9 Cara Mengumpulkan Uang untuk Membangun Rumah

Arsitek Indo Kontraktor | Jasa Arsitek dan Kontraktor – Menabung untuk membeli rumah sendiri tentu menjadi keinginan banyak orang, terlebih bagi yang mulai membangun keluarga. Untuk itu, ada beberapa tips menabung yang bisa diikuti agar keinginan Anda bisa segera diwujudkan. Selain penting sebagai sarana tempat tinggal, sebenarnya rumah merupakan bentuk investasi yang cukup menjanjikan. Hanya saja banyak orang yang terlalu menganggap serius hal ini lantaran fokus pada fungsi utamanya sebagai media berkumpulnya keluarga. Nah, sebagian kecil orang-orang yang menyadari rumah memiliki fungsi lain sebagai sarana investasi mulai mencari cara bagaimana merencanakan dan membangunnya. Simak yuk 9 Cara Mengumpulkan Uang untuk Membangun Rumah

1. Menabung

Langkah pertama untuk mewujudkan mimpi memiliki rumah adalah menabung. Secara konsep menabung bertujuan untuk menyisihkan penghasilan atau gaji di setiap bulan. Supaya lebih kongret, ikuti kiat berikut ketika mulai menabung.

Pertama, sisihkan uang yang hendak di tabung pada awal bulan, alokasikan jumlahnya. Hindari menabung sisa gajian pada akhir bulan.

Kedua, buat rincian pengeluaran dalam satu bulan penuh. Tulis rincian tersebut dan patuhi.

Ketiga, miliki dua rekening berbeda. Pakai rekening pertama untuk akses belanja kebutuhan sehari-hari, dan… Rekening kedua sebagai tempat menyimpan uang tabungan.

2. Investasi

Cara mengumpulkan uang untuk membangun rumah yang kedua ialah investasi. Ada banyak instrumen investasi yang bisa kamu pakai. Jika kamu baru terjun ke dunia investasi, ada dua instrumen investasi yang dapat kami pilih. Yaitu investasi emas dan reksadana. Keduanya minim risiko dan mudah dipelajari. Namun begitu, sebelum benar mencoba investasi kamu wajib riset atau bertanya kepada ahlinya.

investasi

3. Simpan Uang THR

Membeli rumah atau menabung untuk DP membutuhkan waktu yang tak sebentar. Makanya, menyimpan uang THR walau satu tahun satu kali dapat jadi opsi tepat. Tahan keinginan membelanjakan uang THR. Simpan untuk mewujudkan memiliki hunian impianmu.

BACA JUGA  Bentuk L, Buat Desain Interior Dapur Anda Minimalis dan Elegan

4. Tekan Gaya Hidup

Niat besar harus dibarengi oleh langkah yang besar pula. Salah satunya dengan menekan gaya hidup. Jika biasanya kamu sering membeli sepatu atau pakaian mahal setiap bulan. Untuk sekarang lebih baik tinggalkan kebiasaan tersebut. Gaya hidup yang terlampau glamour akan menyulitkan kamu dalam menyimpan uang. Boleh saja mengeluarkan uang untuk keperluan hobi, tetapi pintarlah dalam memilah mana yang dibutuhkan atau diinginkan.

gaya hidup

5. Miliki Pekerjaan Sampingan

Membangun sebuah rumah perlu biaya yang besar. Maka dari itu, perlu membutuhkan waktu dan tenaga yang besar pula. Jika kamu mempunyai waktu lebih untuk pekerjaan sampingan, coba manfaatkan. Uang dari pekerjaan sampingan walau tak besar, tetapi sedikitnya mampu menambah pundi-pundi tabungan.

6. Hindari Mempunyai Hutang

Agar niat mempunyai rumah berjalan mulus, kamu perlu menghindari hutang dalam bentuk apapun. Hutang akan menghambat proses menabung setiap bulannya, sehingga wajib kamu hindari, ya!

7. Pasang Target yang Jelas

Agar setiap langkahmu pasti, pasang target yang jelas. Buat pertanyaan agar memunculkan target-target tersebut, di antaranya:

  • Berapa jumlah uang yang akan dikumpulkan?
  • Berapa target tabungan setiap bulannya?
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan?
  • Serta, di mana lokasi rumah yang tengah kamu incar?

Semuanya harus terjawab guna memunculkan target yang jelas.

beli rumah

8. Barengi dengan Komitmen Tingkat Tinggi

Mengumpulkan tabungan atau uang untuk membangun rumah membutuhakn waktu yang tidak sebentar. Mungkin dapat bertahun-tahun.

Maka dari itu, perlu dibarengi oleh komitmen tingkat tinggi agar semangat tidak kendor dan patah arang di tengah perjalanan. Selain komitmen, kamu juga perlu sabar. Cari dukungan moral biar api gairah mimpimu terus membara, bisa dari pasangan, teman terdekat atau keluarga.

9. Fleksibel

Jika di tengah perjalanan menabung ada kejadian luar biasa yang membutuhkan dana besar, tak apa, pakai saja dana tabungan. Apalagi jika berkaitan dengan kesehatan. Bersikaplah fleksibel, tapi untuk hal-hal yang sifatnya darurat, ya.

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624