7 Desain Ruang Keluarga Multifungsi

Tips Interior – Ruangan terfavorit di rumah selain kamar adalah ruang keluarga. ruangan ini menjadi tempat untuk berkumpul dan bersantai anggota keluarga. Sehingga penataannya pun harus diperhatikan agar anggota keluarga merasa nyaman  dan betah. Berbagai macam model ruang keluarga pun bisa dibuat terpisah atau digabungkan dengan ruangan lainnya. Sebagai referensi anda berikut 7 desain ruang keluarga yang multifungsi :

 

1. Desain Ruang Keluarga Menyatu dengan Ruang Tamu

Desain Ruang Keluarga Menyatu dengan Ruang Tamu

Inilah jadinya apabila desain interior ruang tamu dan keluarga dibuat menyatu sekaligus atau di gabung jadi satu ruangan. Model ruang tamu sekaligus ruang keluarga ini dalam bentuk lebih minimalis dibuat tanpa penyekat lemari pembatas sebagai sekat kedua ruang tersebut dalam rumah.

Ruang keluarga dan ruang tamu memiliki fungsi yang berbeda. Satu digunakan sebagai tempat berkumpul dan bercengkrama bersama keluarga satu lagi digunakan untuk menemui tamu yang datang ke rumah.

Jika lahan rumah anda kurang mencukupi untuk membangun kedua ruang ini maka anda dapat menyatukan keduanya sehingga satu ruangan memiliki 2 fungsi. Apalagi jika dilihat dari segi furnitur yang diperlukan oleh kedua ruangan ini kurang lebih sama.

Susunan sofa, beberapa kursi, dan meja dapat digunakan untuk menerima tamu sekaligus berkumpul dan bersantai bersama keluarga. Anda dan keluarga juga dapat duduk santai di karpet sambil menonton televisi.

2. Desain Interior Ruang Keluarga Menyatu dengan Dapur

Desain Interior Ruang Keluarga Menyatu dengan Dapur

Rumah yang tidak terlalu luas dapat disiasati dengan menyatukan beberapa ruang yang berbeda fungsi menjadi satu. Salah satunya yang sedang tren adalah menyatukan desain interior ruang keluarga dengan dapur. Model ini memungkinkan juga ruang makan di dapur di gabung jadi satu dengan ruang keluarga.

Contohnya pada gambar di atas dimana di satu sisi ada dapur beserta segala peralatannya sementara di sisi lain namun masih dalam satu ruangan ada sofa, meja, dan televisi sebagai tempat berkumpul bersama keluarga.

Dengan menyatukan ruang keluarga dan dapur akan semakin menambah keakraban dalam keluarga karena ibu atau saudara perempuan yang sedang sibuk di dapur bisa ikut berkumpul bersama anggota keluarga lain.

3. Desain Ruang Keluarga Menyatu dengan Ruang Makan

Desain Ruang Keluarga Menyatu dengan Ruang Makan

Selain dapur dan ruang tamu, ruang makan juga dapat dibuat menyatu dengan ruang keluarga sehingga area rumah bisa digunakan secara efektif tanpa perlu banyak penyekat ruangan, Apalagi desain interior ruang keluarga menyatu atau gabung dengan ruang makan yang biasanya ada di dapur, kedua ruangan sama-sama ruangan tempat berkumpul anggota keluarga sehingga tidak masalah jika disatukan.

Meskipun disatukan namun atmosfer kedua ruangan ini meski dijaga. Furnitur ruang makan harus berada di ruang makan begitu juga sebaliknya. Selain itu tempatkan furnitur-furnitur pada tempat yang tepat sehingga keseluruhan ruangan menjadi seimbang.

Lebih banyak ide dekorasi untuk ruang yang lain seperti kolam, kamar, dan teras. Berikut beberapa referensi dari kami :

4. Desain Ruang Keluarga di Bawah Tangga

Desain Ruang Keluarga di Bawah Tangga

Area di bawah tangga sering tidak digunakan secara maksimal atau dibiarkan kosong. Namun jika anda lebih kreatif sedikit maka ruang di bawah tangga ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal salah satunya membuat ruang keluarga.

Salah satu contohnya seperti pada gambar di atas desain ruang keluarga dibawah tangga. Pada bagian bawah tangga yang bentuknya miring dapat ditempatkan lemari yang berbentuk serupa untuk menaruh televisi, home theater, buku, atau koleksi kaset.

Di depannya dapat digelar karpet atau sofa untuk tempat duduk dan bersantai anggota keluarga. Untuk mempercantik tampilan ruang keluarga maka bagian dinding dekat tangga bisa didekorasi dengan berbagai warna atau motif menarik.

5. Desain Ruang Karaoke & Ruang Nonton Tv Keluarga

Desain Ruang Karaoke Ruang Nonton Tv Keluarga

Banyak cara untuk menghabiskan waktu bersama keluarga diantaranya mengobrol, menonton televisi, atau berkaraoke bersama. Oleh karena itu tidak jarang ruang keluarga dilengkapi dengan televisi dan alat karaoke sehingga waktu bersama keluarga bisa dihabiskan dengan cara yang menyenangkan. Seperti gambar di atas desain ruang karaoke  menyatu dengan interior ruang tv keluarga.

Ada juga orang yang sengaja membuat ruangan khusus untuk menonton televisi atau ruangan khusus untuk berkaraoke sehingga kegiatan tersebut bisa dilakukan secara maksimal. Salah satu hal penting dalam mendesain ruang nonton dan karaoke adalah sound system.

Sedapat mungkin gunakan sound system berkualitas dan tempatkan beberapa speaker di beberapa sudut sehingga suara tersebar maksimal. Selan itu sediakan juga karpet dan sofa sehingga anggota keluarga dapat duduk dan berkegiatan dengan nyaman.

6. Desain Ruang Santai Keluarga

Desain Ruang Santai Keluarga

Lelah dengan aktivitas seharian penuh para anggota keluarga tentu ingin beristirahat dan bersantai setiba di rumah. Untuk itu penting bagi anda untuk menyediakan ruang santai yang bisa juga digabungkan dengan ruang keluarga.

Desain ruang santai keluarga ini dapat didesain senyaman mungkin serta dilengkapi dengan televisi atau sarana hiburan lain. Tempatkan beberapa sofa, kursi santai, atau karpet sebagai tempat duduk.

Ruang santai ini bisa juga dilengkapi dengan jendela kaca tembus pandang yang menghadap ke kolam renang atau pemandangan alam sekitar sehingga menyegarkan pikiran ketika memandangnya.

7. Desain Ruang Keluarga Lesehan Sempit

Desain Ruang Keluarga Lesehan Sempit

Ruang keluarga yang didesain menggunakan konsep lesehan juga dapat menjadi pilihan karena lesehan memberi kesan santai sehingga cocok sekali diaplikasikan pada ruang keluarga. Selain itu konsep desain ruang keluarga dengan lesehan sempit juga dapat menghemat anggaran untuk membeli sofa khususnya bagi yang berbudget minim.

Umumnya alas duduk yang digunakan adalah karpet atau tikar. Bisa juga ditambahkan meja pendek atau beberapa bantal santai sehingga selain duduk-duduk anda juga bisa tiduran di ruang keluarga.

Untuk menyegarkan suasana ruang keluarga bisa diatur agar menghadap ke taman rumah. Dengan penggunaan kaca tembus pandang taman rumah bisa menjadi pemandangan indah bagi anggota keluarga yang tengah bersantai.

 ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624