Feb 1, 2021

7 Trik Membuat Rumah Lebih Hijau dan Asri

Categories: Tag: , , , , , , , , , , , , , ,

7 Trik Membuat Rumah Lebih Hijau dan Asri

Arsitek indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor –  Rumah adalah tempat yang penting untuk beristirahat, memiliki rumah yang nyaman dan segar tentu adalah impian dari sebagian besar orang. Rumah dengan nuansa hijau dengan konsep go green sepertinya sekarang juga sedang menjadi trend. Namun karena keterbatasan lahan kosong, sering membuat pemilik rumah kesulitan untuk mewujudkan rumah tersebut. Namun anda tidak perlu khawatir, karena kali ini kami akan memberikan beberapa tips  membuat rumah lebih hijau dan segar. Berikut ini 7 trik membuat rumah lebih hijau dan asri.

Cara-cara Mudah Menyulap Rumahmu agar Lebih Hijau

Kita sendiri bisa ikut merayakan Hari Bumi ini dengan menambahkan dekorasi tanaman di rumah agar terlihat lebih cantik dan asri. Membuat rumah lebih hijau memiliki banyak manfaat, lho! Utamanya, sih, sirkulasi udara bisa lebih baik dan perasaanmu juga akan makin senang.

1. Manfaatkan daerah sekitar jendela

African Violets: How to Achieve Constant Bloom | Plants, Indoor ...

Beli tanaman-tanaman kecil lewat toko online atau toko tanaman. Kemudian gunakan rak-rak kecil untuk tanaman dan letakkan di dekat jendela. Kamu juga bisa memakai rak biasa maupun menggunakan bangku dan meja. Yap, nggak perlu beli!

Jendela adalah tempat paling tepat untuk meletakkan aksesori karena memancarkan cahaya alami yang natural. Biasanya, sih, daerah jendela juga lupa dimanfaatkan jadi kamu letakkan saja tanaman-tanaman kecil di dekat jendela.

2. Pakai rak biasa atau rak gantung

Memanfaatkan rak foto maupun buku yang ada di rumah dan sudah tidak digunakan lagi adalah beberapa cara mudah untuk meletakkan tanamanmu. Banyak keluarga di rumah memiliki berbagai rak untuk pajangan maupun buku, namun tidak pernah dipakai secar optimal. Kenapa tidak dimanfaatkan untuk meletakkan tanaman hias?

Belilah juga rak-rak gantung dan pasang sendiri di dinding rumah atau kamar bagian atas. Dengan memiliki rak gantung, tuh, kamu bisa membuat ‘bingkai’ tanaman di dalam ruangan yang sangat Instagramable.

3. Membuat taman vertikal

Amazon.com: Meiwo 7 Pocket Hanging Vertical Garden Wall Planter ...

Taman sukulen vertikal sangatlah populer belakangan. Hal ini cocok untuk orang-orang yang mau menambahkan seni dan tanaman di rumah tanpa mengambil area lantai atau rak-rak yang sudah ada.

Rukita pernah membahas mengenai tips memiliki taman vertikal. Membuat taman vertikal memang membutuhkan waktu, tenaga dan uang, tetapi bisa kamu jadikan hobi baru. Lumayan, kan, sambil mengisi waktu luang di rumah?

Kamu bisa membentuk taman dinding ini sesuai kemauanmu. Namun kalau taman dinding terlalu sulit, sih, ikuti berbagai cara pembuatan taman vertikal Rukita saja di sini.

4. Gantungan gorden dan cantolan baju juga bisa dipakai!

Clothes rack as flower basket and room divider in the living room ...

Mau memiliki tanaman gantung, tapi bingung mau ditaruh mana? Rukita punya berbagai DIY pembuatan hanging planter, lho. Untuk menggantungnya, nih, kamu bisa memanfaatkan gantungan korden dan cantolan baju.

Menggantung tanaman di gantungan baju itu inovatif dan sangat hemat tempat, lho! Terutama untuk menambahkan tanaman di rumah bagi pemula. Kamu tinggal pasang saja gantungan baju di dekat pintu ruang tamu, di ruang keluarga, maupun di kamar tidur.

Gantungan gorden bisa juga kamu manfaatkan untuk menempatkan tanaman gantung, terutama di dekat jendela. Jendela memberikan sinar cahaya matahari alami sehingga lokasi ini tepat bagi tanaman yang butuh cahaya.

Selain itu tiang gorden biasanya kuat sekali sehingga bisa mencantolkan berbagai macam berat pot tanaman gantung.

6 Cara Lebih Nyaman di Rumah Mungil selama Karantina Mandiri

Categories: Tag: , , , , , , , , , , , , , ,

6 Cara Lebih Nyaman di Rumah Mungil selama Karantina Mandiri

Arsitek indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor –  Sudah beberapa bulan ini hampir seluruh masyarakat dunia menjalani karantina mandiri di rumah atau physical distancing demi mencegah penyebaran Covid-19. Orang-orang pun saling mengingatkan untuk menerapkan gerakan dirumah saja. Berdiam diri di rumah memang tak terdengar sulit dilakukan. Namun, bagi beberapa orang hal ini bisa saja membuat kita merasa ‘terkurung’ di rumah.Hal ini mungkin tak jarang dirasakan olehmu yang memiliki rumah kecil. Bagaimana pun juga, ya, kini kita harus tinggal di rumah selama 24 jam setiap hari dan melakukan segala sesuatu di sekitarnya tanpa ke luar dulu. Berikut ini 6 cara lebih nyaman di rumah mungil selama karantina mandiri.

Tips Merasa Nyaman Karantina Mandiri di Rumah Kecil

dekorasi rumah kecil saat social distancing
Source: roomandboard.com

Rumah kecil bukanlah hambatan untuk merasa nyaman di tempat tinggal sendiri. Selama #dirumahaja ini kita pun punya cukup banyak waktu untuk menyulap rumah menjadi tempat yang cozy dan bebas stres.

Bagi kamu yang memiliki rumah mungil, simak 6 tips dari Rukita berikut!

1. Perhatikan jendela

cara nyaman di rumah kecil selama karantina

Jendela merupakan salah satu elemen penting bagi rumah. Selain sebagai jalan keluar-masuknya sinar matahari dan udara segar, jendela juga membuat rumah tampak hidup.

Selama karantina mandiri ini, berilah perhatian lebih terhadap kebersihan dan fungsi jendela rumahmu. Bukalah jendela rumahmu di pagi, siang, atau sore hari. Paling tidak, singkaplah gorden jendela agar sinar matahari tak terhalangi.

cara lebih nyaman di rumah kecil saat karantina

Percaya, deh, hal ini akan membuat suasana rumah lebih hidup, relaxing, dan nggak sumpek. Kamu juga bisa meningkatkan nilai estetika dengan menghiasnya, seperti meletakkan pot kecil di sekitar jendela atau memilih motif gorden yang manis.

Jangan lupa juga untuk rutin membersihkan jendela agar terhindar dari debu. Kalau begini, jendela pun bisa jadi spot yang estetik di rumah!

2. Buat area sudut ruang nyaman

cara nyaman di rumah kecil saat karantina mandiri - ruang kerja di sudut ruang

Sejak #stayathome dicanangkan, nih, banyak banget tips dekorasi ruang kerja untuk kamu yang WFH ataupun belajar online. Bagi kamu yang memiliki rumah mungil pun bisa, kok, membuat area kerja!

Cukup pilihlah salah satu sudut rumah yang nyaman untuk area kerja, bisa di wilayah ruang keluarga atau pun kamarmu. Lalu, dekorasilah spot tersebut agar terasa cozy dan kondusif.

Butuh privasi saat meeting melalui video call? Tenang! Kamu bisa mengakalinya dengan memasang tirai di sudut kerjamu. Kamu juga bisa meletakkan lampu belajar mungil jika tirainya menghalangi penerangan.

3. Pasang cermin untuk efek luas

cermin di sudut ruang

Meletakkan cermin merupakan trik yang bagus untuk menciptakan ilusi ruang lebih luas. Letakkanlah cermin di salah satu sudut ruang untuk memberikan efek lapang.

Nggak perlu cermin yang terlalu besar, kok! Usahakanlah cermin tersebut diletakkan di spot yang tepat sehingga bisa berguna juga.

4. Hindari hiasan dinding yang terlalu besar

hiasan dinding kecil

Selama karantina di rumah tentu kamu punya banyak waktu untuk mendekorasi ruang. Namun, untuk rumah kecil lebih baik hindarilah memasang hiasan dinding yang terlalu besar, ya!

Hiasan dinding besar di ruang yang mungil hanya akan membuat suasana tampak lebih sempit. Selain itu hiasan tersebut akan tampak terlalu stand out sehingga mengalihkan fokus kita.

nyaman di rumah kecil - hiasan dinding kecil

Jika ingin mendekorasi dinding, pilihlah hiasan yang mungil dan tak memakan banyak tempat. Hiasan yang mungil juga memudahkanmu untuk mendekorasi ulang kapan pun dan lebih fleksibel.

Pilihan Rak Sepeda yang Hemat Tempat di Apartemen ataupun Hunianmu.

Categories: Tag: , , , , , , , , , , , , , ,

Pilihan Rak Sepeda yang Hemat Tempat di Apartemen ataupun Hunianmu.

Arsitek indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor –  Gantungan sepeda adalah cara penyimpanan yang efektif terlebih ketika ruangan yang ditempati relatif kecil dengan mobilitas cukup tinggi. Dengan cara menggantung, sepeda tersimpan dengan rapih tanpa memakan banyak ruang. Menggantung sepeda di ruang tengah atau bahkan kamar tidur juga dapat menghemat waku dalam akses menuju garasi. Tata ruang yang efektif ini pun sangat cocok bagi penghuni tempat tinggal praktis seperti kost atau apartemen. Yuk simak  Pilihan Rak Sepeda yang Hemat Tempat di Apartemen ataupun Hunianmu.

Pilihan Rak Sepeda Hemat Tempat di Marketplace

Walaupun tidak banyak pilihan, namun setidaknya semua barang ini masih bisa digunakan dengan baik.

1. Gantungan sepeda vertikal

rak sepeda

Gantungan sepeda di dinding ini bisa membantumu menggantung sepeda secara vertikal di tembok. Rak sepeda ini berwarna hitam dengan dimensi 26x13x7 cm, jadi cocok banget untuk digunakan di tempat yang sempit.

Kamu bisa menggantungkan berbagai model sepeda di sini dengan berat maksimal 30kg. Cara menggunakannya: tinggal kaitkan ke roda depan sepedamu saja.

Jika menggunakan rak sepeda ini kamu bisa menggantung sepedamu di garasi rumah maupun di tembok ruang tamu. Sepeda juga akan terlihat rapi saat tersusun.

2. Cantolan sepeda

rak sepeda dinding

Rak yang satu ini bentuknya seperti dua kaitan di dinding. Kamu bisa menggantungkan bagian frame sepeda pada cantolan ini sehingga sepeda menggantung secara horisontal.

Sepedamu bisa digantungkan di berbagai penjuru rumah, termasuk bagian tembok yang tinggi. Ruangan akan tetap terlihat rapi, deh. Hanger sepeda ini memiliki lapisan pelindung agar frame sepeda tidak lecet.

Jarak dari dinding sampai hanger sekitar 25cm dengan panjang hook 26-27 cm. Hanger ini sangat kokoh sehingga kamu nggak perlu khawatir kalau sepeda kesayanganmu bakalan jatuh.

3. Wall hook owl

Rak sepeda

Berbeda dari rak sepeda lain yang hanya berupa besi polosan, cantolan ini berbentuk burung hantu. Kamu bisa mencantolkan pedal sepeda pada hanger yang berbentuk burung hantu, lalu meletakkan kedua rodanya di bagian metal lainnya.

Walaupun berbentuk lucu, gantungan sepeda terbuat dari besi tebal sehingga bisa menahan berat sepeda dengan baik. Dapat digunakan untuk menggantung berbagai jenis sepeda, termasuk sepeda lipat, sepeda gunung, dan sebagainya.

Sepedamu memang akan terlihat agak miring karena jarak dari dinding ke frame sepeda kira-kira 30 cm. Jadi kamu tidak perlu takut jika frame sepedamu akan lecet, ya.

Warna Cat Rumah Punya Pengaruh terhadap Psikologis Kamu

Categories: Tag: , , , , , , , , , , , , , ,

Warna Cat Rumah Punya Pengaruh terhadap Psikologis Kamu

Arsitek indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor –  Pemilihan warna untuk ruangan di rumah dapat bersifat personal, karenanya kamu bisa leluasa menghias ruangan berdasarkan warna-warna favoritmu. Tahu nggak sih, warna dapat mengungkap seperti apa kepribadian pemilik rumah, lho. Bukan cuma kepribadian seseorang yang dapat terungkap, warna sebenarnya memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap psikologi seseorang. Berikut ini warna cat rumah yang punya pengaruh terhadap psikologis kamu. Yuk simak artikelnya.

Efek Warna Cat Rumah terhadap Psikologis

Sebelum memilih warna cat untuk suatu ruang, ada baiknya kamu mempertimbangkan efek psikologis yang akan diberikan. Yuk, simak ulasannya berikut!

     1. Warna hijau untuk efek menenangkan dan optimistispengaruh warna pada psikologis - efek psikologis warna hijau

Sepertinya hampir semua orang tahu bahwa warna hijau melambangkan kesan natural dan ketenangan. Bisa dibilang, hijau merupakan warna yang memberikan efek psikologis terbaik kepada manusia.Selain natural warna hijau juga menghadirkan kesan menenangkan, sejuk, dan energi positif. Warna ini pun cocok untuk diterapkan di berbagai ruangan.

2. Warna kuning untuk mood booster

pengaruh warna pada psikologis - efek psikologis warna kuning
Warna kuning memang jagonya dalam menciptakan nuansa ceria dan playful. Warnanya yang cerah mampu menstimulasi rasa semangat dan bahagia.

Tapi, ada kelemahannya, nih! Menurut suatu penelitian, ya, seseorang yang terlalu lama berada di ruang berwarna kuning akan cepat kehilangan kesabaran.

Selain itu warna kuning yang terlalu ngejreng juga dapat menyebabkan mata lelah. Kamu lebih percaya efek baik atau buruknya, nih?

3. Warna biru agar lebih fokus

pengaruh warna pada psikologis - efek psikologis warna biru

Biru merupakan warna yang paling banyak disukai di dunia, lho! Bahkan warna biru kerap dipakai sebagai warna logo suatu perusahaan, seperti Twitter, Facebook, Traveloka, dan lainnya.

Biru mampu membuat seseorang lebih fokus, tenang, dan meningkatkan produktivitas. Warna ini juga melambangkan kepercayaan dan rasa aman.

Nah, efek buruknya adalah warna biru ternyata juga sering dikaitkan dengan kesan dingin, keras kepala, dan kesedihan.

4. Warna merah membangkitkan energi

pengaruh warna pada psikologis - efek psikologis warna merah

Warna merah solid mampu membuat seseorang merasa bergairah dan memicu keberanian. Warnanya yang menyala bisa memicu adrenalin kita agar merasa lebih bersemangat.

Namun, merah juga melambangkan kehangatan jika warnanya sedikit muda. Di sisi lain, dalam beberapa penelitian, merah juga dikatakan mampu menstimulasi selera makan kita. Menarik, ya?

8 Cara Membuat Kamar Terlihat Mewah tanpa Harus Beli Barang Mewah

Categories: Tag: , , , , , , , , , , , , , ,

8 Cara Membuat Kamar Terlihat Mewah tanpa Harus Beli Barang Mewah

Arsitek indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor –  Kalau mendengar kamar tidur mewah, kamar tidur seperti apa sih yang ada dalam bayangan kamu? Dalam benak kebanyakan orang, kamar tidur yang mewah adalah kamar tidur dengan ruangan yang besar. Beruntung kalau kamu dapat tinggal di rumah yang besar dan memiliki kamar tidur yang luas. Kamu akan memiliki semua kebebasan untuk menata kamarmu menjadi sebuah kamar tidur mewah dan tidak akan merasakan sesaknya kamar yang terlalu banyak perabotan. Kamar yang nyaman tidak selalu harus memiliki ruang yang besar. Kamar yang luas memang dapat memudahkan kamu dalam masalah peletakkan barang-barang tanpa perlu repot, atau kebingungan. Tapi bukan berarti kamar dengan ukuran yang terbatas tidak bisa menjadi mewah dan nyaman. Berikut ini 8 cara membuat kamar terlihat mewah tanpa harus beli barang mewah.

Cara-cara Mudah Mengubah Penampilan Kamar agar Terlihat Mewah

Jangan pikirkan dulu berapa banyak uang yang harus kamu keluarkan. Kamu nggak akan melakukan perubahan pada barang-barang besar, kok, pilih saja barang tertentu dan kamarmu akan berubah.

1. Miliki kamar yang rapi dan bebas sampah

cara membuat kamar terlihat mewah - kamar yang rapi

Tips pertama kamar terlihat mewah ini memang bukan perkara barang, tetapi salah satu cara penting untuk memiliki kamar yang terlihat indah. Kamu nggak pernah lihat kamar yang cantik dan mewah berantakan, kan?

Kamar yang terlihat berantakan nggak akan terlihat menarik atau pun mewah. Mau kamu pakai barang harga ratusan juta, ya, kalau kamarmu kotor nggak akan terlihat bagus.

Bersihkan kamarmu secara rutin, buang hal-hal yang nggak penting, nggak kamu sukai, maupun nggak bagus. Perhatikan juga kebersihan lantai agar jangan sampai banyak noda. Kamar mewah bukanlah gudang untuk menyimpan barang-barang yang tidak terpakai!

2. Upgrade aksesori lampu

Lampu gantung akan membuat kamar terlihat mewah

Kini saatnya mengucapkan selamat tinggal kepada lampu bohlam dan menggantinya dengan lampu gantung yang lebih stylish dan glamor. Cari aksesori lampu gantung yang bisa jadi statement piece, ya, agar kamarmu terlihat memiliki sentuhan khusus. Kamu nggak usah beli chandelier kristal, kok. Sekarang banyak banget aksesori lampu gantung yang cantik dari bahan rotan atau bahan lainnya dengan harga relatif terjangkau.

Hiasan lampu seperti ini mungkin akan membuat cahaya di kamarmu jadi terlihat lebih gelap, ya. Jadi disarankan untuk tetap memiliki perabotan dan warna dinding kamar lebih cerah agar kamar tidak suram karena bayang-bayang dari aksesori lampu.

WhatsApp chat