Ajaib! Ternyata Ini Dia Manfaat Nat Lantai

Terungkap Tips Agar Nat Terisi Tanpa Celah, Jangan Asal Gunakan Komposisi!  - Semua Halaman - iDEA

Jasa Arsitek JogjaAjaib Ternyata Ini Dia Manfaat Nat Lantai. Nat atau grout adalah campuran yang digunakan sebagai pengisi celah atau sambungan di antara ubin keramik yang sudah dipasang. Pengisian nat biasanya dilakukan setelah seluruh keramik sudah terpasang, sehingga menjadi langkah terakhir dari pemasangan keramik di dinding atau lantai. Bahan yang biasanya terdiri dari semen, batu kapur, pigmen warna, dan pasir yang dicampur air. Manfaat utama nat adalah untuk mengisi celah di antara ubin keramik. Selain itum nat juga punya banyak manfaat lain. Yuk simak penjelasan lengkapnya.

 

 

 

Manfaat Nat Lantai

Mengenal 5 Fungsi Nat Keramik dan Tips Mengaplikasikannya pada Hunian

1. Menambah estetika keramik

Penggunaan nat keramik dapat memberikan nilai keindahan tersendiri. Perlu kamu ketahui bahwa nat tidak hanya hadir dalam warna basic seperti putih atau abu-abu. Ada juga nat dengan isi mortar instan berwarna lain. Anda pun bisa memilih nat dalam warna yang sesuai dengan keramik.

2. Mencegah rembesnya air

Dapat juga berfungsi sebagai waterproofing khususnya di area atau ruangan yang basah seperti kamar mandi dan dapur.

3. Mencegah serangga masuk

Nat dapat mengoptimalkan perekat keramik untuk mencegah masuknya serangga ke rumah, karena jika tidak menggunakan nat maka akan ada celah-celah kecil antar keramik yang akan digunakan sebagai alas rumah.

Teknik memasang nat keramik

Teknik Memasang Nat Keramik

Agar fungsi nat pada keramik bisa optimal, pemasangannya pun harus tepat agar keramik tidak mudah lepas. Secara umum, ada tiga jenis cara menggunakan nat pada keramik yang bisa Anda terapkan, yaitu:

1. Open joint

Pemasangan keramik dengan ukuran nat melebihi 3 mm, biasanya diterapkan pada lantai dua agar lantai keramik tidak mudah memuai.

BACA JUGA  Cara Membuat Meja Dapur Granit Sendiri

2. Closed joint

Pemasangan keramik dengan ukuran nat tidak lebih dari 3 mm, biasanya diterapkan untuk pemasangan keramik pada dinding atau lantai yang tingkat porositasnya cenderung rendah.

3. Expansion joint

Pemasangan keramik dengan menyambungkan nat untuk mengantisipasi terjadinya pergeseran struktur yang berpotensi mengakibatkan lantai menggelembung.

Tips memasang nat keramik

Tak Perlu Tukang, Ini Cara Mencegah dan Memperbaiki Nat Keramik yang Rusak!

Dalam pemasangan nat pada keramik, ada sejumlah tips yang sebaiknya Anda perhatikan agar nantinya nat dapat berfungsi secara optimal. Berikut beberapa tipsnya:

1. Perhitungkan jarak antar keramik

Perhatikan celah atau ruang antara keramik karena dapat berpengaruh pada kekuatan nat itu sendiri.

2. Pertimbangkan pengisian nat

Pada pengisian nat untuk lantai, misalnya, Anda dianjurkan memasang nat dengan ketebalan sekitar 3 mm. Sedangkan pada dinding, ketebalan nat sekitar 5 mm. Perbedaan ketebalan nat ini dapat berpengaruh pada proses pembersihan keramik.

3. Tunggu kering dan bersihkan

Setelah memasang nat, tunggu beberapa saat hingga nat mengering sebelum Anda membersihkan permukaan keramik. Bersihkan sisa nat pada keramik dengan mengelapnya sebanyak dua hingga tiga kali menggunakan kain lap bersih.

Manfaat nat pada keramik ternyata lebih dari sekadar perekat pada lantai atau dinding. Agar nat bisa awet, pastikan saja Anda menggunakan nat dengan kualitas baik.

Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat ya, simak terus inspirasi seputar desain dan konstruksi di Jasa Arsitek Jogja.

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624