8 Panduan Feng Shui Untuk Ruang Tamu

Arsitek indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Feng shui merupakan ilmu topografi kuno Tiongkok yang mempercayai bahwa suasana seimbang dalam ruangan akan menciptakan energi positif. Diterjemahkan secara harfiah, feng shui berarti ‘air angin.’ Angin menyebarkan energi dan air menahan energi. ” Priya Sher, ahli Feng Shui dan pembawa acara Nectar Life Hacks, menjelaskan prinsipnya adalah menjaga agar kita hidup selaras dengan lingkungan. Tujuannya adalah untuk mencapai keseimbangan dalam hidup. Berikut ini energi positif dengan 8 panduan feng shui ruang tamu ini.

Tips Feng Shui dalam Menata Ruang Tamu

feng shui ruang tamu

Dengan ilmu feng shui, dekorasi ruang tamu akan memancarkan energi positif terhadap sang pemilik ataupun tamu. Siapa, sih, yang nggak mau?

Nah, sebagai panduannya, yuk, simak 8 tips feng shui untuk ruang tamu berikut!

1. Pentingnya pencahayaan untuk energi

feng shui dekorasi ruang tamu - pentingnya pencahayaan ruang tamu

Pengaturan pencahayaan di ruang tamu tak boleh disepelekan, nih, menurut feng shui. Selain dari lampu ruang, pencahayaan alami yang masuk ke ruang tamu juga harus diperhatikan.

Tentunya ruang tamu yang baik adalah yang memiliki ventilasi dan jendela yang cukup. Namun, jangan sampai jendelamu terlalu berlebihan atau ada lebih dari 2 pintu menuju ruang tamu.

Mengapa begitu? Menurut feng shui, tuh, hal ini akan menciptakan arus chi yang tak beraturan. Bukannya membawa keberuntungan, ya, energi chi dari cahaya yang berlebihan malah bekerja sebaliknya.

2. Maksimalkan penggunaan jendela dan pintu

feng shui dekorasi ruang tamu - penggunaan jendela dan pintu di siang hari

Menurut feng shui pintu dan jendela yang terbuka di pagi hari akan mendatangkan rezeki. Pasalnya, nih, udara pagi hari memiliki sifat yang (positif) dan kaya akan energi chi.

Nah, oleh karena itu jangan lupa untuk membukanya setiap pagi, ya! Biarkanlah matahari dan udara masuk bebas paling tidak 30 menit setiap harinnya.

BACA JUGA  Tips Menata Dapur Mungil agar Tampak Rapi dan Berfungsi Baik

3. Optimalkan lampu di malam hari

feng shui dekorasi ruang tamu - optimalkan penggunaan lampu ruang tamu

Nah, tips feng shui yang satu ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya, nih. Jika sebelumnya udara pagi memiliki sifat yang, sebaliknya dengan udara malam yang bersifat yin (negatif).

Oleh karena itu, sebaiknya kita tak membuka jendela atau pintu terlalu lama di malam hari. Sebagai penggantinya, optimalkanlah penggunaan lampu di ruang tamu saat malam hari.

4. Perhatikan dan optimalkan ‘sisi emas’ ruang tamu

feng shui untuk ruang tamu - perhatikan sisi emas ruang tamu

Ruang tamu memiliki sisi ’emas’ yang berada di seberang diagonal dari pintu masuk. Jadi, kalau pintu masuknya ada di kanan, maka sisi emasnya berada pada bagian kiri dinding di seberangnya.

Lantas, bagaimana kalau pintu masuknya di tengah? Nah, kalau begini berarti sisi emasnya ada di kiri dan kanan dinding yang berseberangan dengan pintu masuk. Paham nggak, nih?

Lantas, apa yang harus kita lakukan dengan sisi ’emas’ ruang tamu itu? Yuk, lanjut baca poin tips selanjutnya!

5. Hias dengan lukisan cantik

Sekarang sudah tahu, kan, sisi emas ruang tamu rumahmu? Nah, sekarang kita tinggal hias dinding itu dengan lukisan cantik yang bisa memancarkan energi positif.

Bukan sembarang lukisan, lho! Menurut feng shui, alangkah baiknya jika memajang lukisan yang memiliki unsur kemakmuran, keberuntungan, dan harapan.

Misalnya seperti lukisan kuda lari, pemandangan gunung dengan sawah, atau 9 ikan koi. Pasti kamu pernah lihat, kan, lukisan-lukisan seperti ini?

6. Tambahkan dekorasi patung dan guci

feng shui dekorasi ruang tamu - tambahkan patung dan guci di ruang tamu

Jika ruang tamu rumahmu masih memiliki sisa ruang yang cukup, letakkanlah pajangan berupa guci dan patung. Keduanya memiliki lambang kemakmuran, lho, menurut ilmu feng shui!

Guci dengan bentuk angka 8 akan berdampak baik pada rezeki, sementara batu kristal mampu menangkal energi negatif. Kamu juga bisa pilih pohon jeruk yang merupakan simbol dari kebaikan dan kemakmuran.

BACA JUGA  Model Kaca Jendela Rumah Masa Kini Unik dan Estetik

7. Pemilihan sofa dan meja

feng shui dekorasi ruang tamu - pemilihan kursi dan meja

Pemilihan furnitur juga bisa memengaruhi sifat feng shui, lho, dalam ruang tamu. Jika memungkinkan, lengkapilah ruang tamu dengan sofa yang empuk dan single chair (kursi untuk satu orang).

Selain itu letakkanlah meja ruang tamu berbentuk persegi panjang atau persegi. Menurut feng shui, meja ruang tamu yang demikian memancarkan energi chi dan bersifat hoki.

8. Jangan ragu beri sentuhan pribadi

feng shui dekorasi ruang tamu

Memperhatikan dekorasi ruang tamu menurut ilmu feng shui memang baik. Namun, jangan sampai hal ini membuatmu jadi ragu untuk mendekorasi ruang tamu sesuai kepribadianmu, dong.

Nggak perlu ragu untuk memberikan sentuhan ornamen yang mencerminkan karaktermu. Lagipula, prinsip feng shui sebenarnya adalah mengenai penempatan dan bentuk.

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624