Focal Point Pada Plafon Mewah

Focal Point Pada Plafon Mewah – Plafon merupakan bagian dari bangunan yang menjadi salah satu focal point dalam sebuah bangunan.

Untuk rumah yang bergaya minimalis, plafon juga dibuat simpel dan multifungsi. Plafon dan pencahayaan dibuat satu kesatuan. Dari sisi material-nya pun, plafon sangat bermacam-macam. Mulai dari plafon berbahan kayu, bahan gypsum, dan dari acian semen. Untuk inspirasinya, berikut 6 model plafon rumah minimalis.

1. Sekaligus Pencahayaan

plafon rumah minimalis model plafon rumah

Rumah minimalis selalu mengusung konsep yang simpel dan multifungsi. Di plafon rumah yang didominasi warna putih ini, plafonnya tidak hanya berfungsi sebagai penutup atap tetapi juga sebagai sumber cahaya.

Kedua model plafon rumah ini dibuat dengan konsep hidden lighting di mana pencahayaan dibuat “tersembunyi” sehingga cahaya menyinari ruang dengan lebih lembut dan hangat.

2. Usung Bentuk Unik

plafon rumah minimalis model plafon rumah

Inspirasi model plafon di kedua hunian ini tak dikerjakan oleh orang biasa. Arsitek yang memiliki pengetahuan dalam mendesain rumah-lah yang membuat plafon dengan bentuk seperti ini. Agar tampil atraktif, plafon tak dibuat polos melainkan berupa potongan-potongan segitiga.

Sedangkan inspirasi rumah yang ini, pada plafon-nya ditambahkan lagi satu instalasi yang berguna untuk menerangi ruang. Bentuknya yang bergelombang menambah daya tarik pada plafon rumah.

3. Tampil Polos

plafon rumah minimalis model plafon rumah

Bagi Anda yang lebih menyukai tampilan polos tanpa ada ornamen, mungkin bisa mencontoh inspirasi plafon rumah yang satu ini. Bisa dibuat dari semen acian atau dari triplek, kemudian plafon dicat dengan cat warna putih.

Untuk kamar anak, mungkin bisa ditambahkan sedikit elemen berupa lampu dan kipas yang menyatu di tengah ruang. Inspirasi ini membuat tampilan ruang terasa lebih tenang dan damai.

4. Dari Material Kayu

plafon rumah minimalis model plafon rumah

Material plafon tak sebatas semen acian saja. Anda bisa tambahkan balok-balok kayu agar plafon rumah Anda tampil beda. Seperti inspirasi plafon rumah di atas yang menambahkan beberapa balok kayu pada plafon untuk menciptakan kesan industrial di hunian.

Jika ingin total, Anda bisa menggunakan material kayu tak hanya sebagian saja, tetapi ke seluruh plafon rumah, seperti contoh inspirasi kedua. Bahkan, tak hanya untuk plafon, material kayu juga digunakan di seluruh dindingnya.

5. Atap Gypsum

plafon rumah minimalis model plafon rumah

Pilihan material lainnya datang dari gypsum. Plafon rumah dari gypsum mampu membuat rumah tampak mewah dan elegan, seperti kedua contoh inspirasi ini. Agar tampilannya kian elegan, Anda perlu menambahkan dekorasi yang tak kalah mewahnya seperti lampu chandelier.

Ciri khas dari plafon dari gypsum adalah dapat dibuat bertingkat atau yang biasa dikenal dengan drop up ceiling. Selain bertingkat, bisa juga bentuk kubah atau dome.

6. Ditambah Lampu Sorot

plafon rumah minimalis model plafon rumah

Tak selalu harus lampu gantung, Anda bisa tambahkan focal point pada plafon rumah dengan memasukkan lampu sorot. Selain menambah daya tarik visual hunian, lampu ini juga membuat ruang lebih terang dan hangat.

Lampu-lampu sorot ini tak menempel langsung pada plafon tetapi menempel pada material tambahan yakni besi atau kayu. Jadi, ketika ingin tak ada lampu ini, Anda cukup melepasnya tanpa harus merusak plafon rumah.

 

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624