Cara Gampang Membersihkan Bean Bag Sesuai Jenis Bahannya

Arsitek indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Beanbag adalah kursi santai tanpa rangka yang dibuat menggunakan kain tertentu dengan pola yang beragam agar berbentuk unik dan indah juga nyaman saat diduduki. Beanbag diwajibkan memiliki lapisan dalam (inner cover) dan lapisan luar (outer cover) yang dilengkapi dengan zipper atau resleting agar saat kain kotor dapat dibersihkan dengan mudah. Lalu apakah saat beanbag kotor, terkena noda dari makanan, jus, kuah soto, pipis bayi, tumpahan bir, dan noda lainnya dapat dengan mudah dibersihkan begitu saja dengan menggunakan mesin cuci atau menyikatnya secara manual. Berikut ini cara gampang membersihkan bean bag sesuai jenis bahannya.

Cara Membersihkan Bean Bag Secara Umum

Untuk cover bean bag yang berbahan katun, nilon, dan poliester, kamu bisa mencucinya dengan cara yang mudah. Cermati cara mencuci bean bag secara umum di sini.

bean bag kulit

1. Bersihkan noda dan kotoran secara langsung

cara membersihkan bean bag

Saat kamu duduk di atas bean bag sambil ngemil, lalu makanannya menetes di bean bag? Yuk, langsung dibersihkan saja. Jika terlalu lama dibiarkan, tuh, kotoran akan meninggalkan noda membekas.

Pakai kain basah untuk menghapus tetesan makanan, hingga yang tertinggal hanyalah noda. Tuangkan sabun cuci piring ataupun detergen ke atas noda. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Basahi kain bersih dengan air dingin, lalu gosok area yang bernoda tadi. Bilas dan biarkan kering.

2. Cuci cover bean bag menggunakan mesin cuci

membersihkan bean bag

Kalau memiliki bean bag dengan cover dua lapis dan bisa dilepas, hal ini akan mempermudah kamu untuk membersihkan bean bag. Namun, kamu harus hati-hati saat mencuci bean bag, agar cover-nya tahan lama. Lepas cover paling luar yang terkena noda dulu.

BACA JUGA  Simak Kegunaan Atap Rumah

Seandainya ada noda-noda baru, kamu bisa menggosoknya dengan lap basah. Namun, kalau noda yang menempel sudah cukup lama, rendam cover selama 10 menit di ember berisi air dingin dan gunakan detergen antinoda plus 30 gram baking soda. Kemudian masukkan cover tadi ke mesin cuci. Cuci dengan air dingin dan putaran yang pelan. Pakai detergen sesedikit mungkin dan jangan gunakan pelembut pakaian. Kemudian keringkan cover bean bag dengan pengering mesin cuci.

3. Cuci bean bag

membersihkan bean bag

Kamu pun bisa mencuci keseluruhan bean bag, terutama jika bean bag-mu yang diletakkan di outdoor sudah terlalu lama terpapar debu dan kotoran.

Bersihkan titik-titik yang terkena noda lama yang menggelap dengan sparkling water. Untuk noda-noda berminyak, nih, kamu bisa bersihkan dengan detergen.

Basahi kain, lalu semprotkan pembersih karpet pada kain basah. Gosok seluruh permukaan bean bag menggunakan kain yang sudah diberi pembersih karpet. Kemudian, lap seluruh permukaan bean bag dengan handuk bersih basah sampai bersih dari sabun karpet.

Jangan sekali-kali mencoba menyiramkan air langsung ke ban bag karena bisa saja berpotensi merusak isinya. Keringkan bean bag dengan cara dijemur. Lalu alasi bagian bawah bean bag dengan plastik atau terpal agar tidak kotor lagi sesudah dicuci.

Cara Membersihkan Bean Bag yang Berbahan Khusus

bean bag suede

Untuk beberapa bean bag dengan bahan khusus, kamu tidak bisa membersihkannya dengan cara di atas. Ada perlakuan khusus untuk beberapa bahan yang unik.

1. Suede

membersihkan bean bag suede

Bersihkan cover berbahan suede dengan cairan pembersih suede ataupun kain terry yang basah, secara reguler. Jika ada noda yang membandel, coba bersihkan menggunakan campuran air dan cuka dengan perbandingan 2:1.

Beli juga sisir metal pembersih suede dan sikat cover dengan gerakan melingkar setiap dua minggu sekali. Kalau kamu rutin merawatnya, cover suede-mu akan selalu terlihat rapi dan seperti baru.

BACA JUGA  Apartemenmu Makin Kece Dengan Desain Ruangan Yang Instagramable

2. Vinil

membersihkan bean bag

Vinil memang tahan lama, namun noda yang menempel sulit hilang dan tidak boleh terlalu basah. Kamu memerlukan semangkuk campuran air hangat dan sabun serta sikat berbulu lembut.

Celupkan sikat pada air sabun, lalu gosok cover bean bag dengan perlahan. Sesudah selesai disikat, lap cover dengan kain yang telah dibasahi air hangat untuk membilas. Jangan sampai cover terlalu basah, ya. Lalu lap menggunakan kain kering.

Kalau ada noda yang membandel, campur baking soda dengan beberapa tetes air hangat hingga membentuk tekstur kental. Bubuhkan cairan baking soda di atas noda, lalu sikat noda itu memakai sikat gigi bekas dengan gerakan lembut. Bilas menggunakan kain basah.

Agar cover kering bebas jamur, keringkan di area yang terkena banyak angin. Jangan sampai terkena matahari langsung karena bisa luntur.

3. Bean bag bulu

bean bag bulu

Bean bag bulu sangatlah populer karena teksturnya yang lembut. Untuk membersihkannya, vacum bean bag secara rutin agar debu dan kotoran lain dapat terangkat.

Lalu lap cover dengan kain yang sudah dibasahi air. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tumpukan kotoran di bean bag. Jangan lupa untuk menyisir cover menggunakan sisir plastik agar tidak ada bulu yang tersangkut.

4. Bean bag beludru

membersihkan bean bag

Beludru bikin bean bag terlihat sangat mewah, untungnya nggak susah juga untuk membersihkannya, nih. Kalau sampai kamu meneteskan sesuatu di cover beludru, campurkan saja air hangat dengan sabun, lalu basahi kain menggunakan campuran itu.

Lap kotoran dengan kain bersabun sesegera mungkin dengan gerakan melingkar. Keringkan bean bag dengan cara diangin-anginkan. Lalu sisir beludru dengan sisir yang sangat halus agar bulunya terlihat rapi.

BACA JUGA  Inspirasi Desain Rak Gantung Dapur, Pastinya Jadi Rekomendasi Terbaik

5. Bean bag kulit

membersihkan bean bag

Bean bag kulit sangat populer sekali karena terlihat stylish dan mudah untuk dibersihkan. Lap bean bag kulit dengan kain bersih untuk membersihkannya dari debu secara rutin.

Kamu bisa pakai pembersih kulit, namun pembersih ini sebenarnya hanya untuk kulit asli, sih. Kalau mau pakai conditioner kulit, kamu hanya perlu mengoleskannya setiap tiga sampai enam minggu sekali.

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624