8 Jenis Genteng Metal Atap Rumah Minimalis Yang Kekinian

Arsitek Indo Kontraktor | Jasa Arsitek dan Kontraktor- Atap merupakan salah satu bagian terpenting pada sebuah rumah dan memainkan peran yang penting dalam mempercantik tampilan eksterior hunian. Oleh karena itu, kualitas dan kekuatan genteng harus diperhatikan. Kini, popularitas genteng metal makin melunk karena keunggulannya, seperti tahan lama, ringan, dan tahan gempa. Genteng metal sendiri banyak jenisnya, lho. Apa saja? Yuk, baca sampai habis 8 Jenis Genteng Metal Penghias Atap Rumah Minimalis Yang Kekinian

Jenis-jenis Genteng Metal

1. Genteng Metal Standing Steam

jenis genteng metal

Jenis genteng metal yang satu ini lebih populer di kalangan rumah-rumah komersil. Tampilannya sangat modern berkat garis-garis lurus yang berjejeran sebagai permukaan, serta warna metaliknya yang terlihat mengkilap dan mulus. Genteng metal standing steam menggunakan sistem interlock, yaitu pembangunan rangka atap yang menyatu langsung dengan genteng, sehingga apabila gempa atau terkena guncangan, genteng ini tidak akan lepas atau bergerak sedikitpun.

2. Genteng Metal Stainless Steel

jenis genteng metal

Genteng metal stainless steel memiliki beban yang lebih berat dari metal standing steam. Bahannya terbuat dari material ultra-permanen yang sempurna sehingga disebut-sebut sebagai atap yang menawarkan proteksi paling maksimal. Jenis genteng metal satu ini bisa kamu temukan di mana saja, terutama pada bangunan-bangunan besar seperti hotel, pabrik, atau stadium sepak bola. Tidak hanya itu, karena ketebalannya, genteng satu ini sangat cocok dipasang pada rumah-rumah yang berada di wilayah bersuhu ekstrem.

3. Genteng Metal Galvalume Steel

jenis genteng metal

Walaupun sama-sama terbuat dari besi metal, genteng galvalume steel dilapisi lagi dengan lapisan alumunium dan seng sehingga lebih kuat dan tebal. Gentengnya terlihat seperti lembaran seng yang ditanam pada balok gording rangka atau direkatkan menggunakan skrup. Selain tebal dan kuat, jenis genteng metal galvalume steel menjadi pilihan banyak warga karena keunggulannya yang tidak cepat berkarat. Jangan khawatir susah memasang genteng ini. Meskipun tebal, lempengan genteng galvalume steel ringan, lentur, dan mudah dipasangkan sehingga proses pemasangannya tidak memakan waktu yang lama.

BACA JUGA  Kelebihan Lantai Rumah Granit

4. Genteng Metal Tembaga

jenis genteng metal

Genteng metal tembaga juga tidak kalah unggulnya! Tampilannya mirip seperti genteng beton ini merupakan pilihan yang tepat untuk orang-orang yang ingin merias fasad rumah karena atapnya yang bisa dibentuk sesuai dengan keinginan kita. Permukaan genteng metal tembaga macam-macam, mulai dari pola garis-garis sampai yang berbentuk sisik ikan. Bangunan yang biasanya menerapkan jenis genteng metal ini adalah kubah masjid, gereja, sampai museum besar. Daya tahannya kuat dibilang bisa mencapai 100 tahun!

5. Genteng Metal Berpasir

jenis genteng metal

Jenis genteng metal berikutnya merupakan sebuah penemuan baru di jejeran desain dan material atap rumah. Genteng ini terbuat dari lapisan serbuk batuan yang dicmapurkan dengan bahan dasar zincalume, coraltex, dan zinc phospat. Ukuran genteng metal berpasir beragam, mulai dari ketebalan 0,2 mm sampai 0,4 mm. Beberapa keunggulan genteng metal berpasir adalah anti gores, anti pecah, tahan bentur dan goncangan, serta dapat meredam panas.

6. Genteng Metal Spandek

jenis genteng metal

Genteng metal spandek terbuat dari galvalume atau zincalume, yang mana merupakan campuran dari alumunium dan seng. Namun, ada beberapa genteng metal spandek yang ditambahkan bahan silikon agar atap lebih lentur dan tidak mudah bobrok dan biasanya jenis yang satu ini lebih mahal dan lebih membutuhkan waktu yang lama untuk dipasang. Perbandingan komponen yang terdapat pada genteng spandek biasanya adalah 55% alumunium, 43% seng, dan 1,5% silikon. Genteng metal spandek biasanya dipasang di mall-mall besar, pabrik, ruko, atau gudang. Permukaannya bergelombang, sebuah keuntungan karena akan lebih mudah di cat.

7. Genteng Metal Millenium

jenis genteng metal

Sama seperti genteng metal berpasir, genteng metal millenium juga merupakan terobosan terbaru di kalangan model atap rumah. Genteng metal millenium bisa dibilang paling cocok untuk rumah minimalis karena tampilannya yang stylish, metalik, dan futuristik. Materialnya terbuat dari bahan stainless steel kelas ASTMA 240 dan dilengkapi dengan sistem interlock. Beratnya ringan namun bahannya merupakan salah satu material yang terkuat untuk dijadikan atap rumah dan bisa di daur ulang.

BACA JUGA  Simak Cara Mengatasi Tembok Rembes

8. Genteng Metal Multiroof

jenis genteng metal

Genteng metal multiroof adalah genteng yang terbuat dari baja berlapis alumunium dan zinc, dua bahan yang terkenal dapat melindungi genteng dari karat.Permukaanya terlihat sederhana, terbuat dari dua lapisan genteng yang saling mengunci sehingga cocok untuk rumah-rumah minimalis. Keunggulan gentel metal satu ini adalah permukaannya yang dicat menggunakan teknologi terbaru sehingga tidak mudah mengelupas dalam jangka berpuluh-puluh tahun.

Semoga ulasan mengenai 8 Jenis Genteng Metal Penghias Atap Rumah Minimalis Yang Kekinian dapat membantu kamu yaa!

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624