Cara Membuat Ruangan Lebih Terang Tanpa Penambahan Lampu

Arsitek Indo Kontraktor | Jasa Arsitek dan Kontraktor – Ada beberapa cara membuat ruangan  cantik dan terang  lho, Sahabat! Mau tahu apa saja?  Ruangan tak berjendela yang ada di rumah bisa menimbulkan kengerian atau kesan tak nyaman bagi sebagian orang Kehadiran lampu pun terkadang belum cukup ampuh untuk membuat ruangan itu menjadi terang dan terlihat lebih menarik, juga sehat. Ya, ruangan yang gelap dapat menjadi sumber beberapa penyakit, salah satunya adalah penyakit mata.  Kamu, sebagai pemilik rumah, tentu saja enggak mau hal itu terjadi pada keluarga ataupun tamu yang sedang berkunjung, dong! Alih-alih membangun jendela yang kesannya terlihat cukup merepotkan, kamu bisa mengikuti beberapa tips membuat ruangan menjadi terang  di bawah ini. Apa saja sih Cara Membuat Ruangan Lebih Terang Tanpa Penambahan Lampu ? Baca ulasan di bawah ini hingga habis ya!

Dominasi warna putih atau warna lembut pada dinding

1. Dominasi warna putih atau warna lembut dinding

Memilih warna putih atau warna lembut seperti merah mudah lembut atau biru mudah lembut pada dinding akan membantu ruangan lebih terang secara alami. Warna putih memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya yang membuat ruangan menjadi lebih terang. Oleh sebab itu, sterofoam atau karton putih sering dijadikan reflektor saat sesi foto.

2. Gunakan jendela ruangan yang memungkinkan sinar matahari masuk

2. Gunakan jendela ruangan memungkinkan sinar matahari masuk

Cara yang umum digunakan untuk memasukkan cahaya alami adalah penggunaan jendela. Usahakan ruangan memiliki jendela yang memungkinkan cahaya masuk ke dalamnya. Hal ini akan membuat ruangan lebih terang karena pemanfaatan cahaya alami.

3. Gunakan cermin besar untuk memantulkan cahaya

3. Gunakan cermin besar memantulkan cahaya

Penggunaan cermin yang besar juga biasa digunakan untuk membuat ruangan lebih terang. Kemampuan cermin untuk memantulkan bisa kurang lebih 100% dari cahaya yang diterimanya. Oleh karena itu, penggunaan cermin menjadi cara yang efektif untuk membuat ruangan lebih terang. Bahkan penggunaan cermin juga akan membuat ruangan menjadi terlihat lebih luas.

BACA JUGA  Perpaduan Cat Rumah

4. Pilih lantai kayu berwarna terang

4. Pilih lantai kayu berwarna terang

Pemilihan lantai juga dapat memengaruhi kemampuan untuk membuat ruangan lebih terang. Jika ingin ruangan menjadi lebih terang tanpa penambahan lampu maka pilihlah lantai kayu yang berwarna terang. Jika memang kayu tidak sesuai dengan preferensi pribadi bisa menggantinya dengan marmer berwarna terang.

5. Lengkapi furnitur yang berwarna cerah

5. Lengkapi furnitur berwarna cerah

Tidak hanya warna dinding yang dapat memengaruhi tingkat kecerahan dalam ruangan. Pemilihan furnitur yang terang juga akan membuat ruangan lebih terang tanpa harus ada penambahan lampu. Tetapi, perlu diperhatikan agar pemilihan motif atau corak furnitur tidak berlebihan. Sebab, hal tersebut akan membuat suasana ruangan menjadi terlalu penuh dan sesak.

6. Pilihan perabot yang glossy dapat membantu kecerahan ruangan

6. Pilihan perabot glossy dapat membantu kecerahan ruangan

Cara untuk membuat ruangan lebih terang tanpa penambahan lampu lainnya adalah pemilihan perabot glossy. Perabot glossy juga dapat membuat ruangan lebih terang karena benda tersebut memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya. Walaupun kemampuan pantulannya tidak sehebat kaca, tapi cara ini cukup memberikan dampak pada kecerahan ruangan. Membuat ruangan lebih terang tanpa ada penambahan lampu sangat memungkinkan untuk dilakukan.

Cara-cara di atas dapat membantu hal tersebut terwujud. Sehingga, keinginan meningkatkan kecerahan ruangan bisa dilakukan tanpa perlu menambah biaya listrik yang akan dikeluarkan.

 

 

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624