bukaan dan atap rumah.Sebaliknya, rumah dengan desain dinding ruangan yang baik dan lebih sedikit akan hemat biaya, hemat energi, dan hemat sumber daya. Pilih mana?

Baca juga : Kenali Macam Ventilasi Rumah

8. Atap tidak direncanakan dengan baik

Apa material atap yang mau dipakai? Sumber: disini.

Pertimbangkan berat material atap yang akan dipakai. Bentuk atap juga memengaruhi penggunaan energi dan biaya pekerjaan. Contoh, atap datar lebih menahan dan mengumpulkan air, resiko kebocoran atap juga lebih tinggi, dibandingkan dengan atap miring. Sesuaikan drainase atap yang baik dengan debit air hujan dari kucuran atap.

9. Tidak menggunakan perabotan hemat energi

Gunakan perabotan rumah tangga dan perangkat elektronik yang hemat energi, seperti lampu LED, televisi LED, kulkas inverter, atau peralatan masak low watt.

Hemat energi. Sumber: disini.

Jangan lupa untuk mematikan dan lepaskan hubungan listrik pada perabotan dan peralatan elektronik yang tidak terpakai ya, Sahabat.

10. Proses pembangunan yang asal-asalan

Faktor penentu keberhasilan sebuah bangunan yang bagus tentu tak lepas dari para tukang yang mengerjakan konstruksinya. Untuk itu, Anda perlu memilih tukang yang baik, jujur, dan disiplin.

Proses pembangunan harus dilakukan dengan benar. Sumber: disini.

Bisa juga menggunakan jasa kontraktor pelaksana dengan biaya lebih mahal tapi jaminan pekerjaan selesai dengan baik, tepat waktu, dan jujur terhadap kualitas bisa dicapai. Karenanya, Anda perlu survei dulu hasil pekerjaan kontraktor pada proyek sebelumnya, agar tidak kecewa di kemudian hari.

Itu dia 10 kesalahan yang sering dilakukan saat merencanakan bangun rumah. Siapkan diri, waktu, dan biaya untuk membangun rumah impian Anda jika Anda merasa sudah yakin bisa mengurangi atau mengatasi 10 kesalahan di atas. Selamat mencoba.

Baca juga : Perhitungan Batu Bata Rumah

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624