Dapur merupakan salah satu ruang yang penting di rumah. Di ruang inilah aktivitas yang berhubungan dengan masak-memasak dilakukan. Meskipun perannya sangat penting, namun dapur sering dianaktirikan di dalam rumah.
Letaknya sering ditemukan di bagian belakang rumah sehingga ada pemilik rumah yang tidak

mendekorasinya dengan bagus karena jarang disinggahi oleh tamu. Dapur cuma sebatas menyimpan perabotan makan dan memasak.
Tahukah Anda? Dapur dapat disulap menjadi area yang memikat dan menarik lho. Mengingat sekarang ini makin terbatasnya ruang dalam rumah serta kebutuhan akan kepraktisan, bukan tidak mungkin Anda dapat mengajak tamu dan keluarga untuk mengobrol sambil menikmati hidangan di dapur.
Kunci untuk membuat dapur yang sehat dan indah adalah terletak pada kebersihan dan kerapihan penataan interior. Oleh karena itu, tatalah dapur dengan mengatur elemen furnitur yang saling berkaitan.
Image courtesy of James Barker / FreeDigitalPhotos.net
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan jalan aliran listrik yang gampang ditemukan serta posisinya tidak membahayakan pengguna.
Berikutnya adalah area kerja untuk mengolah masakan dengan area penyimpanan harus menjadi satu kesatuan yang harmonis dalam artian tidak tumpang tindih. Anda bisa merancang posisi interior dengan cermat tempat menyimpan bahan makanan, peralatan-peralatan memasak, letak kompor, dan peletakan sampah dapur. Solusi untuk masalah ini adalah lemari atau kitchen set yang praktis dan berdesain minimalis.
Nah, untuk membuat kesan lapang atau luas, kita bisa bermain dengan corak warna seperti warna jingga, kuning, dan merah. Dapat juga dipadukan dengan warna biru atau hijau, tetapi pilih yang muda dan tidak terlalu gelap. Perpaduan antara warna hangat dan dingin tersebut dapat membuat keunikan tersendiri.
Level lantai yang ditinggikan bisa diaplikasikan supaya dapur gampang dibersihkan. Level lantai yang tinggi dapat memudahkan penghuni rumah untuk membersihkan dapur dari sampah-sampah sisa memasak.
Sirkulasi udara yang baik perlu diusahakan untuk mengatasi dapur yang pengap dan gelap. Caranya adalah dengan menambah bukaan-bukaan di area dapur. Bukaan dapat berwujud pintu, jendela, atau pembuatan skylight untuk pencahayaan dari langit-langit. Untuk pembuangan asap, bisa dilakukan dengan menambah exhaust fan.