Cara Mengatasi Atap Rumah Yang Bocor

Kontraktor – Di musim penghujan pasti banyak sekali masalah tentang bocornya atap rumah. Banyak cara juga untuk menangani atap bocor tersebut. Diantaranya adalah :
  1. Langkah pertama untuk mengatasi atap yang bocor adalah mencari sumber kebocoran. Ini adalah pekerjaan yang tidak semudah yang ada bayangkan. Terkadang tempat jatuhnya tetesan air di lantai tidak serta merta menunjukkan di mana sumber kebocoran berada. Tidak berlaku pepatah “di mana tetesan air berada, di atasnyalah terdapat sumber kebocoran”. Terkadang air yang masuk melalui celah genteng yang retak atau bergeser tidak langsung jatuh ke lantai, tetapi mengalir dahulu sepanjang plafon ataupun reng mencari – cari kesempatan, dimana ada lubang untuk menetes ke lantai. Jadi bisa jadi sumber kebocoran ada 2 meter dari lokasi terjadinya tetesan air ke lantai, maka WASPADALAH!
  2. Cara Memperbaiki Atap Yang Bocor
  3. Carilah sumber kebocoran pada siang hari. Naiklah ke loteng rumah anda dengan membawa penerangan. Berhati – hatilah dari sambungan kabel yang terbuka. Ada baiknya anda mematikan listrik di rumah anda dengan cara mematikan sekringnya selama anda memperbaiki atap anda yang bocor. Telusurilah jejak – jejak bekas aliran air sampai anda menemukan sumber kebocoran.
  4. Memperbaiki kebocoran pada atap beton, asbes, atau sirap dikarenakan adanya retak rambut, dapat dilakukan dengan pemberian kawat kasa dan waterproof. Namun bagian retak yang lebih besar harus dilubangi dan kemudian diplester kembali.
  5. Mengatasi kebocoran pada dag beton juga bisa dengan memplester/ melapisi bagian yang kita curigai  sebagai sumber kebocoran dengan semen. Caranya:
    1.  Kita naik ke atas dag, beri lubang sedalam kira – kira 2 cm pada retak beton sumber kebocoran.
    2. Bersihkan dan lembabkan pada area tersebut, lalu oleskan lem beton disepanjang permukaan.
    3. Setelah setengah kering, isi celah yang retak dengan campuran semen baru .
  6. Jika sumber kebocoran adalah adanya genteng yang bergeser, maka tempatkanlah kembali sebagaimana mestinya. Jika karena ada genteng yang pecah, maka gantilah dengan genteng yang baru.
  7. Jangan lupa untuk memperbaiki plafon yang rusak karena terkena air yang bocor. Jangan biarkan plafon lembab, sebab bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih fatal, seperti ambruknya plafon,
  8. Untuk mengurangi penyerapan panas dan mengurangi kerusakan karena air hujan, aluminium foil dengan ukuran 1-2 mm dapat dijadikan pelapis di antara plafon dan genteng.