Desain rumah futuristik itu cukup ribet bagi banyak orang, karena perencanaannya cukup rumit dari segi perabotan, storage, dan tata ruang lainnya. Buat kamu yang kebingungan, berikut 5 tips sederhana untuk mengubah tampilan rumahmu dengan desain futuristik.

1. Cat dindingmu dengan warna cerah yang futuristik

desain futuristik
Via – Bosphorus

Langkah pertama untuk mengubah interior rumah dengan desain futuristik adalah dengan mengecat dinding dengan warna yang futuristik pula. Contohnya seperti warna putih dan juga silver. Warna-warna ini dapat membuat ruangan tampak lebih futuristik, elegan dan juga lebih luas!

Bila nggak ingin mengecat, kamu bisa menggantinya dengan menggunakan wallpaper berwarna futuristik. Karena desain futuristik juga selalu mengedepankan tampilan polos minimalis, lebih baik hindari penggunaan wallpaper dengan corak berlebihan ataupun warna yang terlalu mencolok.

2. Gunakan perabotan minimalis untuk menyimpan barangmu

desain futuristik
Via – Pinterest

Tanpa perabotan penyimpanan barang yang tepat, kamu nggak akan bisa mendapatkan kesan futuristik di rumah! Perabotanmu itu haruslah berbentuk minimalis dan dapat memuat banyak barang untuk mendukung suasana rumah futuristik yang luas.

Untuk itu, kamu bisa menggunakan rak susun minimalis seperti yang satu ini. Tumpukkanlah beberapa rak susun ini dekat dinding agar kamu bisa langsung mendapatkan tampilan ruangan seperti gambar di atas!

Oya, pastikan juga untuk selalu memilih perabotan dengan kombinasi warna minimalis seperti hitam, putih, dan coklat untuk menonjolkan perabotan rumah. Sehingga rumahmu nggak akan terlihat datar ataupun membosankan meski dipenuhi dengan warna yang cenderung netral.

desain futuristik

3. Buat ruanganmu tampak terang!

desain futuristik
Via – Inspiring Interior Design Ideas

Rumah dengan desain futuristik selalu menonjolkan ruangan yang terang. Penggunaan jendela dan lampu LED bisa kamu manfaatkan untuk memperoleh kesan tersebut. Karena itu, ayo segera bersihkan jendela rumahmu dan buka lebar-lebar gordennya sekarang!

Selain itu, kamu juga bisa memasang lampu LED di berbagai sudut rumah seperti pada langit-langit, dinding, dan juga bawah tangga. Dengan cahaya terang dari jendela di siang hari dan lampu LED di sudut-sudut yang tepat pada malam hari, rumahmu pasti akan tampak lebih futuristik sesuai dengan yang keinginan!

4. Pilih material dengan kesan futuristik

desain futuristik
Via – Joshta

Material yang digunakan dalam rumahmu bisa menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung dan menonjolkan desain rumah dengan tema yang kamu inginkan, lho! Contohnya saja, yaitu material seperti stainless steel yang dapat memberikan aksen kokoh dan gagah serta batu granit untuk menampilkan kesan yang dingin, elegan, mewah nan futuristik.

Jadi, untuk menonjolkan kesan futuristik di dalam rumahmu, kamu harus mengganti perabotanmu dengan yang memiliki material dasar ini. Mulailah dari mengganti seluruh perkakas dapur dan juga lampu dengan yang berbahan dasar stainless steel. Kemudian, kamu bisa mengubah tampilan lemari ataupun milikmu dengan stiker granit. Cukup dengan melapisinya, kesan futuristik dalam rumahmu pun langsung bertambah.

5. Gunakan dekorasi yang mendukung desain futuristik!

desain futuristik
Via – Dom J

Cara simple terakhir yang dapat kamu lakukan untuk mewujudkan rumah yang memiliki desain futuristik yaitu menggunakan dekorasi yang tepat. Kamu bisa memilih dekorasi dengan desain berbentuk geometri dan berwarna monochrome yang bahan dasarnya terbuat dari material seperti granit dan stainless steel.

Salah satu contohnya yaitu lampu berbentuk geometris yang dapat menonjolkan desain futuristik ataupun cermin yang memiliki desain unik nan modern.

Selain itu, kamu juga bisa meletakkan karpet di ruang tamu untuk menampilkan kesan futuristik yang tetap cozy. Hanya saja, ingatlah selalu untuk memilih warna karpet yang senada dengan warna keseluruhan ruangan.

Kelima tips untuk mengubah tampilan rumah menjadi desain futuristik ini mudah untuk diikuti bukan? Tanpa perlu kesulitan melakukan banyak perencanaan dan mengubah struktur bangunan, rumah kamu bisa tampak lebih minimalis dan elegan!