5 Hal tentang Desain Interior Rumah Mid-Century Modern

Arsitek indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Desain rumah bergaya abad pertengahan (Mid-Century) kerap dianggap terlalu kompleks dan kurang cocok untuk hunian berukuran minimalis. Namun, anggapan tersebut dapat ditepis dengan kehadiran desain mid-century modern yang terkesan lebih simpel tanpa mengabaikan sisi estetikanya. Tak mengherankan bila gaya interior ini cukup diminati banyak orang. Berikut ini 5 hal tentang desain interior rumah mid-century modern.

5 Hal yang Harus Kamu Tahu tentang Dekorasi Rumah Ala Mid-Century Modern

Image result for mid century modern living room

Nah, buat kamu yang tertarik untuk mengubah atau menggunakan dekorasi rumah ala mid-century modern. Berikut beberapa informasi yang harus kamu tahu tentang dekorasi ini.

Bukan cuma menambah pengetahuan kamu soal gaya dekorasi ini, tetapi informasi ini dijamin juga akan membantumu mendapatkan inspirasi untuk mendesain interior rumah. Penasaran? Yuk, simak.

1. Sejarah awal mula desain

Image result for Bauhaus

Awalnya, desain mid-century modern ini berkembang di Amerika Serikat. Namun, desain ini justru bermula di Jerman yang diadopsi dari desain interior rancangan arsitek asal Bauhaus.

Bauhaus sendiri merupakan salah satu sekolah seni murni di Jerman yang beroperasi di tahun 1919 sampai 1933.

Image result for bauhaus living room

Sejak kondisi Jerman tidak selama dan setelah berlangsungnya Perang Dunia 2, para seniman dan arsitek tersebut akhirnya bermigrasi ke Amerika Serikat.

Saat Perang Dunia terjadi banyak perubahan terutama dari segi produksi dan pengembangan material dalam desain interior rumah. Hal inilah yang membuat para arsitek Bauhaus akhirnya menemukan desain mid-century modern.

2. Karakteristik

Nah, salah satu rumah dengan desain mid-century modern pertama dan paling terkenal adalah rumah Eichler yang dibangun di California, rancangan Josef Eichler.

Josef Eichler adalah salah satu arsitek dari Jerman yang bermigrasi ke Amerika Serikat dan mengembangkan banyak desain rumah modern di sana.

BACA JUGA  Desain Rumah Hook Dengan Letak yang Strategis dan Tidak Monoton
Image result for eichler homes interior

Desain mid-century modern memiliki berbagai karakteristik mencolok di antaranya kesan klasik dan sederhana dengan tampilan garis yang bersih dan rapi.

Selain itu ada beberapa hal yang harus ada dalam desain rumah mid-century modern, di antaranya:

  • Segala fitur dan desain, khususnya pada furnitur di dalamnya harus fungsional
  • Garis rapi dan ramping dengan bentuk organik dan geometris
  • Ornamen di dalamnya minimalis
  • Penggunaan berbagai material baik tradisional maupun non-tradisional
  • Tidak masalah jika ingin mengabungan berbagai furnitur dengan material yang berbeda, bahkan sangat kontras

3. Warna dan material

Image result for mid century modern interior

Perkembangan teknologi konstruksi serta material baru seperti plastik yang digunakan sebagai bahan dasar furnitur, ikut memengaruhi perkembangan dan rancangan desain mid-century modern.

Meski material kayu pada furnitur masih jadi favorit, namun material seperti plastik tetap digunakan dalam desain ini karena memiliki kualitas tersendiri.

Image result for mid century modern interior

Material furnitur yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan gaya desain ini sebenarnya tidak terbatas. Kamu bisa menggunakan material tradisional seperti kayu, atau yang non-tradisional seperti metal, plastik, vinyl, plywood, dan kaca.

Warna yang bisa kamu gunakan pada desain ini juga beragam, mulai dari warna netral hingga berbagai warna kontras. Untuk berbagai ornamen grafis di dalamnya, desain ini lebih sering menggunakan gambar berwarna hitam putih.

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

Laman: 1 2