Ampuh, Simak Cara Mengatasi Plafon Bocor Berikut Ini!

Tak Perlu Panik, Ini 7 Cara Mengatasi Plafon Bocor Saat Musim Hujan - Blog TribunJualBeli.com

Jasa Arsitek JogjaPlafon yang bocor akan menyebabkan kelembaban di rumah dan merusak bahan plafon jika tidak segera diselesaikan. Untuk mencegah hal tersebut, cara terbaik adalah memilih bahan plafon rumah berkualitas yang anti air dan tahan lama, seperti GRC, kalsiboard, PVC (Polyvinyl Chloride), atau gypsum. Namun, jika Anda terlanjur memilih plafon non waterproof, berikut adalah beberapa cara mengatasi kebocoran atap di rumah yang bisa Anda praktekkan. Ampuh, Simak Cara Mengatasi Plafon Bocor Berikut Ini!

 

 

Mengecek bagian konstruksi

Duh, Atap Bocor! Ini 9 Cara Perbaiki Atap Bocor Tanpa Bantuan Tukang – INJEO

Untuk mengatasi plafon yang bocor, pertama-tama Anda harus memastikan konstruksi bagian atas plafon, yakni konstruksi atap. Periksalah bagian rusak yang dapat menjadi penyebab atap genteng bocor dan cara mengatasinya adalah dengan membenarkan kerusakan tersebut. Untuk hasil yang lebih aman, ketika konstruksi atap rumah telah selesai, jangan dulu memasang plafon di bawahnya. Tunggulah ketika hujan turun dan pastikan kondisi di dalam ruangan. Apabila bocor, maka segera atasi kerusakan.

Memetakan lokasi kebocoran

Perawatan RUmah - Tips Mencegah Kebocoran Atap Rumah

Apabila plafon di rumah Anda mengalami kebocoran, entah bocor berat maupun kecil, segera tandai bocor tersebut. Jangan sampai ada lokasi bocor yang terlewat. Apabila hujan sudah berhenti, segera temukan penyebab kebocoran dan betulkan. Jangan lupa untuk membersihkan plafon yang terkena rembesan air hujan. Jika tidak ada kemungkinan air tersebut akan membuat plafon menjadi lembab dan berjamur. Anda akan membutuhkan solusi tepat untuk mengatasi plafon berjamur.

Menggunakan plafon yang tepat

Plafon Anti Air, Cek 5 Bahan Ini! | Kanggo Apps - #TukangReadyToGo

Dalam pemasangan plafon, Anda sebaiknya mengenali jenis plafon yang Anda gunakan. Kelebihan dan kekurangannya, apakah plafon tersebut tahan air atau tidak. Hal ini dilakukan supaya Anda dapat mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi kebocoran plafon jika sewaktu-waktu terjadi. Selain itu apabila Anda menggunakan plafon yang tidak tahan terhadap air, maka proses perbaikkannya akan lebih sulit dan dapat memakan uang jika dibandingkan dengan plafon yang memang di desain tahan air.

BACA JUGA  5 Cara Menambahkan Interior Rumah Motif Catur yang Effortless

Mengatasi kebocoran pada plafon beratap dak

Mengenali 6 Cara Mengatasi Plafon Bocor pada Rumah - RumahLia.com

Perbaikan plafon juga sebenarnya mengacu pada jenis atap yang digunakan. Apakah atap dengan rangka atap hanya atap flat berupa dak beton. Sebab penangan kebocoran pada kedua jenis atap ini berbeda. Jika rumah Anda menggunakan atap plat beton, sebelum memperbaiki kebocoran hal yang umumnya dilakukan adalah dengan mengisi air pada bagian atap. Tunggu selama 24 jam dan lihat hasilnya. Apakah air tersebut berkurang volumenya atau tetap. Jika berkurang maka segera tambal atap tersebut. Jika tidak surut, berarti kebocorannya sangat kecil.

Mengatasi kebocoran pada plafon dengan rangka atap

Mengatasi Rumah Bocor

Untuk mengatasi kebocoran pada plafon beratap yang menggunakan jenis kayu konstruksi, biasanya dilakukan dengan cara mengecek pada bagian atap tersebut. Apakah ada genteng yang rusak dan bolong atau sebagainya. Untuk mengatasi kebocoran kembali terjadi, solusinya dapat diatasi dengan memasang pelindung tambahan seperti lapisan plastik tebal dan juga triplek.

Mengatasi plafon yang bocor sebenarnya dilakukan dengan cara menemukan akar kebocoran tersebut. Apakah penyebab yang mendasari plafon bisa bocor, apakah faktor atap, rangka konstruksi atau pun dari jenis plafon yang digunakan di dalam rumah. Demikianlah beberapa tips dan trik yang dapat Anda lakukan sebagai cara mengatasi plafon bocor. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624