10 Keunggulan Batu Bata Merah

10 Keunggulan Batu Bata Merah10 KEUNGGULAN BATU BATA MERAH

Batu Bata Merah – Perlu Anda ketahui, bahwa manfaat dari batu bata merah ini sangatlah banyak. Maka dari itu, sangat tidak heran jika pengguna batu bata merah ini masih banyak di kalangan masyarakat. Nah bagi kita orang awam, sangat tidak tahu menahu bukan mengenai keunggulan batu bata merah? Maka dari itu, yuk simak ulasan berikut ini.

Keuntungan Batu Bata Merah

Salah satu keuntungannya, karena batu bata merah memiliki adhesi (daya rekat) yang sangat kuat dari adukan semen dan pasir . Hal ini menyebabkan dinding terbuat dari batu bata merah memiliki struktur yang kuat dan kokoh.

Batu bata merah adalah salah satu yang paling banyak digunakan untuk bahan membuat dinding rumah atau bangunan. Hal ini dikarenakan batu bata merah sudah teruji kekuatannya dan mendapatkan jenis material ini pun tidak susah.

Batu bata merah tersedia dalam berbagai ukuran, biasanya memiliki panjang 18 cm, lebar 8 cm dan tinggi 8 cm. Ada juga yang panjang 18 cm, lebar 8 cm , dan tinggi 5 cm .

Cara memasang batu bata merah tidaklah sulit, asal tukang Anda memiliki pengalaman dan pemahaman dasar tentang mendirikan dinding dengan benar.

Manfaat Bata Merah untuk Konstruksi Bangunan

Bata merah yang dimaksud adalah bata yang dibuat dari tanah yang dicetak kemudian dibakar dengan suhu tinggi sehingga menjadi benar-benar kering, mengeras dan berwarna kemerah-merahan.

Tanah yang digunakan pun bukanlah sembarang tanah, tapi tanah yang agak liat sehingga bisa menyatu saat proses pencetakan. Karena itulah, rumah yang dindingnya dibangun dari material bata merah akan terasa lebih nyaman dan tahan terhadap api.

Manfaat bata merah, batu bata
Bata merah – diminimalis.com

Di bawah ini ada beberapa manfaat bata merah sebagai bahan baku pembuatan dinding untuk rumah minimalis Anda, diantaranya yaitu :

1. Ukurannya yang kecil memudahkan untuk pengangkutan.

2. Tahan Panas, sehingga dapat menjadi perlindungan terhadap api.

3. Dari segi struktur mempunyai kekuatan yang tinggi dan tahan lama dibanding dengan batako.

4. Mudah memasangnya karena tukang tidak harus memiliki keahlian khusus

5. Pada pekerjaan yang sempit,lebih cocok menggunakan material ini.

6. Mudah didapatkan dimana pun.

7. Lebih nyaman dari segi suhu ruangan karena bisa menyesuaikan dengan suhu luar.

8. Jarang terjadi retak-retak pada dinding.

9. Tidak membutuhkan perekat yang khusus.

10. Dari segi harga per buah memang lebih murah tapi tentu harus dihitung per satuan luas terlebih dahulu.

Baca juga : Cara Pemasangan Tembok Batu Bata

Tips Memilih Bata Merah untuk Jadi Material Konstruksi Rumah

Meski bata merah menjadi satu dari sekian material yang dibutuhkan untuk bangunan namun bukan berarti boleh diremehkan begi tu saja. Berikut ini tips memilih bata merah yang bagus dan berkualitas.

Perhatikan Ukuran dan Bentuknya

Sebagian besar batu bata merah berbentuk balok dengan ukuran sekitar 5 x 8 x 20 cm. Batu bata merah yang bagus memiliki ciri diantaranya ukurannya simetris dan bentuknya beraturan. Selain itu, pori pada permukaan bata merah juga seharusnya cukup rapat sehingga efeknya tembok tidak akan mudah rembes.

Cek Kekuatan dan Suara Benturan

Cra mengetes tips kedua ini adalah dengan membenturkan dua buah batu bata merah. Jika suaranya nyaring maka bata merah tersebut berkualitas. Selain benturan antar bata, Anda bisa juga memukulkan besi pada bata merah. Jika suaranya nyaring maka kualitas bata merah tersebut tidak perlu diragukan.

Merendamnya dalam air atau membelahnya

Cara lain untuk mengecek apakah bata merah yang Anda pilih berkualitas atau tidak adalah dengan merendamnya dalam air.

Jika dalam bebrapa menit batu bata nampak basah kesluruhan berarti bata tersebut jelek. Sebaliknya, jika setelah direndam tetap kering di beberapa bagiannya maka kuliltasnya bagus.

Selain merendam, Anda juga bisa mengecek kualitas bata dengan membelahnya. Belah bata merah jadi dua. Jika warna merahnya merata maka kualitasnya terjamin. Sebaliknya jika tidak merata maka kemungkinan besar jelek.

Sebagai catatan, jika kebetulan Anda sudah terlanjur membeli bata merah dengan kualitas buruk baik maka Anda bisa memperbaikinya dengan beberapa cara.

Diantaranya adalah dengan menggunakan adukan beton berkualitas tinggi, atau dengan memasang besi tulangan yang kuat. Pengerjaan bangunan yang tepat akan mampu meminimalisasi buruknya kualitas bata merah.

Baca juga :

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624