Melambungnya harga tanah saat ini membuat orang berpikir dua kali untuk menyediakan ruang khusus untuk parkir kendaraan (garasi). Dalam hal ini, garasi pun mulai digantikan oleh carport. Selain berfungsi untuk melindungi kendaraan, carport juga dapat mempercantik tampilan fasad bangunan. Oleh sebab itu, dibutuhkan

kecermatan saat membangunnya.

Hitung Luas Sesuai dengan Kebutuhan

Kebutuhan lebar carport untuk semua jenis mobil sebenarnya hampir sama yakni minimal 3m. Namun, jika Anda bermaksud untuk menempatkan kendaraan selain mobil, seperti motor atau sepeda, Anda harus menambahkan lebar sekitar 80cm sampai 100cm.

Adapun untuk panjangnya, dibutuhkan carport dengan panjang 5m untuk dapat memarkir mobil jenis low dan medium MPV. Namun, jika panjang halaman rumah Anda kurang dari 4m, carport Anda hanya dapat memuat mobil jenis city car saja.

Persyaratan teknis berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah pail atau ketinggian carport. Sebaiknya, carport berbentuk miring dengan pail lebih tinggi pada bagian dalam halaman daripada pail jalan.

Namun, jangan terlalu miring karena akan memengaruhi sistem pengereman mobil saat diparkir. Tinggi idealnya berkisar antara 10cm sampai 15cm sudah cukup.

Kanopi Carport

Banyak pilihan yang dapat kita jadikan material untuk struktur kanopi carport. Seperti stainless steel, besi tempa, besi hollow, besi galvanized, kayu, beton atau gabungan dari berbagai material tersebut.

Setiap material memiliki kelebihan dan kekurangan. Kayu misalnya, secara visual tampilannya memang lebih menarik tetapi umurnya tidak terlalu panjang karena berisiko lapuk dan diserang rayap. Material stainless steel bersifat lebih kuat dan tahan lama tetapi biayanya lebih besar dibandingkan dengan material lain.

Untuk material penutup kanopi carport, sebaiknya pilih bahan yang tidak transparan tetapi juga tidak terlalu masif supaya tidak menimbulkan kesan “penuh” pada halaman rumah. Material yang paling banyak dipakai adalah polikarbonat.Bahan lain yang bisa Anda pilih adalah fiberglass, mika atau asbes.

Jika Anda tertarik menggunakan polikarbonat, telitilah dalam memilihnya. Sebab semua polikarbonat, biasanya tampak sama ketika baru dipakai. Padahal polikarbonat memiliki daya tahan (umur) yang berbeda. Pilihlah polikarbonat yang bergaransi.

Material Lantai Carport

Untuk memilih material lantai carport, pilihlah material yang cukup kuat untuk menahan beban mobil. Adapun untuk material penutupnya, ada beberapa pilihan material seperti paving block, grass block, con block, batu alam, cor beton, keramik atau koral sikat. Gunakanlah material yang mudah dibersihkan tanpa memerlukan perawatan khusus.