Atasi Bak Penampungan Air Yang Bocor

Atasi Bak Penampungan Air Yang Bocor – Di sebuah pemukiman atau setiap bangunan pasti memiliki bak penampungan air. Benda ini sudah pasti ada di bangunan – bangunan. Bak penampungan air yang mengalami retak memang bukanlah hal yang diinginkan. Untuk mengatasi kebocoran, harus melakukan hal – hal berikut ini.

  1. Melakukan pengetesan

Hal yang pertama untuk mengatasi kebocoran adalah mengetahui letak kebocoran tersebut terlebih dahulu. Apabila bak penampuagan air Anda dilapisi dengan keramik, coba isi bak tersebut menggunakan air sampai mencapai tinggi nat bagian atas keramik di sisi bawah. Kemungkinan besar kebocoran terjadi pada bagian dasar bak atau juga pada bagian kran pembuangan air.

  1. Kebocoran akibat kran pembuangan

Apabila ternyata kebocoran benar-benar terjadi pada bagian kran pembuangan air, hal ini bisa saha dipicu oleh rusaknya klep karet pada bagian ujung tutup kran. Oleh karena itu, untuk menghentikan kebocoran Anda perlu mengganti klep dengan yang baru atau juga dengan membuat sendiri dari ban dalam bekas. Kebocoran mungkin juga disebabkan oleh bagian keran yang pecah, sehingga Anda perlu menggantinya dengan yang baru dan kualitas yang lebih baik juga. Penggantian keran dilakukan dengan cara membobok dinding keramik pada bagian keran, lalu kemudian diganti dengan yang baru.

  1. Kebocoran akibat keramik pecah

Apabila kebocoran ternyata disebabkan oleh keramik yang pecah, maka yang dapat Anda lakukan adalah dengan menampal bagian tersebut menggunakan campuran semen abu-abu. Langkah yang paling tepat jika sudah seperti ini sebenarnya dengan mengganti keramik yang lama dengan keramik yang baru.

  1. Mengatasi kebocoran parah

Kebocoran yang sudah sangat parah harus diatasi dengan cara mengganti seluruh lapisan keramik yang lama dengan yang baru. Namun langkah ini tidak boleh dilakukan secara tergesa-gesa. Pertama-tama bongkar terlebih dahulu lapisan keramik pada bagian dalam dan luar. Kemudian bersihkan sisa pecahan keramik menggunakan alat kebersihan rumah. Dinding bak penampung air kemudian dilapisi dengan acian kental yang menyerupai pasta. Pastikan lapisan rata dan menyeluruh pada permukaan dinding.

Semoga Bermanfaat 🙂

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624