Mustahil ! Ilusi ! Itulah persepsi seseorang apabila mendengar ternyata ada cara membuat rumah murah 25 juta rupiah yang terbukti secara teori dan fakta di lapangan. Sudah banyak keluarga yang berhasl membangun rumah yang indah dan nyaman ditempati dengan biaya minim, yuk kita ulas triknya !
Banyak pasangan suami istri yang bekerja keras untuk mewujudkan rumah impian akan tetapi sekian lama mereka tidak kunjung memulai proyek konstruksi hunian karena berbagai alasan. Nah dengan mengetahui tips membangun rumah dengan biaya 25 juta ini diharapkan Anda bersegera memulai proses pembangunan.

Cara Membangun Rumah Murah 25 Juta Rupiah

Cara Membuat Rumah Murah Dengan Biaya 25 Juta Rupiah

1. Desain Rumah

Pertama jelas desain rumah murah yang akan dibangun itu bukanlah gaya mewah atau berlantai 2. Hilangkan dahulu obsesi untuk membangun rumah dengan desain yang menghabiskan biaya ratusan hingga miliaran rupiah. Beberapa desain hunian yang cocok dengan kos rendah adalah rumah sederhana, rumah minimalis dan rumah tumbuh.

2. Type Rumah

Tentu saja type rumah atau ukuran rumah menentukan murah dan mahalnya proses pembangunan hunian. Rumah type 35 dengan ukuran 7 meter x 5 meter kami anggap murah pengerjaannya. Tetapi rumah type 50 ke atas akan membutuhkan biaya yang tinggi.

Namun dengan desain rumah tumbuh Anda bisa meminimalisir biaya karena di awal pembangunan yang dikerjakan hanya pondasi, tembok dan atap rumah disertai dengan sistem kelistrikan, sistem septic tank dan sistem air bersih sehingga dengan ukuran hunian besar bisa direalisir sedikit demi sedikit.

3. Membeli Bahan Bangunan

Material bangunan adalah salah satu biaya terbesar dalam membuat rumah murah sehingga Anda harus bisa mendapatkannya dengan harga miring atau lebih rendah daripada harga pasaran. Ada beberapa cara mendapatkan material bangunan dengan harga terjangkau yaitu : membeli langsung pada produsennya (pencari pasir, batu kali, pembuat bata dan genteng).

4. Upah tukang bangunan dan kulinya

Anda sebisanya mendapatkan jasa tukang bangunan yang cepat kinerjanya tetapi mempunyai upah yang tidak mahal, Anda bisa langsung mencari di daerah Anda dengan bertanya kepada saudara, teman atau masyarakat.

Kemudian di sela-sela kesibukan kerja maka Anda bisa menjadi tukang bangunan atau kuli pada saat hari libur semisal minggu atau tanggal merah. Dengan begitu Anda bisa menghemat biaya tukang bangunan.

Kami berikan contoh cara membuat rumah murah biaya 25 juta rupiah sebagai berikut :

1. Membangun pondasi rumah dengan membeli batu kali, semen dan pasir dengan total biaya = 2,5 juta rupiah.

2. Membeli tanah urugan dengan untuk menutup 60 cm, maka volume ditung 10m x 8m x 0,6m =48m3, sedangkan harga tanah per m3 = Rp.45.000, maka diperlukan biaya Rp.2.160.000.

3. Pembangunan lantai membutuhkan pasir, semen dan bata dengan total biaya = 3 juta rupiah.

4. Pembangunan tembok rumah membutuhkan pasir, semen dan bata dengan total biaya = 4 juta rupiah.

5. Biaya pembelian kusen, pintu dan jendela = 2 juta rupiah.

6. Biaya material bangunan untuk atap (rangka kayu dan genteng) = 3 juta rupiah

7. Biaya material bangunan untuk kamar mandi (bak mandi, wc dan septic tank) Rp.1.500.000.

8. Upah 2 tukang bangunan selama 1 bulan = 80.000 x 2 x 30 hari = Rp. 4.800.000.

9. Upah 1 kuli bangunan selama 1 bulan = 50.000 x 30 = Rp.1.500.000.

10. Pemasangan sistem kelistrikan = Rp.1.000.000.

Jadi total biaya membangun rumah type 35 ini adalah Rp.25.460.000,-

Oke sobat silahkan mempertimbangkan cara membuat rumah murah 25 juta rupiah ini sehingga mendapatkan inspirasi dalam mewujudkan hunian idaman. Terima kasih dan selamat membangun bangunan yang nyaman, indah dan sehat buat keluarga.