Cara Menata Lemari Pakaian Agar Lebih Indah & Rapih

Arsitek indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Koleksi penuh di lemari pakaian seringkali membuat kamu jadi kesulitan saat mengambil pakaian yang ingin dikenakan.  Alhasil, kamar jadi berantakan karena pakaian yang berserakan.  Solusi yang biasanya terpikirkan adalah dengan menambah tempat penyimpanan atau merelakan sebagian pakaianmu. Dengan begitu, kamar jadi bisa tetap rapi, serta kamu jadi lebih mudah mencari pakaian.  Sebelum kamu melakukan keduanya, coba teliti dulu bagaimana cara kamu menyimpan pakaian serta jenis lemari akan yang kamu gunakan. Bisa jadi, lemari pakaianmu selalu terlihat berantakan karena salah cara penyimpanan.  Berikut ini Cara Menata Lemari Pakaian Agar Lebih Indah & Rapih

 

1. Atur Pakaian Sesuai Dengan Fungsinya

Yang pertama adalah kamu bisa mulai mengatur pakaian sesuai dengan fungsinya. Ada banyak sekali fungsi dari berbagai pakaian. Kamu bisa membedakan serta menggolongkan tipe pakaian yang kamu miliki itu sesuai dengan keseharianmu. Misalnya, jika aktivitas sehari-hari kamu adalah kuliah, bersantai, di rumah, hingga berkumpul dengan orang terdekat, maka fungsi pakaianmu juga akan seperti itu.

Cobalah untuk membedakan serta menggolongkan pakaian kamu terlebih dahulu sesuai dengan kegiatan aktivitas yang biasa kamu lakukan sehari-hari. Petakan baju yang sudah kamu bedakan sesuai fungsinya. Lalu, kamu bisa menata pakaian tersebut ke dalam lemari sesuai fungsi yang telah kamu tentukan seperti pakian untuk ke kantor digantung dan pakaian untuk bersantai dirumah bisa kamu lipat.

2. Tata Pakaian Berdasarkan Jenis dan Kategorinya

Pakaian mempunyai banyak sekali jenis dan kategori, termasuk pakaian yang kamu miliki di rumah. Kamu juga bisa mengatur pakaian di dalam lemari menurut pembagian atau pengelompokan berdasarkan jenis dan kategori pakaian. Pembagian atau pengelompokan menurut jenis atau kategori ini pun bisa bermacam-macam seperti celana, baju, sepatu,dasi, aksesoris, dan tas. Kemudian celana bisa dibagi lagi menjadi jeans, kulot, dan celana olahraga. Oleh karena itu cara ini banyak digunakan juga dan termasuk ampuh, karena selain hasilnya tampak lebih rapi, kamu juga bisa lebih mudah untuk menemukan pakaian yang sedang diperlukan.

BACA JUGA  Tips Desain Toko Kekinian

3. Lipat Pakaian Yang Seharusnya Dilipat

Salah satu cara menata lemari pakaian yang ampuh agar lebih rapi dan indah adalah melipat pakaian yang perlu dilipat. Nah, biasanya pakaian yang perlu dilipat adalah pakaian sehari-hari dan bawahan seperti celana, rok, dan sebagainya. Kengapa Demikian? Karena pakaian-pakaian tersebut lebih memberi kesan rapi dan indah ketika dilipat dari pada digantung.

Tetapi, kamu harus memastikan untuk melipat pakaian dengan rapi. Bila perlu, kamu bisa terapkan prinsip-prinsip yang lain juga seperti mengelompokkan pakaian berdasarkan jenis, fungsi, atau warnanya.

4. Lipatan Tidak Rapi? Kamu Bisa Menggunakan Box

Memang tidak mudah dalam melipat pakaian dengan rapih dan indah. Banyak orang yang memiliki kendala dalam melipat pakaian saat menata lemarinya. Rupanya lipatan yang dihasilkan selalu terlihat kurang rapih, sehingga ketika disusun ke dalam lemari hasilnya kurang memuaskan. Untuk kamu yang sering mengalami hal-hal seperti ini tidak perlu khawatir. Salah satu alternatif yang paling mudah adalah menggunakan box atau kotak penyimpanan. Box atau kotak penyimpanan dapat memberikan manfaat yaitu hasil lipatanmu jadi tidak kelihatan dan lemari juga tampak lebih rapih pastinya. Box atau kotak penyimpanan juga bisa kamu gunakan untuk menyimpan pakaian-pakaian yang jarang digunakan dan kebutuhan lain seperti selimut dan sprei.

5. Gunakan Lemari yangBersekat-Sekat

Cara kelima ini penting untuk kamu catat dan ingat adafriends ketika kamu membeli lemari. Banyak isi lemari yang tampak kurang menarik walaupun lipatan dan penataannya sudah bagus. Hal itu bisa disebabkan karena ruang-ruang dalam lemari terlalu besar.

Maka dari itu, pilihlah lemari yang meski ukurannya besar, tetapi mempunyai sekat-sekat yang cukup untuk kamu gunakan. Keberadaan sekat-sekat tersebut juga dapat membantu kamu untuk pembagian atau pengelompokkan pakaian berdasarkan jenis, kategori atau fungsinya. Misalnya rak paling atas untuk pakaian dilipat, rak kedua untuk gantungan, dan seterusnya.

BACA JUGA  Solusi Lantai Cepat Kotor

6. Pastikan Lemari Mempunyai Cukup Ruang untuk Menggantung

Selain memastikan kalau lemari kamu mempunyai banyak sekat, ide untuk memilih lemari yang mempunyai kombinasi rak dan bagian gantungan juga sangat baik. Pasalnya tidak semua pakaian bisa disimpan dengan cara dilipat. Beberapa diantaranya harus digantung.

Misalnya jenis pakaian seperti kemeja, jas, dan gaun lebih cocok untuk digantung. Dengan begitu pakaian akan lebih rapi dan mudah untuk diambil. Penggunaan lemari gantung juga dapat membantu untuk meminimalisir penggunan ruang.

7. Susun Pakaian Berdasarkan Warna Atau Motif

Banyak sekali cara menyusun pakaian, beberapa sudah disebutkan sebelumnya. Tetapi kamu juga bisa mencoba beberapa suasana baru dengan menata pakaian yang kamu miliki berdasarkan warna atau motif pada pakaiannya.

Cara satu ini juga tidak kalah menariknya lho. Menata pakaian yang kamu miliki berdasarkan warna atau motif akan meciptakan kesatuan dan keserasian di dalam lemari. Contohnya, kamu bisa menyatukan pakaian yang berwarna gelap dalam satu rak, begitu pula untuk pakaian yang berwarna cerah, serta pakaian-pakain yang bermotif sehingga akan menampilkan suatu keindahan pada lemari kamu.

8. Berikan Pembagian Rak dengan Jelas

Cara menata lemari pakaian berikutnya adalah dengan cara memberikan pembagian yang jelas pada rak-rak yang ada. Cara ini dapat menghasilkan suatu tampilan pada lemari yang lebih tersusun rapih. Kamu bisa membaginya sesuai keinginan kamu baik dengan cara vertikal maupun horizontal. Misalnya, barisan rak lemari teratas sebagai tempat penyimpanan tas, baris kedua untuk boks atau keranjang, dan seterusnya pada baris rak yang ada pada lemari kamu.