Ciri-ciri Rumah Ramah Lingkungan

Ide Segar Membangun Rumah Ramah Lingkungan | Tokoh Inspiratif

Jasa Arsitek JogjaRumah / hunian merupakan bangunan yang paling dekat dan paling banyak memiliki pengaruh dalam kehidupan manusia. Perlu adanya kajian dan pedoman mengenai konsep rumah ramah lingkungan. Untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan seperti pemanasan global dan perubahan iklim, saat ini pembangunan rumah ramah lingkungan terus digencarkan. Ada beberapa faktor dan ciri yang membuat bangunan tersebut sangat ramah lingkungan. Berikut ciri-ciri rumah ramah lingkunan!

 

 

 

1. Berada di lokasi yang tepat

6 Tips Membuat Rumah Ramah Lingkungan – Depo Bagoes Bangunan

Pembuatan rumah ramah lingkungan wajib diawali dengan pemilihan lokasi pembangunan yang tepat.  Pembangunan hunian di area bantaran sungai dan daerah resapan air akan mengganggu siklus daur air yang bisa berakibat bencana alam banjir. Sementara pembangunan rumah dekat area pembuangan sampah akan mengakibatkan hunian sangat berpotensi mengalami pencemaran udara maupun pencemaran air tanah.

2. Memilih lokasi yang efisien

5 Ciri Penting dari Rumah Ramah Lingkungan

Pertimbangan lain dalam memilih lokasi pendirian rumah ramah lingkungan adalah jarak dari lokasi rumah ke tempat-tempat tertentu yang berpotensi dibutuhkan oleh penghuni rumah, seperti pusat perbelanjaan, sekolah, hingga kantor. Semakin dekat jarak lokasi rumah dengan tempat-tempat tersebut, maka jejak karbon yang dihasilkan oleh aktivitas penghuni rumah akan semakin kecil.

3. Memiliki area terbuka hijau

5 Ciri Penting dari Rumah Ramah Lingkungan

Ciri penting rumah ramah lingkungan yang selanjutnya adalah keberadaan ruang terbuka hijau di area rumah. Agar dapat memenuhi standar rumah ramah lingkungan, minimal 30% dari total keseluruhan luas lahan harus dijadikan ruang terbuka yang dilengkapi berbagai tumbuh-tumbuhan.

Ruang terbuka hijau tidak hanya dapat dibuat di area sekitar rumah saja, atap rumah pun bisa dijadikan lokasi pembuatan ruang terbuka hijau seperti rooftop garden yang biasa terdapat pada gedung-gedung pencakar langit.

BACA JUGA  Desain Meja Dapur Keramik

4. Pertukaran udara yang baik

Rumah Ramah Lingkungan – Yols Blog

Rumah ramah lingkungan harus memiliki ciri-ciri rumah sehat, yaitu pola sirkulasi udara yang baik di dalamnya. Pertukaran udara segar dari luar rumah dengan udara dari dalam rumah harus selalu berlangsung lancar. Salah satu ciri dari rumah ramah lingkungan dengan pertukaran udara yang baik adalah dengan adanya ventilasi dan jendela yang cukup.

5. Hemat energi

Cara Membuat Rumah Menjadi Ramah Lingkungan dan Hemat Energi - Lifestyle  Liputan6.com

Ciri rumah ramah lingkungan yang tidak kalah penting adalah hemat energi. Langkah untuk menghemat konsumsi energi pada rumah ramah lingkungan adalah dengan memaksimalkan energi yang terbarukan seperti sinar matahari.

Biasanya untuk memaksimalkan sinar matahari, pada bagian atap rumah ramah lingkungan terpasang panel surya yang berfungsi menyerap energi dari matahari untuk diubah menjadi energi listrik.

Nah, apakah hunianmu saat ini sudah tergolong rumah ramah lingkungan? Jika belum, kamu pasti tertarik kan mendirikan hunian yang menerapkan kelima ciri penting di atas? Jangan lupa ya, rumah ramah lingkungan tidak akan berarti tanpa pola hidup ramah lingkungan dari penghuninya!

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624