Cara Memilih Warna Cat Rumah bisa menjadi referensi anda saat akan mengecat rumah. Sebuah hunian adalah istana bagi pemiliknya. Menghilangkan penat dari rutinitas keseharian biasanya dilakukan saat bertemu keluarga, tentunya ketika sampai di rumah kita. Rasa semacam itu menandakan bahwa antara rumah dengan pemiliknya memiliki sebuah keterikatan yang luar biasa. Hal ini tentunya juga berlaku bagi anda bukan? Ya, setiap rumah pasti mencerminkan identitas penghuninya. Mulai dari bentuk rumah, desain, konsepnya, serta warna yang menghiasi dinding rumah. Nah, untuk kategori yang terakhir ini biasanya digunakan sebagian besar pemilik rumah untuk mengeksplorasi karakter mereka masing-masing.

Cara Memilih Warna Cat Rumah

Mendesain warna cat rumah termasuk kebiasaan yang seringkali dilakukan untuk menunjukan karakter pemilik rumah. Untuk memilih warna cat rumah tentunya disesuaikan dengan keinginan penghuninya. Namun, tidak semua orang mampu mengkombinasikan beberapa warna untuk jadi tampilan yang menarik pada rumah mereka. Dengan demikian, penting kiranya bagi pemilik rumah untuk memikirkan beberapa langkah agar pemilihan warna pada rumah dapat sesuai dengan konsep serta tidak menjadikan kesan kaku bagi penghuninya. Berikut ini ulasan mengenai langkah yang dapat dilakukan saat akan memilih warna untuk cat rumah anda. Simak yuk!

  1. Tentukan Kombinasi Warna Cat

Sebuah rumah akan terlihat indah dan nyaman dengan pemilihan warna cat yang sesuai dengan ruangannya. Pastikan anda membuat desain warna yang pas dengan konsep dalam rumah. Biasanya orang akan memilih warna netral untuk 80% dinding rumah mereka dan melengkapi 20 % nya dengan warna lain yang lebih berani. Padahal tidak harus demikian. Pemilihan warna dengan berani dapat dilakukan untuk mengesankan kehangatan dalam rumah anda. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih warna yang tepat.

  • Usahakan memilih warna yang terdiri dari beberapa warna favorit anda dan keluarga
  • Warna tidak harus mencolok karena bisa dinetralkan dengan warna putih untuk kesan lebih dinamis
  • Berani memilih warna adalah salah satu kunci keberhasilan teknik kombinasi
  • Bedakan antara warna untuk cat interior dengan eksterior
  1. Ketahui Karakter Setiap Warna

Setiap warna memiliki karakter yang berbeda-beda lho! Jadi anda harus pandai memilih yang sesuai dengan kepribadian anda. Banyak pemilihan warna netral justru mengesankan karakter kaku dari pemiliknya, sehingga anda dapat menghindari atau mencampurnya dengan warna tertentu yang lebih menyala.

  1. Putih

Pemilihan warna putih menjadi pilihan mayoritas orang. Warna putih dinilai sebagai warna yang bersih sekaligus mewah dan netral. Biasanya pemilik rumah akan menunjukan kombinasi warnanya pada furnitur yang menghiasi area rumah guna menutupi kesan putih yang terlalu dominan. Akan tetapi pemilihan warna putih akan memberikan kesan kaku dan dingin jika terlalu banyak digunakan.

  1. Abu-Abu

Jenis warna yang satu ini saat ini tengah menjadi favorit. Konsep rumah minimalis seringkali menggunakan warna abu-abu agar menimbulkan kesan yang lebih luas. Hampir sama seperti warna putih, abu-abu yang terlalu banyak digunakan sebagai warna rumah akan menimbulkan kesan kaku serta arogan.

  1. Hitam

Warna hitam mengesankan bangunan yang kokoh dan elegan. Penggunaan warna hitam di dalam dinding rumah berubah menjadi mistis dan terkesan sempit. Warna hitam disarankan sebagai pemilihan warna eksterior saja, karena warna gelap ini dapat menimbulkan kesan mewah jika sesuai penempatannya.

  1. Pastel

Kombinasi warna pastel saat ini juga mulai banyak digemari untuk menghiasi rumah-rumah modern. Warna pastel dapat memunculkan kesan lembut dan fleksibel bagi penghuninya.

  1. Kenali Warna Terbaik Untuk Ruangan

Cara Memilih Warna Cat Rumah selanjutnya kenali warna terbaik untuk setiap ruangan. Beberapa ruangan membutuhkan warna yang beragam, tentunya bagi anda yang berani memainkan warna, karakter anda akan terlihat disini. Rumah terdiri dari ruangan –ruangan yang sudah pasti menjadi kebutuhan utama seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur dan dapur. Jenis ruangan tersebut tentu memiliki konsep yang berbeda-beda sehingga membutuhkan warna yang juga berbeda. Berikut ini adalah tips untuk memilih warna yang sepadan dengan ruangan anda.

  1. Ruang Tamu

Ruang tamu adalah ruangan yang paling penting dalam sebuah rumah. Ruang tamu adalah tempat menerima tamu yang bukan dari penghuni rumah tersebut. Secara pasti ruangan ini jelas berada di depan dan sangat sering dikunjungi oleh pihak lain. Menampilkan ruang tamu yang indah juga dapat dilakukan melalui pemilihan warna. Warna yang tepat digunakan di ruang tamu adalah warna netral seperti putih, kombinasi warna monokrom atau pastel. Kesan hangat akan ditampilkan dalam warna-warna tersebut. Hindari menggunakan warna gelap seperti hitam, abu-abu, coklat, merah dan sejenisnya karena dapat menimbulkan kesan kaku.

  1. Ruang Keluarga atau Ruang Makan

Ruang keluarga dapat menyatu dengan ruang makan. Ruangan ini adalah ruangan yang juga penting karena merupakan ruang yang akan digunakan untuk berkumpul seluruh anggota keluarga anda. Pemakaian warna seperti krem, oranye, kuning atau merah dapat digunakan pada ruangan ini. Untuk ruang makan, sebagian survei mengatakan bahwa warna hijau muda atau pastel merupakan warna yang dapet mengundang selera makan.

 

 

  1. Ruang Tidur

Memasuki area tidur sebenarnya relatif karena bergantung pada masing-masing penghuni kamar. Pemilihan warna yang berani juga dianjurkan untuk lebih mengesankan kepribadian penghuni kamar yang kuat. Biasanya warna merah, ungu, biru, pink dan sejenisnya dapat menjadi pilihan untuk menegaskan kepribadian anda

  1. Dapur

Dapur termasuk favorit bagi ibu rumah tangga. Disinilah tempat menu anda disajikan dengan berbagai inovasi dari beragam resep andalan. Untuk memunculkan inspirasi terkadang membutuhkan suasana yang nyaman. Pemilihan warna oranye atau metalic seperti cokelat, kombinasi dua warna sangat tepat untuk menambah semangat di dapur anda.

  1. Kamar Mandi

Kamar mandi yang paling utama adalah kebersihannya. Selain menjaga kebersihan kamar mandi secara manual (menyikat), penggunaan warna yang tepat juga memunculkan kesan higienis bagi kamar mandi anda. Warna seperti biru, hijau dinilai memiliki kesan yang bersih sehingga akan menunjang tampilan kamar mandi anda.

  1. Perawatan Cat

Cat yang sudah diaplikasikan pada dinding anda juga membutuhkan perawatan. Sebagai tips bahwa penggunaan material keramik pada 5cm dinding bagian bawah akan menjauhkan dinding dari kelembaban suhu udara. Dengan begitu, cat dinding tidak mudah mengelupas dan pudar warnanya. Selain itu penerangan yang kuat dianjurkan bagi anda untuk menampilkan warna secara berani. Penerangan sangat berpengaruh bagi tampilan dinding rumah anda terutama untuk interiornya, sedangkan eksterior bisa didukung hanya dari lampu pada bagian teras atau taman saja.

Pemilihan warna yang tepat pada cat rumah akan memberikan kehangatan yang bisa dirasakan oleh penghuni maupun tamu yang hadir berkunjung. Warna yang sudah sesuai dengan konsep ruangan akan lebih manis jika dipadukan dengan furnitur senada yang dapat diaplikasikan di masing-masing ruangan. Oleh karena itu, dengan cermat memilih warna pada rumah anda, dijamin anda sekeluarga akan lebih betah di rumah.