5 Trik Mudah dan Praktis untuk Sulap Furnitur Lama jadi Baru

Arsitek indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor –  Mendekorasi ulang rumah tidak semata-mata harus membeli furnitur baru hanya untuk menghadirkan nuansa fresh di tahun yang baru. Dengan sedikit kreativitas dan usaha, furnitur-furnitur lama Anda, tentu tidak hanya akan terlihat seperti baru, bahkan dapat jadi beda dari sebelumnya.  Yuk ikuti 5 trik mudah dan praktis untuk sulap furnitur lama jadi baru.

Ide Refurbishing Furniture Mudah dan Sederhana

Keuntungan sulap furnitur lama jadi baru, tuh, menghemat uang karena tidak perlu membeli furnitur baru yang tentunya membutuhkan dana tidak sedikit.

Image result for refurbishing furnitur lama jadi baru

Furnitur dalam ruang seperti meja makan, meja tamu, kursi teras, dan sebagainya pada dasarnya bisa bertahan lama, apalagi jika terbuat dari kayu yang bagus. Namun, tampilan berbagai furnitur tersebut lambat laun akan terlihat usang meski masih dapat berfungsi dengan baik.

Banyak cara, kok, untuk me-refurbishing furnitur lama jadi baru supaya tampilannya kembali segar. Tentunya tanpa mengeluarkan banyak biaya, ya. Nah, berikut ini Rukita punya beberapa inspirasi dan cara pengecatan furnitur yang bisa kamu coba!

Trik Mengecat Ulang

Image result for cat ulang furniture

Cara pertama untuk menyulap furnitur lama jadi baru yang mudah, praktis, serta cocok dilakukan pada furnitur berbahan dasar kayu, yaitu pengecatan ulang. Apalagi jika furnitur milikmu sudah terlihat usang.

Asyiknya, sih, dengan cara ini silakan memilih berbagai warna cat baru sesuai selera atau disesuaikan dengan nuansa ruang yang ingin kamu ciptakan.

Pastinya, nih, dengan mengecat furnitur lama menggunakan warna lain dari warna dasarnya dapat membuat tampilan furniturmu terlihat berbeda.

1. Menghapus lapisan cat lama

Image result for menghapus cat lama furnitur
Source: Architectaria

Yap, kamu harus menghapus lapisan cat lama pada furnitur terlebih dulu. Setelah melakukan tahapan ini barulah kamu bisa mengaplikasikan warna sesuka hatimu.

BACA JUGA  Kami Bantu Pengurusan IMB

Nah, bahan yang harus kamu siapkan juga tidak terlalu banyak, kok. Di antaranya yaitu paint remover, mineral spirits, kape, amplas, dan brass wool.

Caranya mudah:

  1. Setelah furnitur dipindahkan ke ruang terbuka, oleskan paint remover ke permukaan furnitur yang berlapis cat untuk melunturkan lapisan cat.
  2. Jika cat terlihat menggelembung, kerok dan amplas furnitur hingga bersih.
  3. Beri mineral spirits untuk menghilangkan jejak paint remover.
  4. Furnitur sudah siap dicat ulang.

2. Cara mengecat ulang furnitur

Oh iya, kalau kamu belum pernah mengecat furnitur sendiri sebelumnya, nih, sebaiknya pelajari dulu, langkah dasarnya seperti berikut ini:

  • Alat yang harus disiapkan cat, kuas/semprotan, dan kuas busa.
  • Pilihlah cat yang kamu inginkan. Jika akan menyulap furnitur lama dari bahan kayu, ya, pastikan untuk memilih cat khusus kayu.
  • Sebelum mengecat aduk cat searah jarum jam dan sebaliknya. Lalu tambahkan air sekitar 10% dari jumlah cat. Aduk 3-5 menit.
  • Untuk proses pengecatannya aplikasikan searah serat kayu agar hasil pengecatan lebih rapi.

Trik Inspirasi Pilihan Warna Cat

Nah, berikut beberapa inspirasi pilihan warna cat menarik yang bisa dipilih untuk pengecatan ulang dan me-refurbish furnitur kamu di rumah. Yuk, simak!

1. Warna kayu transparan

Image result for furniture wood

Warna transparan kayu ini sebenarnya bukan cat yang transparan alias tidak berwarna, lho. Namun, jenis ini dapat memperkuat warna asli pada kayu beserta serat-seratnya. Hal itulah yang membuatnya terkesan transparan.

Nah, untuk mengaplikasikan warna ini, bahan yang kamu butuhkan yaitu amplas, cat transparan kayu/wood finish, wood conditioner, dan pernis.

Image result for furniture wood

Untuk pengaplikasiannya, tuh, kamu cukup menghapus cat dengan paint remover dan haluskan permukaan dengan amplas. Lalu, sapukan cat kayu menggunakan kuas ke permukaan furnitur yang dilanjutkan dengan wood conditioner. Terakhir gosok kayu dengan kain halus, lalu pernis,

BACA JUGA  Terapkan Ide Ini pada Desain Interior Dapur Anda Untuk Hemat Biaya

2. Shabby chic white

Image result for Shabby Chic White

Tren dekorasi shabby chic yang menggunakan furnitur kayu dengan warna putih memudar, nih, bisa kamu jadikan inspirasi untuk mewarnai furnitur lama jadi baru.

Untuk memudarkan warna putih seperti gaya shabby chic, tuh, pertama siapkan alat-alat yang kamu butuhkan. Mulai dari brass wool (cairan penggosok kuningan), liming primer atau clear wax (lilin), dan pernis.

Image result for Shabby Chic White

Caranya juga sangat mudah, kok, pertama gosok kayu dengan brass wool agar dapat menyerap liming (kapur) secara maksimal. Lalu, cerahkan kayu menggunakan liming primer atau clear wax, lalu gosok menggunakan kain.

Bila menggunakan wax, ya, kamu harus hapus kelebihan lilin dengan brass wool dan baru lapisi dengan clear wax. Bila menggunakan liming primer hapus kelebihannya dengan lap dan pernis furnitur setelah kering.

3. Warna cat lateks

Image result for furniture colorful

Nah, untuk kamu yang ingin berkreasi dan ingin menggunakan warna beraneka ragam bisa memilih cat lateks atau cat minyak. Rentang warna kedua jenis cat ini sangat lebar. Oleh karena itu, pilihan warna yang bisa kamu gunakan jika menggunakan warna cat ini sangat bervariatif.

Image result for wooden furniture colorful

Soal pilihan cat mana yang terbaik, sih, tergantung kamu saja. Kedua jenis cat tersebut punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Cat lateks dapat larut dalam air sehingga mudah dibersihkan menggunakan air, sedangkan cat minyak yang unggul pada warna harus dicampur thinner sehingga menimbulkan reaksi kimia dan harus dikerjakan secara outdoor.

4. Warna milk paint

Image result for milk paint

Ingin furnitur dengan aneka warna yang lembut sekaligus memperlihatkan karakteristik kayunya? Milk paint bisa jadi pilihan yang cocok buat kamu.

Jenis cat ini merupakan salah satu yang paling natural karena berbahan dasar susu dengan tekstur bubuk berwarna. Cara penggunaanya tinggal dicampur air saja, kok.

BACA JUGA  Cara Memperbaiki Dinding Rembes Akibat Hujan Tanpa Bantuan Tukang
Image result for milk paint

Selain tidak beracun dan ramah lingkungan, ya, rentang warna cat ini cukup lebar dan bekerja pada permukaan kayu, baik yang masih mentah maupun untuk finishing.

Untuk pengaplikasiannya, sih, sama saja dengan mengecat biasa. Jika permukaan furnitur sudah menggunakan cat dan pernis sebagai finishing, ya, kamu cukup mencampur milk paint dengan extra bond baru aplikasikan.

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

Laman: 1 2