7 Cara Mudah Membuat Ruangan jadi Kedap Suara

Arsitek Indo Kontraktor | Jasa Arsitek dan Kontraktor – Untuk memastikan rumah lebih terasa nyaman untuk ditinggali, siapapun pasti tak ingin mendapatkan segala macam gangguan suara bising yang bersumber dari luar rumah. Sayangnya suara-suara bising akan sangat sulit dihindari, khususnya bagi rumah yang terletak di pinggir jalan besar maupun berdempetan dengan rumah tetangga. Akan tetapi, segala macam suara bising bisa diminimalisir bahkan hilang jika rumahmu kedap suara, sehingga akan membantu menghilangkan suara-suara yang mengganggu tidur di tengah malam atau tidak membuatmu fokus.  Yuk simak ulasan mengenai 7 Cara Mudah Membuat Ruangan jadi Kedap Suara!

 

Simak baik-baik pembahasannya di bawah ini:

1. Tutup celah pada pintu

Jual Tutup Celah Pintu Terbaik - Harga Murah July 2021 & Cicil 0%

Jika kamu mendengar setiap percakapan yang terjadi di luar kamarmu dengan jelas, kemungkinan ada celah udara yang besar di pintumu. Nah, dengan menutup celah ini, kamu bisa memperkecil kemungkinan suara dari kamarmu terdengar oleh orang yang berada di luar kamar, begitu juga sebaliknya. Kamu bisa menutup celah besar di pintu kamarmu dengan memasang pengganjal celah pintu.

Supaya lebih efektif, coba beli door seal di toko perlengkapan rumah atau di toko online, untuk menutup celah di pintu sekaligus menahan suara untuk masuk atau keluar. Gunakan door seal yang tebal agar kamarmu benar-benar kedap suara. Selain membuat kamarmu kedap suara, door seal juga mencegah debu dan serangga masuk ke kamarmu.

2. Memasang gorden tebal di depan pintu

Jangan Sampai Salah, Ini 8 Cara Memasang Gorden Pintu Sendiri yang Benar!

Cara lain membuat kamarmu kedap suara adalah dengan memasang gorden tebal di depan pintu. Dengan begini, suara yang bocor melalui pintu dapat disaring oleh gorden.

BACA JUGA  Cara Memilih Karpet Terbaik Sesuai Bahan

3. Tempel karpet dan atau pelapis karet di dinding

Wallpaper Perekat 3d Stereo Stiker Dinding Kamar Tidur Dekorasi Latar  Belakang Wallpaper Dinding Tahan Air Tahan Air Stiker|Wall Stickers| -  AliExpress

Suara akan dipantulkan lewat permukaan keras, seperti dinding, lantai, dan langit-langit. Jika ingin meredam suara, kamu perlu memperkecil kemungkinan suara dipantulkan. Caranya adalah dengan menutupi lantai dan dinding kamar dengan sesuatu yang empuk, seperti karpet ataupun rubber mat (keset karet) yang ditempel di permukaan dinding. Karpet dan rubber mat ini akan menyerap suara, sehingga membuat kamarmu kedap suara.

4. Gunakan karpet tebal dan alasnya (rug pad)

10 Rekomendasi Karpet Terbaik yang Bisa Dicuci (Terbaru Tahun 2021) | mybest

Tak mau menutupi seluruh permukaan dinding dengan karpet, gunakan saja karpet tebal di lantai kamarmu agar suara terserap dengan baik. Supaya lebih kedap suara, selipkan rug pad yang tebal di bawah karpet tersebut.

5. Redam suara dengan lemari buku

8 Cara Mudah Meredam Suara di Dalam Ruangan - Lifestyle Liputan6.com

Kalau dinding kamarmu tak dapat meredam suara dengan baik, kamu bisa menggunakan lemari buku yang dapat menutupi dinding dengan sepenuhnya. Dengan begini, gelombang suara yang datang dari dalam maupun luar akan terhalang oleh lemari buku.

6. Gunakan panel akustik

💾 Blog: Bagaimana-Untuk: Panel Akustik Murah; Insinyur Akustik Disetujui 📀

Meski biasanya panel akustik dipasang di ruangan studio musik, bukan berarti tak bisa dipasang di kamarmu. Panel akustik adalah salah satu elemen interior yang dirancang untuk mencegah suara memantul dari permukaan yang keras, dan menghalangi gelombang suara masuk melalui pintu atau jendela. Efektif untuk membuat kamarmu kedap suara!

7. Gunakan gorden kedap suara

‌‌Kenapa Gorden Untuk Hotel Rata-Rata Berbahan Blackout? Ada Yang Tahu! -  pesangorden.id

Tahukah kamu, ada gorden yang khusus dibuat untuk meredam suara? Selain mempercantik interior hunian, gorden kedap suara juga membuat kamarmu bebas dari suara berisik. Gunakan gorden kedap suara di setiap jendela kamar untuk meredam suara dengan maksimal.

 

Itulah beberapa ulasan mengenai 7 Cara Mudah Membuat Ruangan jadi Kedap Suara atau cara mudah untuk bikin ruangan kedap suara. Bisa kamu terapkan sekarang juga, lho.

BACA JUGA  Kelebihan Dan Kekurangan Lantai Granit

 

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624