Estetika Interior Rumah

Estetika Interior RumahESTETIKA INTERIOR RUMAH

Estetika Interior Rumah – Jika Anda dalam proses pembangunan rumah, yang perlu Anda perhatikan apa saja? Tentunya dalam segi kenyamanan dan keamanan bukan? Namun selain itu, perlu juga kita perhatikan dalam segi estetika.

Nilai Estetika Interior Rumah

Selama ini orang sering rancu dalam memahami makna desain interior dan desain dekorasi. Sehingga terjadi tumpang tindih dalam penggunaanya. Padahal kedua istilah tersebut merujuk pada dua profesi yang berbeda. Desain interior penekanannya lebih pada seni dan pemahaman kebiasaan seseorang dalam sebuah ruangan.

Dengan pemahaman tersebut kemudian diwujudkan dalam sebuah desain interior. Sedangkan desain dekorasi adalah sesuatu yang berkaitan dengan finishing (penggunaan warna cat rumah, pelapisan), pengolahan permukaan, penataan perabot dan pelapisan dinding. Sehingga memang berbeda antara desain interior dengan dekorasi.

dekorasi desain interior rumah minimalis 6

Begitu pentingnya peranan dekorasi dalam sebuah desain interior rumah minimalis sehingga ketika Anda ingin merancang dekorasi ruang atau rumah Anda, beberapa hal berikut dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan. Dengan memperhatikan hal berikut, kenyamanan dan estetika interior akan didapatkan. Selain itu ada 9 hal penting yang dapat Anda pertimbangkan jika ingin mendesain interior rumah minimalis.

Pertama, Perhatikan Aktivitas Anda Dalam Ruangan Yang Akan Anda Rancang Dekorasinya.

Ini penting Anda lakukan sehingga penerapan dekorasi pada desain interior rumah minimalis Anda akan memperlancar aktivitas Anda. Misalnya Anda akan merancang dekorasi dari ruang kerja Anda tentu sangat berbeda dengan dekorasi yang akan Anda terapkan dalam ruang keluarga atau ruang tidur Anda.

Ya, tentu saja berbeda karena masing-masing ruangan kita gunakan untuk aktivitas yang berbeda-beda. Sehingga nuansa dekorasi yang dimunculkan hendaknya nuansa yang dapat membantu lancarnya aktivitas di ruangan tersebut. Jangan sebaliknya dekorasi yang ada justru mengganggu kelancaran Anda dalam beraktivitas.

dekorasi desain interior rumah minimalis

Kedua, Perhatikan Pekerjaan Dekorasi Interior Rumah Anda.

Karena dekorasi desain interior rumah minimalis Anda terkait dengan pengecatan, pelapisan, pengolahan permukaan, penataan perabotan dan pelapisan dinding, maka apa yang akan Anda lakukan terkait dengan dekorasi tersebut harus benar-benar Anda perhatikan. Jangan setengah-setengah dalam mendekorasi interior rumah Anda.

Sebagai contoh, misalkan dalam desain interior rumah minimalis , Anda akan menggunakan lukisan maka pilihlah lukisan yang sejalan dengan warna dinding Anda dan Sesuaikan tema lukisan dengan tema ruangan. Sehingga kesatuan dari sebuah ruangan tetap tercipta dengan adanya dekorasi yang berupa lukisan tersebut.

Contoh yang lain, misalkan Anda ingin melakukan pengecatan sebagai bagian dari dekorasi desain interior rumah minimalis Anda, maka sebaiknya Anda menghindari pemilihan warna yang terang dan mencolok untuk tampilan depan rumah. Sebaliknya pilihlah warna yang soft atau netral.

Di samping itu Anda perlu menyesuaikan warna cat dinding dengan furniture atau sebaliknya. Warna yang mencolak dapat Anda gunakan jika memang Anda ingin menjadikan sesuatu dengan warna mencolok tersebut sebagai eye cacthing. Tetapi kalau kehadirannya warna yang mencolok tersebut mengganggu keindahan visual ruangan, sebaiknya Anda hindari.

dekorasi desain interior rumah minimalis 9

Dalam masalah pengecatan, Anda dapat memadukan dua atau tiga warna dalam sebuah ruangan dan pilihlah warna-warna pastel, sehingga pewarnaan tersebut tetap akan menimbulkan kesan lega saat Anda berada dalam ruangan tersebut. Dan yanng perlu Anda perhatikan lagi adalah penggunaan cat yang berkualitas.

Bisa jadi kualitas cat harganya sedikit lebih mahal tetapi tingkat keawetan dan ketahanan cat tersebut terhadap cuaca juga harus Anda pertimbangkan. Jangan sampai pada awalnya Anda ingin menekan biaya pengecatan tetapi akhirnya justru Anda boros dalam masalah ini karena harus sering mengganti cat ruang rumah Anda.

Ketiga, Perhatikan Wallpaper yang Anda Aplikasikan

Jika Anda menggunakan dekorasi dalam desain interior rumah minimalis Anda berupa wallpaper, Anda pun harus memperhatikan hal-hal yang terkait dengan wallpaper.

Pilihlah wallpaper yang sesuai dengan ruangan Anda.

dekorasi desain interior rumah minimalis 2

Sebagai contoh dalam memilih warna dan motif wallpaper, perhatikan saran-saran berikut:

Jika ruang yang akan Anda dekorasi tersebut mempunyai plafond yang tidak tinggi, sebaiknya Anda menggunakan wallpaper yang dapat memberi kesan tinggi dalam ruangan Anda. Anda dapat memilih wallpaper dengan garis-garis vertikal dengan warna terang untuk menciptakan kesan tinggi ruang tersebut.

Jika ruang yang akan Anda dekorasi tersebut tidak begitu luas tetapi mempunyai plafond tinggi wallpaper dengan motif horizontal dan warna terang dapat dijadikan sebagai pilihan. Sedangkan untuk plafondnya Anda dapat mengaplikasikan warna gelap sehingga ruangan terasa lebih melegakan. Sesuaikan dengan ruangan

Perhatikan Luas Ruangan.

Dengan memperhatikan luas ruangan Anda dapat menyesuaikan kebutuhan dari wallpaper. Demikian hal-hal yang dapat menjadi pertimbangan Anda untuk menciptakan sebuah ruangan yang nyaman dengan tetap memperhatikan estetika dengan penerapan dekorasi yang tepat dalam desain interior rumah minimalis Anda.

 

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624