Hindari 5 Kesalahan Tata Ruang Rumah yang Sering Dilakukan Ini

Arsitek indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor –  Beberapa orang memilih akhir pekan menata kembali ruangan di rumah dengan mengubah jenis furnitur, warna atau posisinya. Dengan menata kembali ruangan tentu akan memberikan efek pada rumah dan penghuninya. Namun jangan sampai perubahan itu justru mengubah suasana rumah jadi tak nyaman. Yuk hindari 5 kesalahan tata ruang rumah yang sering dilakukan ini.

 

 

1. Tidak memilih furniture sesuai kebutuhan

tata ruang rumah

Terkadang kita kerap tergoda dengan memilih furniture dengan desain yang unik tanpa mementingkan kebutuhan. Sebaiknya hindari kebiasaan ini dan hanya membeli furniture sesuai dengan kebutuhan. Tata ruang yang baik mengedepankan furniture dan perabotan rumah yang berkualitas serta multifungsi. Jangan sampai kamu rugi akibat salah membeli furniture yang tidak kamu butuhkan. Membeli furniture yang salah bisa membuat rumah terasa sesak dan tidak proporsional. Apalagi jika kamu memiliki desain rumah yang mungil, fokuslah membeli furniture yang memang esensial untuk meminimalisir dekorasi.

2. Meletakkan furniture di depan jendela

furniture di depan jendela

Salah satu elemen penting dalam menata rumah yang baik adalah pengaturan pencahayaan alami dari alam. Agar cahaya alami dapat masuk secara maksimal ke dalam rumah, maka kamu harus memastikan jendela di rumah ada dalam jumlah yang mencukupi dan berfungsi dengan baik. Hindari meletakkan barang di depan jendela, seperti meletakkan lemari, sofa, atau rak yang dapat menghalangi cahaya masuk ke dalam rumah. Selain sebagai tempat masuknya cahaya, jendela juga berperan sebagai ventilasi agar udara dapat masuk dengan maksimal ke dalam rumah.

3. Salah memilih warna

Sebelum memilih cat tembok, pastikan kamu sudah melihat hasil aslinya dan bukan hanya melihat katalog. Jangan sampai perencanaan tata ruang kamu menjadi gagal karena warna cat dinding yang tidak sesuai dengan keinginan. Menurut feng shui, warna juga harus dipilih dengan selaras dan tidak berlebihan karena akan berdampak pada terciptanya suatu lingkungan yang harmonis dan dapat memicu masuknya energi positif.

BACA JUGA  Keramik Kamar Mandi Anti Kepeleset
Pemilihan warna

Agar warna dinding dan furniture bisa selaras, sebaiknya pilihlah terlebih dahulu furniture sebelum kamu memilih cat dinding. Hal ini dikarenakan lebih sulit menemukan warna furniture dibandingkan menemukan warna cat dinding yang bagus.

Untuk ruangan yang lebih selaras dan menghindari kesan monoton, kamu bisa memilih beberapa perpaduan warna untuk dinding. Pilih warna pastel untuk kesan hangat, warna cerah untuk kesan berani, dan warna gelap untuk kesan yang lebih chic. Pilihlah warna-warna yang menenangkan seperti biru atau putih untuk kamar tidur.

4. Kurang memperhatikan sumber pencahayaan

Sumber penchayaan

Pencahayaan dalam mengubah suasana dan mood pada sebuah ruangan secara instan. Dalam tata ruang yang baik, jangan mengandalkan satu sumber cahaya saja. Sebaiknya, kamu memasang beberapa lampu dengan jenis penerangan yang berbeda di dalam sebuah ruangan. Pilih juga warna lampu yang sesuai dengan kesan yang ingin kamu timbulkan. Misalnya, jangan memasang lampu dengan intensitas cahaya yang terlalu terang di kamar tidur. Pasang lampu yang bisa menonjolkan kelebihan furniture atau karya seni yang kamu punya.

5. Tidak ada hiasan dinding

Hiasan dinding

Banyak orang yang kurang memperhatikan hiasan dinding di rumah. Padahal, hiasan dinding juga dapat membuat tatanan rumah semakin berwarna lho. Tambahkan beberapa barang seni atau bingkai foto untuk mempercantik tata ruang rumah kamu. Kombinasikan beberapa jenis hiasan berukuran kecil dan besar sesuai dengan ukuran ruang. Kamu bisa memasang beberapa bingkai foto dari berbagai ukuran untuk membuat kolase dinding. Kamu pun bebas berkreasi dengan ornamen hias yang kamu peroleh dari berbagai tempat untuk membuat ruangan rumah terlihat lebih unik dan sesuai dengan karakteristik kamu sebagai pemilik rumah.