Fungsi Pagar Rumah Sisi Keamanan

Fungsi Pagar Rumah Sisi KeamananFUNGSI PAGAR RUMAH SISI KEAMANAN

Fungsi Pagar Rumah – Tidak semua orang memperhatikan satu komponen rumah ini. Benar sekali, tidak semua orang memasang pagar untuk rumahnya. Padahal fungsi dari pagar rumah ini adalah sebagai keamanan untuk rumah kita.

Manfaat Memasang Pagar Rumah

Berdasarkan definisinya, pagar adalah bentukan atau struktur yang berada di atas tanah dan umumnya berdiri vertikal. Tujuan dari dibuatnya pagar ini adalah dengan maksud untuk membatasi satu area atau daerah dengan lainnya.

Keberadaanny juga seringkali berfungsi untuk menghalangi agar tidak ada lalu lintas lewat. Atau bisa juga untuk melindungi apa yang ada di dalam pagar, dari bahaya yang mengancam dari luar pagar.

Manfaat pagar rumah, manfaat pagar sekolah, harga pagar rumah
ragam model pagar rumah minimalis – diminimalis.com

Table of Contents

 

Manfaat Pagar Rumah yang Bisa Anda Pilih

Jika kita melihat kembali dari definisi sebelumnya, maka beberapa manfaat pagar terkait dengan fungsi pagar dijabarkan sebagai berikut :

1. Manfaat dari pagar sebagai pembatas

Pagar membatasi sebuah area dengan area yang lain, sehingga jelas batasnya. Ini terkait keperluan adminitrasi pertanahan, agar dikemudian hari tidak terjadi sengketa. Atau untuk menandai kepemilikan atas sebuah tanah atau lahan.

Umumnya pagar yang dibuat tidak harus tinggi, hanya sebatas menandai sebuah area, namun masih bisa untuk akses lalu lintas antar kedua sisi.

2. Manfaat pagar rumah sebagai penghalang lalu lintas

Pagar dengan fungsi ini umumnya dibuat tinggi sehingga tidak memungkinkan orang atau binatang yang tidak dikehendaki untuk bisa melewatinya.

Biasanya dibuat untuk membatasi sekaligus menjaga sebuah properti yang tergolong penting, atau jarang di awasi pemiliknya. Biasa juga dijumpai pada properti yang dimiliki oleh pemerintah atau badan-badan yang berada di bawahnya.

Lalu lintas biasanya terpusat pada satu titik dengan pintu masuk atau keluar.

3. Manfaat dari pagar sebagai perlindungan

Pagar dengan fungsi ini merupakan fungsi dasar itu sendiri. Pagar dapat memberi perlindungan dari bahaya-bahaya yang dikhawatirkan muncul dari luar pagar.

Bahaya binatang buas, kriminalitas, melindungi properti dan lain sebagainya. Daerah dengan tingkat kriminalitas tinggi biasanya ditandai dengan rumah-rumah yang berpagar tinggi dan berujung runcing pada bagian ujung atas pagar.

4. Manfaat dari pagar sebagai fungsi penghalang pandangan

Fungsi lain yang yang juga diperoleh dari pagar adalah untuk menghalangi pandangan orang-orang yang lalu lalang di depan rumah. Umumnya pagar di buat dengan tambahan penghalang pandang, bisa berupa lembaran vynil pvc atau dibuat permanen dari tembok, atau papan kayu yang terpasang pada rangka pagar besi.

Dengan fungsi ini, orang yang berada di luar tidak dapat melihat kondisi yang berada di dalam pagar, sehingga privacy lebih terjaga.

5. Manfaat dari pagar sebagai fungsi estetika

Fungsi estetika ini seringkali terlupa untuk di sampaikan, namun fungsi ini melekat secara langsung kepada pagar, terutama pagar yang dipasang di lingkungan rumah tinggal.

Selain fungsi-fungsi yang bersifat keamanan, pagar juga membawa pesan selera keindahan yang dimiliki pemilik rumah. Pada pagar umumnya terdapat ornamen-ornamen yang mempercantik pagar rumah, atau juga model dan desain yang membuat pagar semakin elegan.

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624