Alternatif Pengganti Cat Dinding

Pengganti Cat Dinding –  Terkadang dinding hanya dicat dengan satu warna dan terlihat terlalu monoton dan membosankan. Namun, mengecat ulang dinding bukanlah jalan satu-satunya untuk mengubah tampilan ruangan di tempat tinggalmu. Apalagi jika anda tinggal di kos, pasti ada larangan untuk mengecat ulang dinding kos. Banyak cara untuk mengubah tampilan kamar ataupun ruangan anda agar anda tidak monoton dan tidak bosan melihat cat itu-itu saja.

 

Alternatif Pengganti Cat Dinding

 

1. Pasang Wallpaper Sebagian

Wallpaper berbingkai hiasan dinding

Menutup keseluruhan dinding dengan wallpaper terkadang bisa membuat ruangan terasa sumpek dan penuh. Ada beberapa trik yang bisa kamu terapkan jika ingin menggunakan wallpapersebagai hiasan dinding.

Pertama, kamu bisa memasangnya pada salah satu sisi dinding saja, pilihlah motif yang senada dengan warna cat dinding. Kedua, wallpaper bisa kamu bingkai ke dalam beberapa frame dan kamu jadikan hiasan dinding. Tempatkan hiasan dinding dari wallpaperini sebagai focal point ruangan.

 

2. Semakin Nyata dengan Mural Tempel

Mural tempel hiasan dinding

Mural memang bisa membuat dinding tampil lebih atraktif. Ruangan pun terasa lebih hidup dengan adanya hiasan dinding ini. Namun, membuat gambar mural jelas nggak mudah karena setidaknya kamu harus sedikit terampil dalam melukis untuk mendapatkan hasil yang baik. Sekalipun menggunakan jasa pemural profesional pastinya biayanya sangat mahal.

Sekarang ini, sudah ada mural-mural yang siap tempel, seperti mural sticker ataupun terbuat dari vinyl. Mural-mural ini begitu praktis digunakan dan pastinya hasil yang ditampilkannya begitu nyata.

 

3. Kesan Industrialis dengan Dinding Ekspos

Hiasan Dinding Material Ekspos

Ingin menghadirkan kesan industrialis ke dalam ruangan? Coba biarkan dinding tampil polos tanpa cat untuk memperlihatkan efek unfinished look. Cara lain yang lebih ekstrim yang bisa kamu terapkan adalah dengan membiarkan batu bata ekspos yang menyusun tembok tampil terbuka. Biarkan material-material ini terekspos agar kesan industrialis terasa semakin kuat.

 

4. Padukan Dua Material Berbeda

Perpaduan material sebagai hiasan dinding

Nggak hanya pernik dekorasi yang bisa kamu gunakan untuk menghias dinding. Jika kamu ingin sedikit berkeksperimen, perpaduan material juga bisa kamu terapkan pada dinding ruangan. Seperti halnya bata ekspos dan kayu yang dipasang bersamaan pada dinding dapur ini.

Kedua material dinding juga membaur dengan beberapa material lainnya, seperti stainless steel dan kaca yang dipasang pada backsplash dapur dan island bar, guna melengkapi permainan material yang ditampilkan.

 

5. Permainan Tekstur di Dinding

Hiasan dinding

Untuk dinding ruangan yang dicat dengan warna cerah, sebenarnya kamu hanya perlu menambahkan beberapa pernik dekorasi saja untuk membuatnya tampil lebih menarik. Dalam memilih pernik dekorasi sesuaikan dengan konsep yang ingin ditampilkan.

Pada dinding berwarna lavender ini misalnya, kesan manis dibuat lebih meriah dengan memasang dekorasi bertekstur bulu. Cocok untuk menghadirkan welcome gesture yang menyenangkan di interior ruang tamu.

 

6. Wall Art Buatan Sendiri

DIY wall art hiasan dinding

Jika ingin ruangan terasa lebih personal, kamu bisa menghias area dinding dengan menggunakan barang buatan kamu sendiri. Salah satu pernik dekorasi yang bisa kamu buat adalah wall art.

Nggak perlu jago melukis untuk bisa membuat wall art atau sign, tampilan yang simpel namun eksperimental justru membuat hiasan dinding ini semakin terlihat unik. Buatlah pola-pola geometris sederhana dan warnai dengan kombinasi warna yang dinamis.