KONTRAKTOR BERPENGALAMAN

8 Tips Membuat Kamar Kos Anda Menjadi Lebih Luas

Categories: Tags: , , , , , , , , , , , ,

Mempunyai kamar kos yang sempit merupakan kendala bagi anak kos. Kendala ini sering kali menjadi masalah utama bagaimana cara agar kamar kos terasa lebih luas. Biasanya mereka menaruh sebagian barang – barangnya dengan cara menumpuk di sudut ruangan. Hal ini bukan menjadi solusi, akan tetapi malah menambah kesan bahwa kamar kos tetap terlihat masih sempit. Kali ini ada beberapa tips untuk menyiasati kamar kos yang kecil agar terlihat lebih luas.

  1. Gantung gorden jendela tinggi – tinggi
  2. Membeli rak sepatu untuk menaruh semua sepatu koleksi
  3. Jika menggunakan wallpaper, pilihlah motif yang horizontal
  4. Gunakan kotak sepatu yang sudah tidak terpakai sebagai wadah make up
  5. Senderkan Kasur pada dinding jika tidak digunakan
  6. Pilih lampu yang berukuran kecil agar ruangan terlihat lebih luas
  7. Jika menggunakan karpet, belilah sekalian yang besar
  8. Kurangi barang yang tidak terlalu diperlukan

Nah itu tadi merupakan tips untuk menata kamar kos kalian agar terlihat lebih luas…

4 Tips Mempercantik Kamar Dengan Barang Lama

Categories: Tags: , , , , , ,

Semua orang pasti sudah pernah mengalami kejenuhan, bosan, penat dan lain sebagainya. aktivitas setiap hari yang monoton, oleh sebab itu untuk menghindari dari kejenuhan kita harus punya ide untuk melakukan cara yang berbeda namun tujuan tetap sama. Selain aktivitas sehari-hari, sama halnya juga dengan ruangan yang begitu-begitu saja, kadang bisa membuat kita bosan. Hal pertama yang sering kita lakukan adalah merubah posisi atau mengatur perabot yang ada didalam ruangan tersebut.
Contoh misal kamar tidur, kita bisa merubah posisi tempat tidur, lemari, meja belajar, kursi, sofa yang berbeda dengan posisi sebelumnya.

Salah satu kebiasaan orang Indonesia adalah sayang membuang barang-barang lama. Alasannya juga macam-macam, mulai dari masih bisa berguna nanti hingga kenangan indah yang tersimpan dalam barang-barang itu. Jangan salah, daripada tidak terpakai dan hanya menumpuk di rumahmu, sebaiknya manfaatkan saja untuk menghias kamar. Tidak percaya barang-barang bekas dapat dijadikan ornamen untuk menghias kamar? Berikut 10 tips menghias kamar dengan barang bekas yang dapat kamu terapkan di kamarmu nantinya.

Ornamen Unik untuk Menghias Kamar dengan Menggunakan Botol Bekas

Menghias kamar dengan menggunakan bingkai foto atau jam dinding akan terasa membosankan dan kurang menarik untuk dipandang. Ada cara lain yang unik untuk menghias kamar yaitu dengan memanfaatkan botol kaca yang berukuran kecil.

Bohlam Bekas untuk Menghias Kamarmu Jadi Lebih Berwarna

Bila lampu bohlam kamar kalian mati, jangan buru-buru dibuang. Mungkin bagi kalian yang biasa mengumpulkannya, lampu bohlam barang-barang lama dapat menjadi ide menarik untuk menghias kamar kamu.
Cara kreatif menghias kamar dengan lampu bohlam mati adalah dengan melukis atau mengecat bohlam-bohlam bekas. Biarkan dirimu berkreasi dan melukis dengan bebas. Setelah itu, kamu dapat menggantungnya di langit-langit rumah atau meletakannya di meja kamar sebagai ornamen yang unik.

 

Buat Tirai Menggunakan CD Usang untuk Menghias Kamarmu

Coba cek di gudangmu, apa kamu memiliki banyak CD yang sudah berdebu dan hanya menumpuk saja? Dari banyaknya CD yang kamu punya, kamu dapat menghias kamar dengan CD untuk diubah menjadi tirai pintu yang sangat keren! Kumpulkan CD atau DVD usang yang tidak terpakai dan lapisi tiap CD-nya dengan origami ataupun cetakan motif yang kamu suka.

Menghias kamar dengan cara ini terlalu ribet? Kalau begitu jangan tambahkan apapun. Dengan membiarkannya tanpa tambahan yang lain, lapisan CD akan memantulkan cahaya mirip dengan cahaya pelangi yang disebut interference colors.

Menghias Kamar di Dinding dari Kaleng Bekas

Sebelum membuang barang-barang lama kaleng bekas, pikirkan untuk menjadikannya sesuatu yang berguna. Sudah tahu belum, kamu dapat menghias kamar menggunakan kaleng bekas?

Sulap kaleng bekasmu menjadi ornamen-ornamen dinding maupun wadah untuk menyimpan barang. Untuk menjadikannya ornamen dinding, kamu dapat menggantung dan melapisinya dengan kain untuk membuat motif yang senada. Untuk menjadikannya tempat menyimpan barang, kamu dapat menyesuaikannya dengan seleramu. Dengan membiarkan desain dari kaleng tersebut tidak dibalut, kamu akan memiliki kesan vintage di kamarmu.

nah, menghias kamar tidak harus dengan barang-barang mahal kan? kita bisa kreasikan barang-barang lama kita menjadi sesuatu yang menarik. semoga bermanfaat, selamat mecoba 🙂

 

Mengoptimalkan Pencahayaan Pada Hunian

Categories: Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Mengoptimalkan Pencahayaan Pada Hunian

Sebuah hunian tentu tidak akan lengkap tanpa desain tata pencahayaan yang tepat. Fungsi dari sebuah tata pencahayaan adalah selain untuk membantu penglihatan kita pada saat beraktivitas di rumah pada saat malam hari, tata pencahayaan juga bisa berfungsi untuk menciptakan suatu kesan, ambiance atau suasana tertentu sesuai dengan keinginan kalian.

Nah, Rooang akan berikan sedikit tips dan triknya, untuk membuat tata pencahayaan yang optimal pada hunian!

Tentukan dulu denahnya

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat tata pencahayaan yang baik dan optimal adalah membuat dulu denahnya! Denah yang dimaksud adalah denah tata pencahayaan (lighting floor plan). Denah ini sangat penting, sobat! Karena di dalam gambar rencana denah tata pencahayaan, sobat Rooang bisa menentukan suasana atau ambiance apa yang ingin ditampilkan di setiap ruangan (ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, kamar mandi, dapur), bagian atau spot mana saja yang ingin ditonjolkan pada setiap ruangan, dan tentunya dengan mempertimbangkan konsep interior, pemilihan material furnitur serta pemilihan warna dinding.

Pilihlah jenis lampu yang tepat

Langkah berikutnya yang harus dilakukan oleh sobat Rooang adalah memilih jenis lampu yang tepat! Jangan main asal membeli sobat, hanya karena model lampu tersebut sedang tren! Karena bisa jadi sobat Rooang malah melakukan hal yang sia-sia. Jenis lampu yang dipilih haruslah diiringi pertimbangan tentang beberapa hal berikut ini:

  • besarnya watt
  • ambiance apa yang ingin diciptakan (jenis lampu hangat yang berwarna kuning atau jenis lampu dingin yang berwarna biru atau putih)
  • pilih lampu hemat energi
  • lampu akan menjadi vocal point atau sebagai pelengkap fungsional

Pastikan lampu berfungsi optimal

Pastikan tata pencahayaan yang sudah sobat Rooang rencanakan berfungsi dengan optimal! Misalnya pada area dapur yang membutuhkan tata pencahayaan yang optimal pada kitchen stove maka sobat harus meletakkan lampu di sana agar bermanfaat dan dapat sobat Rooang gunakan secara optimal.

Sedangkan untuk lampu pada ruang membaca, sobat Rooang harus menggunakan lampu yang berjenis ceiling downlight lamp atau lampu dinding yang memancarkan sinarnya ke arah bawah agar memudahkan untuk membaca.

Tentukan spot favorit untuk menjadi vocal point

Setiap hunian atau rumah pasti ada sebuah ruangan atau spot yang menjadi vocal pointVocal point pun bisa dilihat dari berbagai aspek. Lampu atau tata pencahayaan juga bisa sobat Rooang jadikan vocal point pada hunian, lho!

Biasanya jenis lampu yang dijadikan sebagai vocal point di sebuah ruangan adalah jenis lampu yang memiliki desain unik dan nyentrik seperti yang tersebut pada gambar!

Tips Membuat Suasana Kantor Jadi Nyaman

Categories: Tags: , , , , , , , , , , , ,

Kantor yang nyaman adalah salah satu cara agar para pegawainya menjadi lebih betah, untuk mendapatkan suasana kantor yang nyaman salah satunya adalah dengan mendesain kantor tersebut dengan baik, agar ruangan kantor tersebut tidak berkesan membosankan. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk menjadikan suasana kantor menjadi nyaman, Apa saja tipsnya? Berikut informasinya :

Kebutuhan Ruang Kerja

Hal pertama yang kita perlu tahu adalah, mengenai kebutuha ruang kerja itu sendiri, Kenapa begitu?? Karena tiap- tiap perusahaan/kantor memiliki kebutuhan ruangan yang berbeda, misalnya kantor untuk perusahaan pengacara tentunya akan berbeda, dengan desain untuk kantor perusahaan interior, oleh karena itu, ada baiknya tentukan dulu seberapa luaskah media ruang yang diperlukan, hitunglah dengan cermat, jangan sampai ruangan kantor menjadi terlalu sempit atau terlalu luas sehingga memakan media ruang yang sebenarnya bisa digunakan untuk keperluan lain.

Furniture Interior Kantor

Tentukan furniture seperti apakah kantor yang ingin Anda buat, apakah ingin menggunakan furniture dengan desain minimalis atau desain klasik dengal full ornamen, sebaiknya furniture kantor ini sesuai dengan karakter perusahaan Anda dan jangan mengesampingkan kenyamanan, jika Anda berniat membuat kursi karyawan dari bahan kayu, perhatikan juga dari segi kenyamananya apakah karyawan akan betah duduk seharian di bangku kayu.

Pencahayaan Interior Kantor

Titik pencahayaan untuk interior kantor harus disesuaikan dengan posisi duduk atau posisi membaca seseorang, tata letak lampu harus disesuaikan agar saat Anda melihat layar monitor mata Anda tidak silau akibat cahaya lampu itu.

Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara yang baik akan berdampak positif dalam jangka panjang, udara harus mudah keluar dan masuk secara teratur, konsultasikan hal ini dengan arsitek desain interior Anda.

Desain Interior

Untuk hal ini sebaiknya Anda menggunakan jasa desain interior kantor yang sudah berpengalaman sehingga kantor Anda akan terlihat lebih indah dan menarik untuk dipandang.

Tanaman Hias

Taruhlah beberapa tanaman hias di kantor anda, untuk apa?? Tanaman hias tersebut akan memberikan efek segar dalam ruangan. Warnanya yang hijau, bagus untuk merefleksikan mata kita yang mungkin kita gunakan seharian menatap komputer, atau laporan kerja. Oleh, karena itu, tanaman hias cukup penting ada di kantor.

Itulah beberapa tips mengenai desain interior kantor yang bisa anda aplikasikan untuk kantor anda. Semoga bermanfaat dan berguna terutama bagi anda yang sedang ingin mengganti suasana baru di dalam kantor anda masing-masing.

Ide Kreatif Taman Dalam Rumah

Categories: Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Membuat taman di dalam rumah dapat memberikan sentuhan alami sehingga membuat rumah kecil Anda menjadi tampak lebih segar dan bersemangat.

Dimana, tanaman menghasilkan oksigen sehingga baik untuk sirkulasi udara di dalam rumah.

Semakin penasaran ingin segera membuat taman dalam rumah dengan lahan terbatas? Yuk, simak ide kreatif  taman dalam rumah berikut ini:

Taman Gantung Raksasa

Ide kreatif pertama, yaitu taman gantung raksasa. Bagaimana cara membuatnya?

Anda dapat membuat sedikit ruang dalam rumah menjadi taman gantung, yakni pot-pot kecil berisi tanaman hias yang digantung dalam jumlah banyak dan beragam. Untuk gantungannya sendiri, Anda dapat menyusun dan menggantung pot-pot kecil tersebut dalam satu gantungan bambu atau kayu menggunakan tali. Jenis tanamannya pun jangan yang membutuhkan perawatan ekstra. Misalnya, kaktus atau tanaman perdu lainnya.

Taman Pasir

Nah, jenis taman dalam rumah ini juga sangat cocok bagi Anda yang malas merawat tanaman, tetapi tetap ingin memiliki taman kecil dalam rumah. Meskipun minim perawatan, taman pasir ini harus rajin dibersihkan agar tidak mengotori area lain dalam rumah.

Dalam pembuatannya, Anda seperti menciptakan taman ala padang pasir. Buatlah taman kecil di dalam rumah yang didominasi pasir atau bebatuan kerikil sebagai langkah awal. Kemudian, tambahkan nuansa hijau sesuai selera untuk menambah kesan alami pada taman.

Taman Vertikal

Yup! Jenis taman ini terbilang cukup menarik karena hanya membutuhkan area dinding tanpa mengorbankan banyak lahan dalam rumah. Cukup sepetak dinding saja, Anda bisa memiliki taman dalam rumah secara instan tanpa perlu repot mencari lahan. Bila masih ada lahan atau ruang tersisa, bisa dimanfaatkan untuk menaruh lukisan hijau sebagai dekorasi ruangan.

Taman Ala Negeri Liliput

 

Anda dapat membuat taman ala negeri liliput dalam satu wadah besar yang ditanami rumput hias dan pajangan atau mainan liliput. Membuat nya pun tidak rumit. Cukup dengan kolam kayu berukuran 1 x 2 meter, Anda bisa memiliki taman dalam rumah meskipun lahan terbatas.

Bahkan, sebagian orang memanfaatkan taman ini sebagai hobi dan rekreasi lho. Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk menata taman ala negeri liliput ini.

Yuk Buat Pengharum Kamar Kos Sendiri, Murah Dan Mudah

Categories: Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Yuk Buat Pengharum Kamar Kos Sendiri, Murah Dan Mudah

Siapa yang disini termasuk anak kos bagaimana bau kos kamu? apakah bau atau wangi tapi biasanya, kamar kost itu biasanya identik dengan bau keringat, makanan, dan bebauan lainnya yang bikin makin sumpek, padahal kamu ingin istirahat atau menyelesaikan pekerjaan yang tertunda? Pengharum ruangan mungkin akan menyelamatkanmu, tapi sayangnya pengharum ruangan yang kamu beli di toko-toko mengandung bahan kimia berbahaya, lho!

Jadi lebih baik kamu bikin sendiri pengharum ruangan yang harumnya nggak kalah dari produk toko, tapi aman buat kamu hirup sepuasnya.

1. Biasa kamu kenal sebagai salah satu lalapan, kemangi ternyata punya wangi yang luar biasa ketika dicampur dengan lemon

campuran lemon & kemangi

Sebelum membuatnya, sediakan botol semprot (dengan ukuran sesuai kebutuhan), penyaring teh, dan corong dulu ya, guys! Gini nih caranya…

Bahan:

3/4 cangkir air matang

1/2 cangkir air mentah

4 sdm kemangi kering

1 sdm alkohol

5 tetes minyak lemon esensial

Cara membuat:

1. Didihkan 1/2 cangkir air dalam panci kecil, masukkan kemangi kering dan diamkan selama beberapa menit.

2. Masukkan campuran air dan kemangi ke dari panci sebelumnya menggunakan corong dan penyaring ke dalam botol semprot.

3. Tambahkan air matang, alkohol dan minyak esensial. Kocok hingga merata, lalu semprotkan!

Bye-bye deh sama bau apek dan asem di kamar kost-mu!

2. Kekuatan baking soda untuk menghilangkan bau tidak sedap memang nggak ada duanya, tinggal tambahin minyak esensial (minyak astiri) aja

baking soda & minyak esensial

Baking soda sudah lama dikenal bisa menghilangkan bau lemari es, ternyata bisa menghilangkan bau tidak sedap lainnya di ruanganmu juga. Wah, gimana cara buatnya, ya?

Bahan:

1/2 cangkir baking soda

8-12 tetes minyak esensial (bau sesuai selera)

Toples bekas selai, kertas memo dan jarum

Cara membuat:

1. Tuangkan baking soda ke dalam toples selai, lalu teteskan minyak esensial.

2. Tutup toples dengan kertas memo yang sudah ditusuki jarum agar baunya bisa keluar. Kamu bisa juga menggunakan bahan penutup seperti pada gambar kalau ada.

Cari baking soda nggak susah, kok. Di supermarket atau toko roti juga ada.

3. Harumnya bunga-bungaan pun bisa kamu gunakan sebagai pengharum ruangan, apalagi jika dikeringkan

bunga-bungaan kering

bunga-bungaan kering

Di luar negeri, bunga-bunga kering ini dikenal dengan nama potpourri. Bagaimana cara membuatnya?

  • Cukup gantung bunga kesukaanmu beserta dengan tangkainya selama beberapa minggu sampai kering
  • Setelah itu masukkan ke dalam wadah dan teteskan minyak esensial, tutup wadah hingga beberapa minggu agar minyak terserap
  • Saat kamu ingin menggunakannya, tinggal buka wadahnya aja.

4. Wanginya parfum akan semakin kuat saat dicampur dengan bau alami kayu, nggak percaya? Cobain aja!

Scented Wood Blocks

Cara bikinnya super gampang!

  • Yang pertama tentu kamu harus punya potongan balok-balok kayu kecil seperti ini
  • Oleskan, semprotkan, atau bahkan rendam balok-balok ini dalam parfum
  • Kalaupun direndam nggak perlu banyak-banyak parfumnya
  • Kamu bisa meletakannya di botol lalu kocok agar parfum merata
  • Lalu, cium deh! Baunya lebih wangi dan bisa menjangkau seluruh ruang

5. Yang paling terkenal nih, lilin kulit jeruk yang baunya bikin kamu betah nggak pengen ke luar kamar lagi!

Orange Peel Candles
orange peel candle

Siapa sih yang menyangkal harum dan segarnya jeruk? Meski hanya dibutuhkan kulitnya, pengharum ruangan alami ini diyakini mampu membuat seluruh ruanganmu jadi wangi, sekaligus segar berhari-hari.

  • Potong jeruk menjadi setengah dengan pisau, hati-hati jangan sampai merusak jeruknya
  • Ambil jeruk menggunakan sendok atau garpu, jangan sampai lapisan putih di kulit jeruk ikut terangkat
  • Tuangkan minyak zaitun atau minyak sayur biasa
  • Biarkan selama 45 menit dan nyalakan api menggunakan pemantik api.

6. Perpaduan lilin dan kayu manis membuat bau ruanganmu serasa di spa-spa bintang lima

cinnamon candle

cinnamon candle

Kalau kamu pernah pergi ke spa atau tempat pijat kelas bintang lima, bau-bau harum rempah pasti sering kamu cium bukan? Nah, sekarang kamu bisa membuatnya sendiri, lho!

  • Siapkan lilin berukuran besar
  • Potong kayu manis sesuai dengan tinggi lilin menggunakan gunting bunga
  • Tempelkan kayu manis pada lilin menggunakan lem tembak atau susun dan ikat seperti pada gambar
  • Nyalakan lilin dan rasakan sensasi keharuman luar biasa!
SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline