Bisa dibilang dapur merupakan salah satu bagian terpenting di sebuah rumah. Bukan hanya penting dari segi fungsi, tetapi ruang dapur juga bisa sangat berpengaruh pada keindahan dan kenyamanan rumah itu sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mempersiapkan desain dapur dengan konsep yang matang dan kreatif.

Bagaimanapun juga, dapur selama ini lebih identik sebagai tempat yang kotor dan berminyak akibat aktivitas memasak. Tak heran, mendesain dapur agar terlihat rapi, bersih, dan nyaman menjadi tantangan tersendiri. Bahkan, terkadang agak menyulitkan, apalagi jika luas area dapurnya terbatas.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mendesain dapur dengan gaya minimalis yang mengedepankan konsep simpel. Ruangan dapur yang kecil dan sempit bisa kamu buat lebih baik dengan penataan komponen kitchen set yang tepat dan lebih rapat. Walhasil, dapur minimalis nan cantik bisa terwujud.

Berikut ini Kania tampilkan beberapa contoh konsep desain dapur minimalis, supaya kamu bisa mendapatkan ide yang lebih kreatif lagi untuk dapur idaman kamu. Yuk, simak contohnya berikut ini.

  1. Desain Dapur Minimalis Elegan Bentuk L

desain dapur l.jpg

Dapur mungil dan minimalis bentuk L adalah salah satu desain dapur yang paling banyak digunakan. Desain semacam ini mampu menghadirkan suasana yang nyaman dan elegan di dapur. Selain itu, desain ini juga memberikan kesan ruangan menjadi lebih luas. Dengan begitu, aktivitas di dalam dapur bisa lebih leluasa dan tidak sumpek.

Jangan lupa, rak menjadi elemen penting di dapur minimalis. Pasalnya, dengan perabot ini kamu bisa menyimpan alat-alat memasak agar dapurmu tidak terlihat kacau. Nah, untuk dapur minimalis, kamu bisa memasang rak atau lemari gantung di salah satu bagian dinding.

Untuk menambah pencahayaan alami di dapur, pasang jendela yang cukup besar di salah satu sisi. Pastikan jendela ini langsung menghadap keluar ya. Selain memberikan pencahayaan, jendela ini sekaligus berfungsi sebagai ventilasi udara. Jadi, saat memasak pun kamu tetap bisa menghirup udara segar.

Untuk pemilihan warna, kamu bisa mencoba mengaplikasikan sentuhan warna-warna pastel yang dominan pada seluruh kitchen set agar terlihat apik dan serasi. Sentuhan warna putih pada dinding, plafon, dan lantai juga akan membuat tampilan dapur yang lebih luas dan terkesan bersih.

  1. Desain Dapur Minimalis Elegan Bentuk U

desain-dapur-bentuk-u

Untuk mendesain ruangan dapur yang ukurannya kecil, kamu tak perlu ragu untuk berekspresi. Tak ada salahnya mengusung konsep dapur dengan bentuk U. Dapur dengan desain ini mampu memberikan kombinasi yang sangat apik dan efisien.

Bagaimana caranya? Mulailah dengan mengatur komposisi penempatan kompor dan tempat cuci piring secara berhadapan. Penempatan seperti ini akan memudahkan pergerakan kamu dalam memasak dan mencuci bahan makanan.

Dan jangan lupa, lemari pendingin dan rak peralatan makan tidak boleh berjauhan dari kompor maupun tempat cuci piring. Dengan begitu, kamu akan semakin mudah menjangkau bahan makanan, mencucinya, dan memasaknya. Jadi, aktivitas pergerakan kamu selama di dapur tidak terlalu melelahkan.

Untuk memaksimalkan desain dapur minimalis ini, kamu bisa menggunakan kabinet secara maksimal di setiap sisi dinding dapur. Untuk sirkulasi udara dapur yang baik, kamu bisa menyisakan salah satu dinding untuk digunakan sebagai ventilasi udara yang sekaligus berfungsi sebagai sumber pencahayaan alami.

  1. Desain Dapur Natural Minimalis

dapur2bmodern

Memasang kitchen set memanjang pada satu sisi dinding dapur bisa menjadi contoh dalam mendesain dapur yang ukurannya sempit. Desain minimalis seperti ini akan membuat kamu lebih leluasa dalam beraktivitas di dalam dapur, walaupun ruang dapurmu cukup terbatas.

Untuk menambah kesan yang berbeda, kamu bisa menjadikan dinding dapur sebagai tempat mencurahkan ide kreatif kamu. Misalnya, kamu bisa menerapkan nuansa natural di dapur. Caranya? Tambahkan sentuhan batuan alam pada dinding dapur. Hal ini dapat memberikan kesan alami yang begitu kental.

Selain itu, pilih warna kitchen set dan lantai yang senada dengan dinding. Hasilnya, suasana dapur minimalis kamu akan tampak begitu serasi.

  1. Desain Dapur Ceria Minimalis

desain dapur ceria minimalis

Rumahmu kecil sehingga ruangan untuk dapur sempit? Mengapa tidak mencoba menggabungkan ruang dapur dan ruang keluarga sekaligus? Untuk memberikan kesan ceria, berikan sentuhan warna-warna hangat seperti jingga.

Ruang dapur dengan nuansa ceria ini dapat disatukan dengan ruang keluarga. Desain semacam ini tidak hanya membuat pemanfaatan ruang menjadi lebih maksimal, tetapi juga menjadikan suasana rumah lebih ceria, hangat, dan artistik.

Untuk dapur yang digabung dengan ruang keluarga ini, kamu bisa memasang kitchen set secara melingkar. Bentuk ini mampu membuat dapur yang kamu rancang menjadi semakin terkesan modern dan unik. Desain dapur di bagian depan bisa kamu lengkapi dengan meja makan atau minibar dengan tambahan kursi.

Untuk pemilihan warna kitchen set dan dinding, kamu bisa mengombinasikan warna-warna cerah dan lembut. Seperti yang disebutkan tadi, warna hangat seperti jingga bisa menjadi pilihan tepat. Alternatif warna lainnya adalah biru muda dan krim.

Untuk lantai, kamu dapat mendesainnya dengan warna yang senada. Hal ini akan semakin menambah nuansa dapur yang nyaman, modern, dan elegan. Oh ya, jangan lupa pasang jendela yang lebar ya supaya sirkulasi udara di dapur sekaligus ruang keluarga ini tetap terjaga.

  1. Desain Dapur Minimalis dengan Nuansa Hijau Cerah

desain dapur hijau

Penggunaan warna hijau dalam desain dapur mungkin memang kurang begitu familier bagi banyak orang. Namun, jangan salah, ternyata warna hijau bisa juga mempercantik dapur lho.

Desain dapur dengan warna hijau cerah mampu menghadirkan suasana yang penuh kehangatan dan keceriaan dalam dapur. Bahkan, suasana memasak pun menjadi semakin menyenangkan. Dan tentunya, warna hijau memberi kesan fresh.

Untuk desain minimalis, kamu dapat memasang kitchen set simpel dengan bentuk memanjang di sisi dinding ataupun bentuk leter L di sudut ruang dapur. Berikan sentuhan warna hijau muda pada kitchen set dan tembok agar dapurmu yang  minimalis terlihat lebih bersih, cantik, cerah, dan fresh.

Kamu juga dapat menambahkan meja makan dengan kursi berwarna senada. Perabotan ini dapat kamu fungsikan sebagai meja makan sehingga dapurmu sekaligus berfungsi sebagai ruang makan sederhana. Dengan begitu, pemanfaatan ruang menjadi sangat efisien, kan?

Sekali lagi, kehadiran jendela di dapur bisa dibilang wajib. Kalaupun tidak ada jendela, setidaknya harus ada ventilasi udara. Tapi, lebih diutamakan jendela karena dapat berfungsi memberikan penerangan alami. Meski begitu, kamu tetap bisa kok menambahkan beberapa lampu gantung berwarna hijau untuk semakin melengkapi keindahan ruang dapur.