sumber : liputan6.com

CARA MERAWAT RUMAH

Arsitek Indo Kontraktor – Merawat rumah adalah kegiatan yang wajib dilakukan. Mengapa wajib? Karena kebersihan rumah ini adalah penentu kesehatan bagi si penghuni rumah. Selain itu, merawat rumah juga bertujuan agar rumah Anda tidak cepat rusak. Maka dari itu, yuk rawat selalu rumah Anda mulai sekarang!

Tips Merawat Rumah

Membersihkan Rumah Setiap Hari


cleanmyspace.com

 

Cara paling sederhana untuk menampilkan hunian bersih adalah dengan membersihkannya setiap hari. Jika Anda tinggal bersama keluarga, buatlah jadwal rutin untuk melakukan kegiatan kebersihan rumah. Semisal, tiap hari harus ada yang menyapu lantai dan mengelap kaca jendela.

Kemudian, pada hari libur, jadwalkan untuk merapikan halaman dan seisi rumah. Potong rumput yang mulai memanjang, mengepel lantai, serta mencuci pakaian.

Jangan lupa, bersihkan kamar mandi menggunakan sikat dan cairan pembersih. Periksa juga lubang saluran air; pastikan tidak benda yang menyumbat. Misalnya, rambut, kertas, dan tisu.

Baca juga : Jenis Keramik Untuk Rumah Anda

Memilih Furnitur Terbaik untuk Rumah Minimalis


hubitusliving.com

 

Rumah minimalis memiliki ukuran ruang yang terbatas. Supaya tampak rapi dan luas, hindari meletakkan perabot berukuran besar. Cukup tempatkan furnitur yang Anda butuhkan. Jika terlalu banyak, akan merepotkan saat hendak dibersihkan.

Anda bisa menggunakan perabot multifungsi kalau memang membutuhkan tempat untuk menyimpan barang. Namun, hindari furnitur dengan ornamen bulat atau tebal. Pasalnya, furnitur tersebut akan mengesankan ruangan lebih sempit.

Baca juga : Yuk Desain Rumah Tropis

Simpan Barang-Barang pada Tempatnya


inovasee.com

 

Pernahkah Anda kehilangan kunci kendaraan, padahal meletakkannya di dalam rumah? Salah satu pemicu masalah tersebut adalah penataan ruangan yang kurang tepat. Mulai sekarang, gunakan kabinet multifungsi untuk membenahi barang-barang Anda.

Kalau Anda memiliki kabinet multifungsi, barang di rumah tidak tercecer di lantai. Pun terjaga kebersihannya karena tertutup rapat di dalam kabinet.

Baca juga : Tips Renovasi Rumah dengan Benar

Pastikan Sirkulasi Udara di dalam Rumah Tetap Lancar


freshome.com

 

Salah satu ciri rumah sehat adalah memiliki ventilasi udara. Fungsi ventilasi, yakni sebagai tempat pertukaran udara dari dalam ke luar atau sebaliknya. Jika ventilasi terhambat, ruangan menjadi pengap. Debu pun tertahan di ruangan sehingga menyebabkan rumah terlihat lebih kotor.

Itu sebabnya, Anda harus memastikan kondisi ventilasi normal. Bukalah ventilasi setiap pagi supaya cahaya matahari bisa masuk. Selain itu, pun menjadikan rumah terasa sejuk dan segar.

Tidak hanya ventilasi, jendela pun menentukan kebersihkan rumah. Saat malam hari, bakteri jahat berkumpul di kamar. Untuk membasminya, Anda mesti membuka jendela setiap pagi. Dengan begitu, kamar terbebas dari kontaminasi bakteri.

Baca juga : Manfaat Kamar Mandi Bersih

Singkirkan Benda-Benda yang Tidak Terpakai


kawaiibeautyjapan.com

 

Apakah Anda pernah menghitung, berapa jumlah orang yang memiliki hunian bersih? Sedikit, bukan? Hal itu karena banyak orang menginginkan rumah sehat dan nyaman, tetapi enggan membersihkannya.

Menyingkirkan benda-benda yang sudah tidak terpakai merupakan cara paling sederhana untuk membersihkan rumah. Seorang penulis buku—Marie Kondo—mengatakan, penghuni rumah hanya perlu menyimpan benda yang bermanfaat untuknya.

Artinya, Anda mesti membuang semua benda lama yang sudah tidak bisa difungsikan dengan baik. Lalu, bagaimana jika Anda menyayangi benda tersebut? Coba manfaatkan lemari laci khusus atau sebuah gudang untuk menyimpannya.

Baca juga : Cara Memanfaatkan Ruang Kosong Pada Rumah

Itulah lima cara merawat rumah minimalis supaya Anda betah berada di dalamnya. Rumah adalah tempat berteduh, beristirahat, dan berkumpul bersama keluarga. Maka itu, jagalah rumah agar tetap bersih dan sehat.

Sumber : https://www.aca.co.id/

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624