Cara Memperbaiki Talang Air Bocor

Eksterior – Iklim yang di Indonesia adalah iklim tropis dan memiliki curah hujan yang sangat tinggi. Kebanyakan atap masih menggunakantalang sebagi pelengkap atap, yang berfungsi sebagai tampungan air hujan sementara. Talang air biasanya terletak di belakang rumah, pertemuan antara genteng yang berlawanan, bahkan ada yang terletak di samping dan depan rumah. Talang air dapat dibuat dari beberapa macam bahan, seperti plastik, fiber, seng alkan, seng biasa, karpet dan talang cor beton. Tidak masalah memiliki talang asal tahu dan secara rutin merawatnya. Lalu bagaimana jika rumah Anda memiliki masalah kebocoran pada talang air. Berikut ini akan saya jelaskan cara memperbaiki talang air bocor.

Memperbaiki talang air seng, plastik, dan karpet

  1. Periksa terlebih dahulu penyebab kebocoran talang, jika talang terbuat dari plastik PVC,seng dan karpet mungkin dari sambungan yang lepas atau daya rekat lem sudah tidak baik lagi. Talang PVC yang bolong atau berlubang akibat sudah rapuh, pada seng talang juga mungkin rapuh akibat sudah berkarat.
  2. Jika terjadi seperti hal di atas, Anda harus segra memperbaikinya sebelum terjadi akibat yang lebih parah lagi. Jika terjadi lepas pada sambungan talang PVC, segera buka bagian sambungan, jika kondisi ujung talang yang disambug masih baik, lem ulang pada bagian sambungan dengan lem PVC yang bermutu baik. Caranya bersihkan kedua ujung sambungan dengan ampelas hingga sisa lem yang lama bersih. Oleskan lem PVC pada kedua ujung sambungan hingga tertutup semua ujung talang, kemudain rekatkan, biarkan hingga kering dan rekat. Pasang kembali talang air PVC tersebut.
  3. Talang seng atau karpet yang bolong akibat karat atau sobek, dapat ditampal menggunakan karpet atau seng kecil. Caranya gunting bagian yang berkarat atau sobek, ambil potongan kecil seng atau karpet sebesar lobang yang berkarat, taruh di tengahnya. Siapkan pelapis anti bocor, oleskan pada bagian sambungan, lapisi dengan potongan serat, kemudain poleskan lagi menggunakan kuas hingga tebal dan rata. Biarkan kering.
  4. Jika kebocoran sudah terlalu parah, dan Anda harus mengganti semua bagian talang dengan yang baru. Apabila hal ini dilakukan, ganti dengan talang ukuran lebih lebar dan lebih tebal, bila perlu lapisi pada bagian bawah karpet talang dengan seng terlebih dahulu. Tindakan ini dilakukan untuk talang air yang posisinya pada pertemuan kedua ujung genteng, misalnya di tengah rumah.