Tidak dapat diingkari, meja yang berantakan, penerangan buruk, bahkan suara berisik dari penghuni rumah bisa menjadi penyebab ketidaknyamanan Anda bekerja di rumah.

Tentunya Anda tidak perlu khawatir. Dengan sedikit usaha, Anda tetap bisa lho menyulap ruangan di rumah menjadi ruang kerja produktif.

Pemilihan Warna

Banyak studi mengungkap, warna mampu memengaruhi suasana hati penghuninya. Nah, dengan alasan tersebut, maka penggunaan warna pada dinding, pintu, serta furniture ruang kerja haruslah diperhitungkan dengan matang.

Adapun Angela Wright, seorang psikolog warna menjelaskan, pemilihan warna cerah pada ruang kerja ditengarai mampu merangsang produktivitas. Namun, jika Anda menginginkan suasana yang lebih tenang, ada baiknya memilih warna-warna kalem, seperti hijau atau biru pastel.

Penerangan yang Cukup

Jangan pernah bekerja dalam keadaan gelap. Di siang hari, biarkan cahaya alami masuk ke ruangan kerja Anda secara maksimal. Setidaknya, banyak studi membuktikan, terpapar cahaya Matahari langsung saat bekerja berdampak pada peningkatan energi, kreativitas, dan produktivitas.

Adapun ketika malam, biarkan cahaya datang bukan hanya dari satu lampu saja. Bahkan jika memungkinkan, Anda dapat memasang lampu LED. Bagaimana pun, bekerja di ruang gelap akan memengaruhi proses penglihatan dan membuat mata cepat lelah. Secara lebih lanjut, mata yang lelah akan berdampak pada penurunan kondisi fisik, bahkan produktivitas.

Satu catatan, jangan biarkan cahaya masuk terlalu banyak dan terang. Sekalipun itu adalah cahaya alami, ruangan yang terlalu terang tentu tidaklah baik bagi Anda.

Sirkulasi Udara

Bukan hanya menurunkan fokus, sirkulasi udara yang buruk juga dapat membuat orang mudah mengantuk dan cepat bosan. Karenanya, sebisa mungkin, biarkan tubuh Anda menghirup udara segar.

Untuk menciptakan sirkulasi udara yang lebih baik, Anda dapat menambahkan atap kaca atau jendela/lubang tambahan. Jika hal tersebut tidak memungkinkan, Anda bisa mengubah posisi meja kerja agar sedekat mungkin dengan jendela.

Furniture yang Menunjang

Temanya memang bekerja di rumah. Namun, agar produktivitas semakin melonjak, tidak ada salahnya merancang ruang kerja agar mirip kantor sungguhan.

Untuk mewujudkan ruang kerja yang ideal, Anda dapat memilih beberapa furniture penujang. Ini meliputi rak buku yang ditempatkan di belakang Anda, meja kerja dengan beberapa laci, white board atau papan to-do-list, serta storage lain, seperti kotak pensil dan box aksesori. Tidak apa jika itu hanyalah furniture murah yang Anda dapatkan di toko barang bekas.

Ruang Kerja Alternatif

Wajar bila ada kalanya, Anda merasa jenuh saat harus bekerja tanpa henti. Bagaimanapun, Anda tetap membutuhkan penyegaran untuk menjaga diri dari risiko sakit atau justru stres.

Nah, ada baiknya Anda menyediakan satu ruang alternatif untuk penyegaran. Tempatnya bisa di pojok/sudut ruang–atau justru di tengah-tengah ruang. Ini bisa berupa sofa santai dengan bantal sofa, satu set mini home theatre, radio, booth, kursi, dsb.