6 Cara Lebih Nyaman di Rumah Mungil selama Karantina Mandiri

Arsitek indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor –  Sudah beberapa bulan ini hampir seluruh masyarakat dunia menjalani karantina mandiri di rumah atau physical distancing demi mencegah penyebaran Covid-19. Orang-orang pun saling mengingatkan untuk menerapkan gerakan dirumah saja. Berdiam diri di rumah memang tak terdengar sulit dilakukan. Namun, bagi beberapa orang hal ini bisa saja membuat kita merasa ‘terkurung’ di rumah.Hal ini mungkin tak jarang dirasakan olehmu yang memiliki rumah kecil. Bagaimana pun juga, ya, kini kita harus tinggal di rumah selama 24 jam setiap hari dan melakukan segala sesuatu di sekitarnya tanpa ke luar dulu. Berikut ini 6 cara lebih nyaman di rumah mungil selama karantina mandiri.

Tips Merasa Nyaman Karantina Mandiri di Rumah Kecil

dekorasi rumah kecil saat social distancing
Source: roomandboard.com

Rumah kecil bukanlah hambatan untuk merasa nyaman di tempat tinggal sendiri. Selama #dirumahaja ini kita pun punya cukup banyak waktu untuk menyulap rumah menjadi tempat yang cozy dan bebas stres.

Bagi kamu yang memiliki rumah mungil, simak 6 tips dari Rukita berikut!

1. Perhatikan jendela

cara nyaman di rumah kecil selama karantina

Jendela merupakan salah satu elemen penting bagi rumah. Selain sebagai jalan keluar-masuknya sinar matahari dan udara segar, jendela juga membuat rumah tampak hidup.

Selama karantina mandiri ini, berilah perhatian lebih terhadap kebersihan dan fungsi jendela rumahmu. Bukalah jendela rumahmu di pagi, siang, atau sore hari. Paling tidak, singkaplah gorden jendela agar sinar matahari tak terhalangi.

cara lebih nyaman di rumah kecil saat karantina

Percaya, deh, hal ini akan membuat suasana rumah lebih hidup, relaxing, dan nggak sumpek. Kamu juga bisa meningkatkan nilai estetika dengan menghiasnya, seperti meletakkan pot kecil di sekitar jendela atau memilih motif gorden yang manis.

BACA JUGA  Manfaat Menggunakan Besi Polos

Jangan lupa juga untuk rutin membersihkan jendela agar terhindar dari debu. Kalau begini, jendela pun bisa jadi spot yang estetik di rumah!

2. Buat area sudut ruang nyaman

cara nyaman di rumah kecil saat karantina mandiri - ruang kerja di sudut ruang

Sejak #stayathome dicanangkan, nih, banyak banget tips dekorasi ruang kerja untuk kamu yang WFH ataupun belajar online. Bagi kamu yang memiliki rumah mungil pun bisa, kok, membuat area kerja!

Cukup pilihlah salah satu sudut rumah yang nyaman untuk area kerja, bisa di wilayah ruang keluarga atau pun kamarmu. Lalu, dekorasilah spot tersebut agar terasa cozy dan kondusif.

Butuh privasi saat meeting melalui video call? Tenang! Kamu bisa mengakalinya dengan memasang tirai di sudut kerjamu. Kamu juga bisa meletakkan lampu belajar mungil jika tirainya menghalangi penerangan.

3. Pasang cermin untuk efek luas

cermin di sudut ruang

Meletakkan cermin merupakan trik yang bagus untuk menciptakan ilusi ruang lebih luas. Letakkanlah cermin di salah satu sudut ruang untuk memberikan efek lapang.

Nggak perlu cermin yang terlalu besar, kok! Usahakanlah cermin tersebut diletakkan di spot yang tepat sehingga bisa berguna juga.

4. Hindari hiasan dinding yang terlalu besar

hiasan dinding kecil

Selama karantina di rumah tentu kamu punya banyak waktu untuk mendekorasi ruang. Namun, untuk rumah kecil lebih baik hindarilah memasang hiasan dinding yang terlalu besar, ya!

Hiasan dinding besar di ruang yang mungil hanya akan membuat suasana tampak lebih sempit. Selain itu hiasan tersebut akan tampak terlalu stand out sehingga mengalihkan fokus kita.

nyaman di rumah kecil - hiasan dinding kecil

Jika ingin mendekorasi dinding, pilihlah hiasan yang mungil dan tak memakan banyak tempat. Hiasan yang mungil juga memudahkanmu untuk mendekorasi ulang kapan pun dan lebih fleksibel.

Laman: 1 2