Siapa yang tidak tahu genteng keramik? Genteng yang berbentuk lembaran yang berkilau saat terkena sinar matahari ini dan pastilah banyak yang sudah tahu.  Genteng keramik merupakan genteng yang populer di masyarakat saat ini karena desain dan harganya. Kali ini kami akan membahas tentang genteng keramik.

  • Kelebihan Genteng Keramik

Genteng keramik ini memiliki kelebihan daripada genteng lainnya. Berikut kelebihan dari genteng keramik:

1. Warna Yang Tahan Lama

Jika genteng dari bahan lainnya mempunyai warna yang tidak tahan lama maka hal itu tidak berarti bagi genteng berbahan keramik ini. Hal ini dikarenakan warna yang dihasilkan pada genteng berbahan keramik ini sangat tahan lama dan mempunyai banyak pilihan warna. Warna yang tahan lama ini karena proses pembuatan genteng berbahan keramik ini harus melakukan pembakaran dengan suhu yang lebih dari 1000 derajat celcius.

2. Kekuatan Superior

Genteng yang berbahan keramik ini juga sangat kuat dan mampu menahan beban hingga 180 kg. Anda tidak perlu jika anda ingin memasang genteng yang berbahan keramik ini karena walaupun diinjak saat melakukan pemasangan, genteng ini tidak akan hancur. Hal ini dikarenakan proses pembakaran genteng ini sangat sempurna jadi bisa menahan beban terpusat.

4. Tahan Segala Cuaca

Genteng yang berbahan keramik ini cocok untuk menahan segala jenis cuaca. Hal ini dikarenakan genteng ini bisa menahan korosi dan cuaca ekstrim karena mempunyai sistem interlock yang baik. Bahkan sistem interlock pada genteng yang berbahan keramik ini lebih baik dari genteng lainnya.

5. Tidak Perlu Perawatan Khusus

Genteng yang berbahan keramik ini bisa digunakan untuk rumah bergaya apa saja dan tidak perlu dilakukan perawatan yang rumit. Hal ini dikarenakan genteng berbahan keramik ini pada dasarnya tidak perlu diberikan perawatan khusus. Anda tinggal memilih warna yang anda inginkan untuk menyesuaikan dengan model rumah anda.

  • Kekurangan Menggunakan Genteng Keramik

Setelah mengetahui kelebihan dari genteng berbahan keramik, anda juga perlu mengetahui kekurangannya. Berikut kekurangan menggunakan genteng berbahan keramik:

1. Harus Dipasang Dengan Teliti

Genteng ini harus dipasang dengan teliti karena kerapatan dari genteng ini harus sangat diperhatikan. Jika tidak dipasang dengan benar maka akan mudah untuk terjadi kebocoran. Anda bisa menyuruh ahli bangunan untuk memasang genteng ini daripada anda memasangnya sendiri.

2. Kualitasnya

Pada saat menerima genteng ini maka anda harus memperhatikan kualitasnya dengan baik.Hal ini dikarenakan resiko genteng berbahan keramik ini lebih besar sebab pembakarannya yang sempurna.

3. Tidak Cocok Untuk Rumah Minimalis

Selain itu, untuk anda yang mempunyai rumah minimalis mungkin akan susah untuk menggunakan genteng ini. Hal ini dikarenakan produk genteng berbahan keramik yang sesuai untuk rumah minimalis masih sangat sedikit.

Nah, itulah kekurangan yang bisa anda pertimbangkan untuk membeli genteng keramik.

  • Perbedaan Genteng Keramik Dan Genteng Beton

Genteng berbahan keramik ini sering dibandingkan dengan genteng beton. Kedua jenis genteng ini sangat berbeda satu sama lain. Berikut perbedaan dari genteng berbahan keramik dengan genteng beton:

1. Segi Harga

Hal yang membedakan genteng berbahan keramik dengan genteng beton adalah dari segi harganya. Harga genteng beton jauh lebih murah dari keramik namun untuk kualitas genteng berbahan keramik lebih unggul dari genteng beton.

2. Segi Warna

Jika dari warna yang dihasilkan maka genteng berbahan keramik lebih unggul dari genteng beton. Anda tidak perlu melakukan pengecatan ulang untuk genteng berbahan keramik namun ada genteng beton yang daya tahan warnanya sama saja dengan keramik.