sumber : home.co.id

CARA MENCEGAH GANTENG BERLUMUT

Arsitek Indo Kontraktor – Jika Anda sudah menyimak ulasan kami sebelumnya, yaitu (Cara mengatasi Genteng Berlumut). Perlu Anda ketahui juga, bahwa genteng berlumut tersebut bisa saja tidak terjadi. Jika Anda mencegahnya dengan cara berikut ini :

Mencegah lumut tumbuh pada atap

Untuk mencegah agar lumut tak datang lagi pada atap, galvanized copper strips atau ridge caps pada atap. Dua benda ini cukup mudah ditemui di toko – toko yang menjual material bangunan. Benda ini juga cukup gampang dipasang pada atap. Tembaga dapat membunuh lumut dan mencegah lumut untuk tumbuh kembali. Masukkan strip tembaga secara horizontal di bawah atap sirap atau genteng, dan biarkan 4 sampai 5 inci dari bagian tembaga yang terlihat dari luar. Cara ini memungkinkan molekul tembaga untuk larut dalam hujan, dan menciptakan kondisi yang beracun bagi lumut sehingga lumut tak bakal bisa tumbuh di sini.

Baca juga : Solusi Memperbaiki Genteng Rumah Bocor

Tips dalam membersihkan atap dari lumut

  • Tambahkan batang atau tonggak untuk menstabilkan agar tangga. Tidak mudah miring atau tergelincir saat Anda tengah berada di tangga. Untuk melakukan pembe menghindari tergelincir dan untuk melindungi selokan Anda dari denting.
  • Arahkan selalu air dari power washing dari atas ke bawah, dan bukan dari atas ke bawah, karena hal tersebut akan membuat genteng bisa terlepas atau geser dari posisinya karena adanya tekanan air dari bawah.
  • Untuk mencegah lumut kembali tumbuh pada atap, lakukan pembersihan dengan bahan pembersih atap dari  hidrogen peroksida dua kali setahun dan tidak bilas.
  • Jangan sekali – kali mengganti pembersih atap berbasis hidrogen peroksida dengan TSP atau bleach yang biasa dipakai untuk mencuci pakaian karena bahan tersebut akan membuat warna genteng memudar dan membuat permukaan genteng terlalu kering, sehingga mudah retak.

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624