7 Kekurangan dan Kelebihan Kamar Mandi Dalam yang Harus Kamu Tahu

Arsitek indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor –   Sekarang ini, tuh, keberadaan kamar mandi dalam kamar tidur sudah menjadi hal yang biasa. Hampir sebagian besar rumah baru memiliki kamar mandi yang menyatu dengan kamar tidur demi mempermudah aktivitas sehari-hari. Hal ini sangat berbeda dari gaya hidup dan pakem dunia arsitektur dulu. Dulu, desain kamar mandi selalu terpisah dari bangunan utama. Hanya saja, nih, dengan kondisi lahan yang semakin sempit akhirnya kamar mandi dibuat menyatu dengan kamar tidur. Keuntungannya tentu sajahunian menjadi efektif dan fungsional. Berikut ini 7 kekurangan dan kelebihan kamar mandi dalam yang harus kamu tahu.

1.  Mempermudah hidup

Mengintip Desain Kamar Mandi yang Cocok untuk Rumah Minimalis Anda - ARSITAG

Memiliki kamar mandi di dalam kamar tidur kamu jelas-jelas akan membuat hidup kamu terasa lebih mudah. Kamu akan mendapatkan privasi, akses yang mudah ke kamar mandi, serta dapat menggunakannya sepuasnya dengan aman dan nyaman.

Bayangkan suatu skenario di mana kamu membutuhkan kamar mandi di malam hari. Dengan kamar mandi yang menyatu dengan kamar tidur, tuh, kamu nggak perlu berjalan di lorong gelap di malam hari. Kamu juga meminimalisasi kemungkinan membangunkan orang lain, deh.

2.  Bersiap-siap di pagi hari tidak merepotkan

Light brown colored wall tiles and floor finishes are matched by the horizontal textured b… | Modern bathroom remodel, Bathroom design small, Bathroom design luxury

Bangun pagi dan bersiap-siap tidak akan lagi terasa menyulitkan apabila kamar mandi kamu berlokasi satu ruangan dengan kamar tidurmu.

Kamu nggak perlu repot berjalan dari ruang tamu ke kamar kamu dengan rambut basah dan handuk dililit di badanmu hanya untuk berganti pakaian.

3.  Mudah diakses

100+ Great Minimalist Modern Bathroom Ideas (80) - Home of Pondo - Home Design

Sedang mengalami gangguan perut yang membuat kamu tidak bisa jauh dari toilet? Nggak perlu bolak-balik ke kamar mandi yang terletak jauh dari kamar, tuh. Kamu bisa mencapai kamar mandi hanya dalam hitungan langkah.

BACA JUGA  Desain Rumah Peminat Banyak

4. Privasi terjaga

Minimalist Modern Bathroom Ideas – DECOREDO

Malas berbagi tips kulit awet muda kamu ke orang lain? Nggak perlu khawatir, kami nggak judging, kok.

Dengan kamar mandi yang berlokasi di dalam kamar tidur, kamu bisa menjaga skincare dan peralatan lain milik pribadi dari tamu kepo yang ingin menggunakan kamar mandi. Ya, kamu bisa mengarahkan mereka untuk menggunakan toilet lain yang tersedia di ruang tamu.

Setelah membahas segala keuntungan memiliki kamar mandi yang menyatu dengan kamar tidur, yuk, saatnya mengetahui kekurangannya seperti berikut ini…

5.  Bisa membuat kamar tidur bau

18 Desain Kamar Mandi Kecil Minimalis

Apabila kamar mandi diposisikan di dalam kamar tidur, nih, bisa-bisa bau tidak sedap dari kamar mandi merambat ke kamar tidur kamu. Apalagi kalau saluran airmu sudah mengumpulkan banyak kotoran yang menumpuk dan belum kamu bersihkan.

Untuk menyiasatinya, sih, kamu bisa memasang pintu yang rapat seperti pintu berbahan kayu plus memasang exhaust fan untuk mengisap udara tidak segar di kamar mandi.

6. Membuat kelembapan yang tinggi dalam ruangan

Cara Bikin Kamar Mandi Kecil Tampil Ciamik

Kalau menggunakan kamar mandi dengan tempat penyimpanan air, kemungkinan besar kamu akan membuat ruanganmu terasa lembap. Kondisi lembap ini bukan hanya akan memengaruhi kamar mandimu, tapi juga memengaruhi kamar tidur kamu.

Ketika kamar tidurmu memiliki kondisi lembap, nih, akan ada gangguan yang kamu alami seperti cat dinding mengelupas, kamar jadi terasa dingin, dan banyak hal lainnya yang tidak kalah mengganggu.

Agar hal ini tidak terjadi, ya, kamu bisa memilih untuk menggunakan kamar mandi kering agar keadaan kamar mandimu tidak memengaruhi kelembapan di kamar tidur.

7. Kamar mandi identik dengan ‘kotor’

6 Keuntungan Kamar Mandi Kering yang Perlu Anda Ketahui

Dari sudut pandang Feng shui, kamar mandi dipengaruhi oleh energi negatif yang seharusnya diposisikan di area yang dianggap jelek di suatu tempat tinggal. Selain itu menurut kepercayaan Jawa, tuh, kamar mandi dianggap berhubungan dengan hal-hal kotor.

BACA JUGA  Rumah Anda Silau?

Namun, dari sudut pandang arsitektur, hal-hal ini bisa disiasati agar dapat melakukan penyesuaian yang membuat penghuni tetap betah dan nyaman.

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624