Cara Beli Lahan Kosong

Cara Beli Lahan KosongCARA BELI LAHAN KOSONG

Kontraktor Jogja – Tidak sedikit orang lebih memilih investasi dalam bentuk lahan atau tanah kosong. Lahan kosong ini bisa digunakan untuk disewakan keperluan tertentu, atau bahkan untuk membangun rumah. Nah, agar tidak salah pilih ketika membeli lahan, berikut adalah beberapa cara beli lahan kosong.

Cara Aman Beli Tanah Kosong

Yang perlu diperhatikan, jangan sampai bandrol harga miring disebabkan oleh status tanah yang bermasalah. Sebab, transaksi tanah yang tidak jelas sangat rentan dengan kasus sengketa kepemilikan.

Lantas bagaimana cara membeli tanah kosong secara aman dan sesuai prosedur yang benar?

Mengecek kondisi tanah

Sebelum membeli tanah, cek langsung ke lokasi untuk mengetahui lingkungan kavling tersebut. Apakah ada akses jalan yang memadai? Bagaimana kondisi batas-batas wilayah kavling tersebut?

Ketahui juga jenis tanahnya. Sebab jika ingin ditinggali, jenis tanah akan memengaruhi kualitas air yang dihasilkannya.

Hindari membeli tanah yang dekat sungai, pabrik, jalur listrik tekanan tinggi untuk menjaga rIsiko yang datang dikemudian hari.

Untuk keperluan investasi dan prospek kenaikan harga properti, Anda juga harus jeli melihat perkembangan lingkungan sekitar. Apakah sudah tersedia fasilitas umum seperti sekolah, layanan kesehatan, perbelanjaan dan akses transportasi terdekat?

Mengetahui peruntukan tanah

Sebelum membeli sebidang tanah, Anda harus mengetahui status tanah dan peruntukan terbarunya. Misalnya, adakah rencana tata kota pada wilayah tersebut.

Anda bisa mengecek penggunaan tanah yang dicerminkan oleh KLB (Koefisien Lantai Bangunan) dan KDB (Koefisien Dasar Bangunan) di lokasi tersebut melalui pejabat daerah setempat.

Ada sebagian orang yang asal membeli tanah tanpa mengetahui peruntukan tanah tersebut. Alhasil setelah dibeli baru tahu bahwa tanah tersebut adalah lahan hijau yang tidak boleh digunakan untuk mendirikan bangunan.

Mengetahui proyek terkini seperti fasilitas umum atau infrastruktur yang akan dibangun pemerintah di sekitar area kavling juga bisa menjadi nilai tambah investasi Anda.

Mengetahui status tanah

Pastikan tanah yang akan dibeli tidak dalam kasus sengketa, misalnya tanah sitaan atau tanah warisan yang belum dipecah hak miliknya.

Legalitas kepemilikan tanah harus dibuktikan dengan sertifikat resmi/asli yang tertera atas nama pemilik. Anda bisa meminta bantuan notaris setempat untuk mengecek aspek legalitas tanah tersebut.

Selain itu, Anda juga perlu memeriksa kondisi tanah seperti luas dan letaknya, apakah sudah sesuai dengan yang tertera di surat (dalam hal ini sertifikatnya).

Lakukan prosedur secara benar

Terakhir harus diketahui bahwa dalam pembelian tanah, diperlukan bukti kuat dalam mendukung proses jual beli tersebut. Proses jual beli tidak hanya dibuktikan melalui kuitansi pembelian biasa. Anda perlu membuat akta tanah atau akta jual beli yang sah kedudukannya di mata hukum.

Setelah membeli, sebaiknya Anda langsung mengalihkan kepemilikan atas nama pribadi. Mintalah keterangan dari pihak notaris sebagai perantara kejelasan prosedur pengurusan surat-surat kepemilikan tanah di kantor pertanahan.

JASA ARSITEK JOGJA – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624