7 Trik Membuat Rumah Lebih Hijau dan Asri

Arsitek indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor –  Rumah adalah tempat yang penting untuk beristirahat, memiliki rumah yang nyaman dan segar tentu adalah impian dari sebagian besar orang. Rumah dengan nuansa hijau dengan konsep go green sepertinya sekarang juga sedang menjadi trend. Namun karena keterbatasan lahan kosong, sering membuat pemilik rumah kesulitan untuk mewujudkan rumah tersebut. Namun anda tidak perlu khawatir, karena kali ini kami akan memberikan beberapa tips  membuat rumah lebih hijau dan segar. Berikut ini 7 trik membuat rumah lebih hijau dan asri.

Cara-cara Mudah Menyulap Rumahmu agar Lebih Hijau

Kita sendiri bisa ikut merayakan Hari Bumi ini dengan menambahkan dekorasi tanaman di rumah agar terlihat lebih cantik dan asri. Membuat rumah lebih hijau memiliki banyak manfaat, lho! Utamanya, sih, sirkulasi udara bisa lebih baik dan perasaanmu juga akan makin senang.

1. Manfaatkan daerah sekitar jendela

African Violets: How to Achieve Constant Bloom | Plants, Indoor ...

Beli tanaman-tanaman kecil lewat toko online atau toko tanaman. Kemudian gunakan rak-rak kecil untuk tanaman dan letakkan di dekat jendela. Kamu juga bisa memakai rak biasa maupun menggunakan bangku dan meja. Yap, nggak perlu beli!

Jendela adalah tempat paling tepat untuk meletakkan aksesori karena memancarkan cahaya alami yang natural. Biasanya, sih, daerah jendela juga lupa dimanfaatkan jadi kamu letakkan saja tanaman-tanaman kecil di dekat jendela.

2. Pakai rak biasa atau rak gantung

Memanfaatkan rak foto maupun buku yang ada di rumah dan sudah tidak digunakan lagi adalah beberapa cara mudah untuk meletakkan tanamanmu. Banyak keluarga di rumah memiliki berbagai rak untuk pajangan maupun buku, namun tidak pernah dipakai secar optimal. Kenapa tidak dimanfaatkan untuk meletakkan tanaman hias?

BACA JUGA  7 Desain Ruang Keluarga Multifungsi

Belilah juga rak-rak gantung dan pasang sendiri di dinding rumah atau kamar bagian atas. Dengan memiliki rak gantung, tuh, kamu bisa membuat ‘bingkai’ tanaman di dalam ruangan yang sangat Instagramable.

3. Membuat taman vertikal

Amazon.com: Meiwo 7 Pocket Hanging Vertical Garden Wall Planter ...

Taman sukulen vertikal sangatlah populer belakangan. Hal ini cocok untuk orang-orang yang mau menambahkan seni dan tanaman di rumah tanpa mengambil area lantai atau rak-rak yang sudah ada.

Rukita pernah membahas mengenai tips memiliki taman vertikal. Membuat taman vertikal memang membutuhkan waktu, tenaga dan uang, tetapi bisa kamu jadikan hobi baru. Lumayan, kan, sambil mengisi waktu luang di rumah?

Kamu bisa membentuk taman dinding ini sesuai kemauanmu. Namun kalau taman dinding terlalu sulit, sih, ikuti berbagai cara pembuatan taman vertikal Rukita saja di sini.

4. Gantungan gorden dan cantolan baju juga bisa dipakai!

Clothes rack as flower basket and room divider in the living room ...

Mau memiliki tanaman gantung, tapi bingung mau ditaruh mana? Rukita punya berbagai DIY pembuatan hanging planter, lho. Untuk menggantungnya, nih, kamu bisa memanfaatkan gantungan korden dan cantolan baju.

Menggantung tanaman di gantungan baju itu inovatif dan sangat hemat tempat, lho! Terutama untuk menambahkan tanaman di rumah bagi pemula. Kamu tinggal pasang saja gantungan baju di dekat pintu ruang tamu, di ruang keluarga, maupun di kamar tidur.

Gantungan gorden bisa juga kamu manfaatkan untuk menempatkan tanaman gantung, terutama di dekat jendela. Jendela memberikan sinar cahaya matahari alami sehingga lokasi ini tepat bagi tanaman yang butuh cahaya.

Selain itu tiang gorden biasanya kuat sekali sehingga bisa mencantolkan berbagai macam berat pot tanaman gantung.

Laman: 1 2